Type something and hit enter

author photo
Post by On
Salam jumpa teman, sudah lama saya tidak lagi memosting artikel yang membahas mengenai blogging dan adsense. Hari ini, setelah nimbrung di grub-grub para blogger Indonesia. Nampaknya masih banyak yang bertanya-tanya dan penasaran dengan adsense.

Parahnya banyak yang menganggap ketika mengajukan blog ke adsense cukup ajukan dan pasang kode iklan maka iklan adsense pun muncul di blog mereka. Padahal semua itu keliru. Sebab, sebelum iklan adsense benar-benar ditayangkan di blog, pihak adsense akan melakukan review terhadap blog kita terlebih dahulu. Umumnya tahap review tersebut berlangsung selama tiga hari hingga satu mingguan.

Pun demikian tidak jarang blog ditolak adsense akibat banyak hal yang mungkin dinilai kurang oleh pihak adsense. Tetapi meski seperti itu, tetap saja dalam email google adsense sudah disertakan beberapa persoalan terkait alasan mereka menolak atau tidak menyetujui blog menjadi publisher google adsense.

Jadi meski blog kita ditolak adsense, sebenarnya adalah hal yang wajar. Selain itu pada email adsense sudah ada solusinya. Dimana kita sebagai blogger harus mematuhi atau memperbaiki beberapa kekurangan sesuai dengan email pemberitahuan tentang mengapa blog kita ditolak adsense.

Banyak hal yang menyebabkan mengapa blog ditolak adsense. Hal utama yang mendasari semua persoalan blog ditolak adsense dikarenakan blog tidak mematuhi TOS dari Google Adsense. Jadi, penting untuk membaca peraturan dan kebijakan google adsense sebelum mengajukan blog anda menjadi publisher adsense.
Solusi Blog yang Selalu Ditolak Google Adsense

Di atas sudah saya sebutkan, sebenarnya untuk menyelesaikan persoalan blog ditolak google adsense yakni hanyalah dengan mematuhi kebijakan blog adsense termasuk melihat email alasan mengapa blog ditolak google adsense.

Namun sebelum ke bahasan tersebut, berikut ini beberapa hal umum yang membuat blog anda tidak diterima google adsense.

1. Penyebab Blog ditolak Adsense Karena Isi Blog Merupakan Konten Copypaste


Menulis di blog adalah menghasilkan karya digital, karya digital yang ditulis oleh seorang blogger akan dengan mudah dibaca oleh banyak orang melalui internet. Kemudahan tersebut memicu mudahnya artikel-artikel tersebut dicuri dan digunakan secara tidak bijak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengantisipasi hal tersebut google adsense membuat sebuah peraturan penting mengenai pelarangan blog konten copypaste untuk menjadi publisher mereka. Hal ini dikarenakan google adsense hanya benar-benar ingin bekerja sama dengan para publisher yang menghargai karya digital atau hak cipta orang lain. Intinya mereka hanya mau mengajak blogger yang bertanggungjawab dan mau bekerja keras.

Oleh karena itu, jika ternyata isi konten blog kita adalah konten-konten copypaste dari artikel orang lain. Maka bisa dipastikan blog jenis ini rawan dan pasti ditolak oleh google adsense.

Solusinya isilah konten blog anda dengan artikel-artikel yang anda tulis sendiri, kalau pun membutuhkan informasi tambahan janganlah melakukan copypaste cukup jadikan informasi yang didapat dari artikel lain sebagai sebuah referensi anda dalam menghasilkan tulisan anda sendiri.

Jadi, bukan copypaste atau mengubah artikel orang lain tetapi membuat artikel anda sendiri berdasarkan referensi dari artikel-artikel lain.

Dan jika anda tidak mampu menulis artikel secara mandiri, anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi konten blog anda. Tetapi, persoalan tersebut tentu saja anda harus menyiapkan dana untuk menyewa jasa penulis artikel.

2. Penyebab Blog ditolak Adsense Karena Blog Terindikasi SPAM

Spam adalah sebuah tindakan yang membuat blog kehilangan kualitasnya dari google

Jika blog dengan konten artikel hasil copypaste saja ditolak mentah-mentah oleh google adsense, kira-kira apa jadinya jika ternyata blog yang diajukan ke adsense ternyata terindikasi sebagai blog SPAM?

Tentu saja secara pasti blog tersebut akan ditolak juga oleh adsense. Bahkan kategori blog spam lebih sukar diterima karena nama blog akan langsung dicap buruk oleh google adsense. Sehingga pengajuan-pengajuan berikutnya pun akan lebih sulit lagi.

Kecuali blog copypaste, kita hanya perlu menghapus konten artikel copypaste tersebut dan mulai menulis artikel blog sendiri. Sementara blog yang sudah terindikasi sebagai blog SPAM alangkah baiknya membuat blog baru saja yang bersih dari spam. Kemudian mengajukan blog kembali ke adsense.

Apa itu Blog Spam? 

Blog spam adalah blog yang di dalamnya mengandung banyak link keluar yang mengarah kepada situs-situs yang tidak wajar, tidak senonoh, situs pengunduhan aplikasi bajakan, situs yang menayangkan adsense secara tidak wajar, hingga link dari situs url shortener yang tidak direkomendasikan google.

Saat ini link atau situs url shortener yang aman dan memang direkomendasikan google bisa memanfaatkan bit.ly atau google url shortener. Hal ini dikarenakan url shortener tersebut hanya memendekkan url.

Sementara URL shortener lain yang terindikasi spam, biasanya akan menampilkan halaman iklan, dan halaman-halaman tidak senonoh lainnya. Pengunjung hanya bisa membuka link tujuan apabila telah melewati halaman tersebut dengan mengklik lanjutkan.

Oleh karena itu jika blog anda merupakan jenis blog yang berisi banyak link keluar salah satunya banyak url shortener yang tidak wajar, maka dijamin blog tersebut adalah jenis blog spam dan tidak bisa diajukan ke adsense.

3. Penyebab Blog ditolak Adsense Karena Konten Pengunduhan Aplikasi Bajakan


Blog pengunduhan aplikasi bajakan sebenarnya juga masuk kepada blog SPAM, sebab dalam blog pengunduhan aplikasi bajakan terdapat banyak link keluar yang akan secara otomatis mengarahkan pengunjung kepada situs-situs tidak wajar, seperti halaman pengunduhan yang berisi banyak iklan-iklan yang melanggar.

Blog jenis ini, bisa saja mendapatkan uang dari internet. Tapi tidak bisa melalui google adsense. Sebab, blog pengunduhan aplikasi bajakan adalah blog yang melanggar ketentuan dan kebijakan dari google adsense. Salah satunya adalah tidak memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan banyak menautkan link spam.

4. Penyebab Blog ditolak Adsense Karena Calon Publisher Sudah Memiliki Akun Lain


Jika saat pengajuan blog ke google adsense anda menerima email pemberitahuan bahwa akun adsense anda sudah pernah didaftarkan atas nama anda dengan email yang lain. Maka akun adsense teman-teman tidak akan disetujui karena sudah memiliki akun lain pada email yang lain.

Solusinya adalah: jika email teman-teman yang bersangkutan masih dapat digunakan maka gunakanlah akun adsense teman-teman yang sudah pernah terdaftar ke adsense sebelumnya. Ajukan blog menggunakan email sebelumnya yang telah terdaftar di adsense.

Mengapa hal seperti itu bisa terjadi?

Lagi-lagi persoalan ini mengacu kepada TOS Google Adsense. Dimana setiap orang dengan satu identitas hanya bisa memiliki satu akun adsense saja. Tidak perduli apakah akun adsensenya hosted, non hosted, atau pun sudah dibanned permanen. Apabila nama yang didaftarkan digunakan kembali untuk mendaftar akun adsense lain maka akan ditolak.

Solusinya jika ingin membuat akun adsense baru, maka gunakan identitas baru yang belum pernah digunakan dalam mendaftar akun adsense.

5. Penyebab Blog ditolak Adsense Karena Umur Blog yang Masih Baru


Sebenarnya google adsense sendiri tidak mematok seberapa penting dan harus menunggu berapa lama agar blog dapat diajukan ke google adsense. Ada blog yang diajukan ke blog adsense umur mencapai enam bulanan, tiga bulanan, bahkan ada yang hanya dua mingguan umur blognya pun lancar dan diterima google adsense.

Lantas mengapa saya menyinggung ini, bahwa blog ditolak adsense karena umur blog masih baru? Padahal ada yang dua mingguan umur blognya bisa diterima adsense.

Alasan saya mengatakan ini dikarenakan umur blog yang masih baru bukan mengacu kepada berapa lama umur blog dibuat tetapi mengacu kepada seberapa kuat blog anda dengan umur tersebut mencapai indexing di mesin pencari?

Misalnya umur blog anda dua minggu, seberapa kuatkah blog anda dengan umur tersebut mencapai indexing populer di mesin pencari? Intinya adalah, jika blog anda mampu menjadikan artikel-artikelnya tampil populer di mesin pencari maka itu adalah sebuah kualitas utama yang sangat penting.

Blog baru membutuhkan banyak waktu hingga artikel-artikel blognya muncul di mesin pencari. Namun apabila anda mampu mengoptimasi artikel anda dengan SEO yang hanya dua minggu mampu meningkatkan artikel anda di mesin pencari maka itu adalah pengecualian.

Oleh karena itu jika blog anda sudah mampu menampilkan banyak artikelnya untuk tampil dan ditemukan pengunjung melalui mesin pencari maka blog anda bukan lagi blog baru menurut saya. Sebab artikel-artikel anda sudah dengan mudah ditemukan pengunjung.

Jadi bukan berapa lama umur blog! Namun seberapa kuat artikel blog anda mampu muncul dan bersaing di mesin pencari secara baik. Sehingganya jika blog anda masih baru dan artikel-artikel yang dibuat masih sulit muncul di mesin pencari maka itu juga merupakan sebuah tantangan blog untuk diterima google adsense.

Solusinya adalah anda harus rutin menulis konten yang berpotensi muncul di mesin pencari, anda juga perlu mempelajari SEO, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan riset keyword (kata kunci) potensial. Sehingga artikel blog anda bisa dengan mudah ditemukan pengunjung melalui mesin pencari.

Termasuk anda juga harus sabar sehingga blog anda benar-benar menjadi blog yang berpotensi besar diterima dan bisa mencapai suksesnya dengan menjadi publisher google adsense.

Baca Juga:

*Kesimpulannya, makin lama umur blog maka blog makin berpotensi untuk diterima google adsense yang penting blog tidak melanggar kebijakan atau TOS Google Adsense. Sebab semakin lama umur blog maka artikel blog terus berproses untuk mencapai posisinya di mesin pencari termasuk bila semakin SEO artikel yang dibuat maka semakin baik lagi. 

Lima (5) Penyebab blog ditolak adsense yang sudah dibahas di atas adalah penyebab umum dan termasuk dasar penting bagi anda dalam menilai kesiapan blog untuk diajukan ke google adsense.

Meski demikian ternyata di luar sana masih ada beberapa teman-teman yang masih bingung terkait alasan blog mereka ditolak google adsense. Hal ini sangat erat kaitannya dengan jenis-jenis dari penolakkan google adsense.

Oleh karena itu untuk melengkapi tulisan ini saya ikut mengumpulkan jenis-jenis email penolakan google adsense, menjelaskan permasalahannya dan menyimpulkan solusi-solusi yang perlu diterapkan agar blog dapat kembali diajukan ke google adsense.

Jenis-jenis penolakan tersebut diantaranya:

6. Situs Tidak Sesuai dengan Kebijakan Google Adsense


Jika anda mengajukan blog ke google adsense dan menerima email penolakan dari google adsense dengan kode keterangan “Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense” maka bisa jadi blog yang anda ajukan adalah:

  • Blog konten copypaste, 
  • Blog terindikasi spam karena merupakan blog pengunduhan aplikasi bajakan. 
  • Terdapat halaman error 404 (halaman blog tidak ditemukan), 
  • Belum terdaftar di google webmaster tools 

Artikel mengandung informasi judi, pornografi, kekerasan termasuk memuat isu SARA serta hal-hal negatif lainnya yang merugikan pengunjung.

Solusinya buatlah blog yang mengikuti Kebijakan Google Adsense atau setidaknya blog yang dibuat mengandung informasi bermanfaat, bersih dari spam, bukan konten copypaste dan perbaiki pula beberapa halaman error 404 di blog jika ada.

7. Pastikan Situs Web Anda Telah Sepenuhnya Rampung


Jika saat mengajukan blog ke adsense dan ditolak dengan kode keterangan “Pastikan Situs Web Anda Telah Sepenuhnya Rampung” hal ini bisa didasari oleh desain blog yang masih acak-acakan atau tidak teratur.

Masalah ini umum terjadi dan ditemui oleh blogger yang sangat sering melakukan penggantian template, dan rajin mengotak-atik kode HTML template blog miliknya.

Solusi dari persoalan ini adalah pastikan saat mengajukan blog ke google adsense, blog sudah dalam tampilan yang baik dan ramah. Selain itu, pada tahap masa review google adsense jangan sekali-kali melakukan perombakan template seperti mengganti template blog dengan template baru.

Hal tersebut akan membuat google adsense melihat blog anda masih dalam tahap perbaikan atau belum selesai dibuat.

8. Tidak Dapat Meninjau Situs


Jenis penolakan google adsense yang satu ini berdasarkan pengalaman saya jarang sekali ditemui, namun bukan berarti tidak pernah ada calon publisher adsense yang menerima email penolakan google adsense dengan kode keterangan “Tidak dapat Meninjau Situs”.

Jika anda adalah salah satu calon publisher google adsense yang ditolak dengan kode keterangan email seperti yang sudah disebutkan di atas. Maka ada beberapa kemungkinan yang menyebabkannya. Kemungkinan tersebut diantaranya:

1. Loading blog yang terlalu berat

Loading blog yang terlalu berat akan membuat bot google tidak dapat merayapi blog anda termasuk kode iklan adsense yang dipasang di blog secara sempurna, sehingganya blog pun menjadi sulit ditinjau. Solusi dari permasalahan ini anda harus menggunakan template blog yang memiliki fitur fast loading yang baik.

2. Kesalahan Pada Settingan Robot.txt

Jika anda sering mengotak-atik pengaturan robot.txt maka hal ini bisa saja terjadi. Sebab kesalahan dalam pengaturan robot.txt akan membuat beberapa halaman blog tidak dapat dirayapi oleh mesin pencari. So sebaiknya gunakan settingan robot.txt default atau non-aktifkan.

9. Blog ditolak Adsense Karena Navigasi Blog yang Sulit (membingungkan)


Jika saat pengajuan blog ke google adsense anda ditolak dengan kode keterangan “Navigasi Blog yang Sulit” maka hal tersebut merupakan sebuah informasi yang cukup bagus. Sebab, hal ini terjadi dikarenakan blog anda tidak memiliki menu navigasi yang ramah.

Solusinya anda harus membuat menu navigasi yang bisa mempermudah pengunjung mencari artikel yang diinginkannya berdasarkan menu navigasi yang ada di blog.

Selain itu menu navigasi yang umum dan sangat penting adalah anda harus membuat:

  • Menu Profil atau About blog yang menjelaskan informasi tentang blog anda. 
  • Membuat Menu Disclaimer dan Privaci Policy mengenai blog anda 
  • Membuat Sitemap atau Daftar isi yang terdapat dalam blog 
  • Membuat menu navigasi lain yang bisa dengan mudah membuat pengunjung menemukan artikel blog berdasarkan topik menu navigasi yang dibuat. Misalnya: Tips Adsense, dll 

Setelah semua itu diperbaiki, maka anda boleh kembali mengajukan blog anda ke google adsense untuk direview dan semoga disetujui.

10. Ditolak Adsense Karena Konten Blog tidak Memadai


Jika saat pengajuan blog ke google adsense dan ternyata ditolak dengan kode keterangan “Konten Blog tidak Memadai” maka hal tersebut bisa jadi dikarenakan:

  • Artikel blog yang kurang berkualitas, 
  • Tidak menyajikan informasi secara mendetail atau terdapat artikel blog yang terpotong. 
  • Artikel blog yang ditulis membingungkan pembaca, karena terdapat banyak typo. 
  • Artikel yang ditulis terlalu pendek, 

Solusi dari masalah ini adalah tulis atau buatlah konten yang berkualitas setidaknya konten yang baik dan bermanfaat bagi pembaca. Usahakan tidak membuat artikel blog menggunakan Bahasa-bahasa gaul atau Bahasa alay yang akhirnya hanya membingungkan.

Jika membuat artikel blog berbahasa Indonesia, maka gunakanlah bahasa Indonesia umum mengikuti EYD atau PUEBI meski tidak mutlak, setidaknya tulisan yang dibuat berbahasa Indonesia umum, bukan alay atau gaul.

Selain itu sebisa mungkin buatlah artikel blog yang tidak terlalu pendek. Minimal tulisan yang anda buat usahakan bisa mencapai 500 kata, 800 kata dan kalaupun anda mampu anda bisa meningkatkannya dengan membuat artikel blog di atas 1000 kata.

Setelah hal tersebut terpenuhi, barulah ajukan blog anda kembali ke google adsense dan semoga disetujui sepenuhnya menjadi Adsense non hosted (full approve).

Ingat...!
Mengajukan blog ke Google Adsense mengenai diterima dan tidak diterima pengalaman setiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya sekali mengajukan blog langsung diterima ada pula yang harus berkali-kali mengajukan blog ke adsense hingga diterima.

Jadi semua butuh proses, dimana bila ditolak lanjutkan dengan perbaiki blog anda sesuai instruksi email lalu ajukan kembali blog anda ke google adsense.

Saya pikir demikian semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sukses selalu...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment