IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google Search Engine – Memang, sebenarnya menulis merupakan kreativitas dan berdasarkan pada pemahaman yang ditahu dari penulisnya sendiri. Tapi, menulis artikel untuk blog bukanlah hanya sekadar menulis berdasarkan pemahaman dan hanya sekadar ingin menyampaikan tujuan dan maksud saja.

Tak ada yang salah memang dengan menulis bebas berdasarkan kreativitas dan kemampuan menulis yang dimiliki. Namun, khusus menulis artikel blog ada beberapa sentuhan yang perlu disematkan atau diterapkan dalam metode penulisan artikel.

Hal ini perlu dilakukan dikarenakan dalam menulis artikel blog ada istilah yang disebut dengan optimasi SEO artikel.

Optimasi SEO artikel blog ini adalah sebuah teknik dasar yang harus dimiliki oleh semua penulis blog tanpa terkecuali sebagai blogger pemula atau sudah profesional.

Tak perlu dengan teknik yang super tinggi, dengan teknik dasar pun apabila optimasi SEO artikel blog diterapkan, setidaknya mampu mendongkrak laju artikel blog untuk muncul di halaman pencarian google atau mesin pencari (search engine).

Seperti kita ketahui bahwa persaingan antarblogger indonesia atau blogger lokal maupun dengan blog bule sangatlah ketat.

Cara Agar Artikel Blog Mudah Terindex Google Search Engine

Setiap orang pasti ingin agar artikel blog yang ditulisnya mendapatkan banyak kunjungan dan pembaca.

Oleh karena persaingan yang begitu ketat seperti sekarang. Sebagai blogger kita harus punya beberapa jurus yang perlu diterapkan guna membuat artikel blog yang ditulis nantinya mudah bahkan cepat diindex google search engine.

Siapa coba yang nggak mau membuat blognya muncul di halaman pertama google dikarenakan banyak dari artikel blog yang ditulis rupanya memiliki kualitas SEO yang baik.

Pastilah semua orang ingin blognya mudah terindex mesin pencari dan cepat mendapatkan banyak pengunjung ke blognya!

Oleh karena itu, tentu saja hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sentuhan optimasi SEO dalam penulisan artikel blog yang harus menjadi fokus penting kita. Ini dikarenakan artikel blog adalah subsidi trafik yang mampu mendongkrak prestasi sebuah blog di mesin pencari (google search engine) untuk menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Bagian paling dasar dan paling umum untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung dan cepat diindex google adalah dengan mendaftarkan alamat blog ke google websmater. Istilah ini dikenal oleh banyak blogger dengan sebutan google submit url.

Dimana url blog termasuk artikel blog harus didaftarkan ke google atau di-submit ke google websmaster sehingga mempercepat artikel untuk diindex google search engine.

Tapi poin di atas adalah poin umum dan merupakan dasar SEO mendaftarkan data blog atau website ke dalam mesin pencari sehingga blog atau website bisa memiliki kesempatan untuk diindex oleh google. Namun meski sudah menerapkan cara ini optimasi SEO harus juga dijalankan pada penulisan artikel.

Bicara tentang ini mungkin akan banyak membuang waktu, maaf bila pembahasan di atas sedikit membuat teman-teman merasa bosan. Tapi sekiranya hal di atas bisa menjadi referensi baik dalam menindaklanjuti apa yang akan di bahas pada tulisan ini.

Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Agar Artikel Blog Cepat diindex Google


Menerut beberapa blogger mastah, dahulu menulis apapun di blog sangat mudah. Dimana artikel / tulisan mereka tulis sangat cepat nangkring di posisi teratas mesin pencari atau setidaknya muncul pada halaman awal page one google search engine.

Tapi itu dulu...

Sekarang untuk mencapai itu sudah sangat sulit, dikarenakan persaingan yang sangat ketat sebagaimana telah saya singgung di atas sebelumnya.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel blog agar menjadi mudah cepat diindex google.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:


1. Tulislah Artikel Blog Secara Mandiri dengan Membangun Konten Original


Poin pertama ini sangat penting diperhatikan, bahwa dalam penulisan artikel blog nantinya sebisa mungkin untuk menulis artikel blog secara mandiri guna membangun konten atau artikel blog yang memiliki originalitas.

Selain itu, kita bisa saja menggunakan jasa penulis namun penulis yang dibayar harus terpercaya dan bukan penulis abal-abal dan memang menulis konten-konten original.

Poin pertama ini sebenarnya fokus utamanya adalah membuat artikel blog original dimana artikel blog yang ditulis bukan merupakan hasil copy paste atau plagiat (termasuk menulis ulang dengan bahasa sendiri).

Mungkin ada yang pernah mengatakan bahwa tidak apa melakukan copy paste yang penting tulisan tersebut diubah menggunakan bahasa dan gaya menulis kita. Cara ini memang bisa mengelabui orang namun bukan berarti tindakan ini bukan plagiat.

Mengapa tindakan tersebut masih disebut plagiat?

Hal ini dikarenakan artikel yang tulis tidaklah murni berdasarkan riset dan pembahasan dari yang diketahui oleh kita. Melainkan artikel orang lain namun diubah bahasanya saja.

Ingat sistem algoritma google sudah sangat pintar dan mampu mengenali jenis artikel blog yang memiliki kemiripan.

Jika artikel blog terindikasi melakukan praktik kecurangan dikarenakan pencurian hak cipta digital, maka bukan membuat blog memiliki banyak pengunjung namun blog akan di take down dan sulit untuk muncul ke permukaan.

Awal-awal memang trafik dan rating bisa menjadi bagus, namun lama kelamaan sistem algoritma google akan mengenal tindakan ini dan nasib blog menjadi memprihatinkan.

Bukannya mendapatkan banyak pengunjung malah menyebabkan blog kehilangan pengunjung dari hari ke hari hingga terancam mati.

Kalau sudah begitu pasti bakal garuk-garuk kepala dan kerja keras yang dilakukan tak membuahkan hasil.

Sementara bila artikel blog yang ditulis memiliki keorisinalitas yang baik. Maka dari hari ke hari artikel blog akan mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari google dan search engine lainnya.

Dan lama kelamaan akan memberikan subsidi trafik yang banyak dalam meningkatkan kunjungan pembaca ke blog atau website.

Baca Juga: 

2. Tulislah Artikel dengan Target Minimal 1000 - 3000 Kata


Salah satu faktor yang membuat artikel blog mudah dan cepat diindex google adalah artikel yang ditulis memuat banyak informasi.

Menekankan pada memuat banyak informasi maka menulis artikel blog sebaiknya selain meningkatkan kualitas isi kita juga harus meningkatkan kualitas informasi dan pesan di dalamnya.

Hal ini tentu dengan membiasakan diri mulai sekarang untuk membuat artikel blog dengan target minimal 1000 – 3000 kata per artikel.

Berdasarkan tulisan panduanIM.com dalam blog sugeng.id menjelaskan bahwa serpIQ telah melakukan riset untuk mengetahui berapa jumlah rata-rata panjang artikel blog yang muncul pada halaman pertama pencarian google search engine.

Dan hasil yang ditemukan adalah: bisa dilihat pada gambar di bawah!


Rata-rata artikel yang muncul pada rangking 1 – 3 adalah artikel blog dengan panjang artikel berkisar 2000 hingga 2500 kata.

2500 kata yang dimaksud sebenarnya merupakan gabungan dari seluruh teks yang muncul dalam satu halaman website atau blog termasuk jumlah kata pada kolom komentar. 

Oleh karena itu, kita bisa memulainya dengan membiasakan diri menulis artikel blog di atas 1000 kata saja dan terus meningkatkannya dari waktu ke waktu.

Ingat...

Dalam menulis artikel dengan target minimal 1000 – 3000 kata adalah menulis artikel blog dengan membahas informasi yang padat dan mendalam bukan membahas informasi yang berputar-putar dan bertele-tele.

Jika saat ini kamu hanya membuat artikel blog dengan 600 – 700 kata saja. Sekarang mencobalah untuk meningkatkan itu menjadi 1000 kata sampai 3000 kata.

Contoh blog yang banyak menulis artikel mulai dari 1000 – 3000 kata adalah blog sugeng.id dan panduanIM.com! dari kedua blog itu kamu pasti sering menemukan artikel yang mereka tulis melalui referensi mesin pencari google.

Hal tersebut adalah salah satu contoh nyata bahwa artikel blog dengan panjang 1000 – 3000 kata memiliki kualitas SEO yang baik untuk meningkatkan kunjungan pembaca ke blog.

3. Tulislah Artikel Blog yang Ramah dan Disukai Pembaca


Salah satu algoritma google saat ini adalah mendeteksi bagaimana lama pembaca berkunjung dan menyelesaikan bacaannya di blog.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan penilaian yang baik oleh google dari artikel blog yang ramah dan disukai pembaca. Kita harus belajar dan mampu membuat konten blog yang bisa mengajak pembaca berlama-lama dan menyelesaikan bacaannya.

Untuk itu dalam penulisan artikel blog ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya membuat pembaca nyaman dalam menyelesaikan bacaannya.

Beberapa hal penting tersebut adalah:

Bahasa: mengenai bahasa, sebaiknya dalam penulisan artikel blog gunakanlah bahasa-bahasa yang sopan dan bersahabat. 

Tulisan yang dibuat sebisa mungkin bersifat komunikatif sehingga pembaca merasa penulis artikel blog sedang berbicara dengannya.

Selain itu, bahasa yang digunakan sebisa mungkin mengikuti panduan EYD meski hanya sedikit. Ini penting guna menggiring pembaca lebih mudah memahami informasi di dalam artikel blog yang kita tulis

Paragraf: Terkadang membaca itu membuat mata cepat lelah dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi teks yang terlampau panjang dan padat.

Oleh karena itu, untuk menghindari mata pembaca cepat lelah karena terlalu banyak mengkonsumsi teks yang terlampau panjang dan padat. Kita bisa mengakalinya dengan membuat paragraf-paragraf  artikel yang cenderung pendek.

Teknik ini bisa kita samakan dengan teknik penulisan puisi narasi.

Dimana dalam penulisan artikel blog nantinya kita cukupkan membuat satu paragraf dengan tiga bahkan hanya empat baris saja atau disesuaikan nantinya berdasarkan kebutuhan.

Saran Mas Sugeng dalam blognya di sugeng.id mengenai cara membuat artikel blog yang disukai pembaca. Salah satunya adalah menulis artikel blog dengan tiap paragraf hanya terdiri dari satu sampai tiga baris saja, meski matahaya sendiri menyerahkan semuanya sesuai kebutuhan teman-teman enaknya gimana.

Blogger yang menggunakan teknik penulisan seperti ini diantaranya tentunya sudah saya sebutkan salah satunya adalah sugeng.id, beberapa blog lain seperti portal-uang.com, panduanIM.com termasuk saat ini pun sedang coba diterapkan oleh matahaya guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung atau pembaca blog saya.

Semoga sesuai yang dengan apa yang diharapkan!


4. Tambahkan LSI sebagai Kata Kunci Pengait dari Google


LSI atau Latent Semantic Indexing adalah kata kunci yang relevan dan merupakan kata kunci pengait yang dibuat oleh google. 

Saya menyebut LSI sebagai kata kunci pengait dikarenakan LSI ini sangat penting guna memberikan informasi relevan yang banyak dikunjungi user (pembaca).

Kata kunci LSI ini nantinya perlu kita gunakan dan memasukkannya dalam penulisan artikel blog.

Jika belum tahu apa itu LSI sederhananya LSI adalah saran pencarian relevan yang dibuat google berdasarkan kata kunci tertentu.

Untuk mendapatkan LSI sangatlah mudah, kamu cukup mengetik kata kunci target di mesin pencari (google) kemudian lihat penelusuran terkait yang direferensikan google. Biasanya ada di halaman paling bawah.

Contoh LSI


 
Gunakan LSI yang ditemukan untuk disematkan dalam kalimat-kalimat dan paragraf artikel yang ditulis secara natural, ingat lakukan optimasi secara wajar dan jangan berlebihan sehingga tidak terindikasi spam.

Intinya dalam pengambilan LSI adalah mengambil kata kunci yang di blog tebal sebagai kata kunci pengait agar google mudah mengenali informasi dari artikel yang kita tulis.

Karena LSI ini direferensikan langsung oleh google maka akan menjadi subsidi trafik yang sangat bagus untuk membuat blog muncul di halaman pertama google search engine.

Jadi, dalam menulis artikel blog kamu perlu menemukan beberapa LSI pendukung untuk optimasi SEO artikel blog kamu.

Keuntungan dari LSI sendiri adalah memberikan referensi sesuai apa yang dicari pembaca dengan kata kunci yang sudah dikenali google.

5. Lakukan Riset Kata Kunci yang Banyak dicari Pengguna Internet


Dalam penulisan artikel blog ide dan kata kunci adalah hal yang paling utama dicari dan ditentukan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan penggunaan kata kunci yang tepat dan akurat akan mendatangkan dampak yang baik terhadap SEO artikel blog yang ditulis nantinya.

Pada tulisan ini saya menempatkan pembahasan riset kata kunci pada bagian paling akhir dikarenakan saya ingin mengemukakan poin-poin penting yang sering dilupakan blogger-blogger pemula dalam menyiapkan konten di blog mereka.

Hal-hal tersebut sebelumnya telah dibahas:

  • Menulis konten blog yang terjamin keorisinalitasnya 
  • Berlatih menulis artikel dengan panjang rata-rata 1000 – 3000 kata; dan 
  • Berlatih menulis artikel blog yang ramah dan disukai pembaca 

Riset kata kunci adalah poin penting yang berpengaruh dalam membuat artikel blog cepat terindex google.

Untuk meriset dan mencari kata kunci teman-teman bisa menggunakan google keyword planner.

Pembahasan terkait mengenai cara riset kata kunci. Selanjutnya bisa dibaca pada ulasan Mas Sugeng di blognya sugeng.id mengenai “Cara Riset Keyword Paling Jitu” silakan searching di google.

Beberapa hal yang belum dibahas dalam postingan ini adalah setingan dan hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika akan memosting artikel di blog blogger.com. Setingan tersebut seperti optimasi SEO pada gambar postingan, optimasi URL, dan optimasi label atau tag. Silakan untuk melengkapi informasi tersebut dengan mencari referensi dari luar.

Blogging adalah belajar dan terus belajar menjadi lebih baik. 

Semoga pembahasan dan ulasan di atas dapat menjadi referensi yang baik untuk teman-teman pembaca.

Salam blogging dan sukses selalu untuk semuanya...

2 komentar

avatar

Posting ini juga Jelek, Cuma ngomong doang.Ah Teori.............

avatar

Salam mas Wiyono Edo terima kasih atas kritiknya..

Saya belajar untuk memperbaiki tulisan saya biar bisa menjadi lebih baik lagi.

Tulisan ini memang teori karena bahasannya adalah menyajikan informasi. Mengenai hal-hal mendasar untuk membuat artikel blog mudah dan cepat diindex mesin pencari google..

Namun satu hal yang membingungkan saya adalah:

Tulisan ini saya posting tiga hari lalu, dan anda datang mengunjungi tulisan ini di hari ke 3 dan berkomentar seperti di atas.

Setidaknya saya berasumsi artikel ini anda temukan melalui mesin search engine. Jika itu benar! Maka artikel ini bukan teori, karena dalam tulisan ini saya mempraktikan apa yang saya bahas...

Jika artikelnya jelek! Insya allah saya akan belajar memperbaiki itu.

Terima Kasih atas kritiknya...

Salah Sukses yan mas bro...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment