IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Bagi yang hobi membaca buku dan menulis, pasti pada suatu waktu mereka memiliki keinginan untuk menuliskan hal-hal yang menarik dari bacaan-bacaan yang mereka temukan. Entah dengan menulis review buku dalam memperkenalkan isi dan beberapa pembahasan buku, sekadar menulis resensi bahkan mungkin saja bisa dengan menulis sinopsis buku sehingga ada orang lain yang juga ikut penasaran ingin membaca buku yang pernah dibacanya.

Mereview buku adalah kegiatan yang mengasyikkan, sebab selain melatih kognitif otak, kemampuan dan kreativitas dalam menulis pun terasah dengan baik. Sehingganya, selain bisa menjadi pembaca yang menemukan banyak ilmu pun kita bisa menjadi penulis yang dermawan, ikhlas membagi rejeki ilmu dan informasi baru yang dibacanya.

Untuk beberapa teman pembaca kemungkinan menulis review buku bukanlah lagi hal yang baru. Namun kita tidak lupa setiap manusia sebelum mencapai proses yang lebih produktif selalu memulai langkah pertamanya untuk memulai.

So, bagi teman-teman atau kamu yang mungkin saat ini sedang belajar dan hendak mencoba mereview buku! Saya dalam kesempatan bersama matahaya akan sedikit berbagi beberapa cara yang mungkin akan lebih membahas hal berupa tips penting bagaimana supaya kita bisa dan mampu membuat tulisan atau menulis review buku pertama kita.

Sebenarnya! Tidak ada aturan baku dan batasan penting yang harus diikuti dalam membuat review buku. Hanya saja untuk menghargai dan mengapresiasi karya seseorang ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis atau membuat review buku.

Beberapa hal tersebut adalah membuat review buku hendaknya ditulis secara jujur, berdasarkan pemahaman dari hasil bacaan sendiri, jangan berlaku kasar dalam bahasa tulis termasuk melakukan tindakan menjelekan karya tulis orang lain, harus menjadi seorang menikmat bacaan, hendaknya menghindari spoiler mengenai isi buku, terakhir yang mungkin paling utama adalah berlaku bijak dalam me-review buku, selalulah berbahasa yang santun dan tidak menyinggung apalagi berpotensi menimbulkan konflik SARA.

Kita lanjutkan... 

Tips Membuat dan Menulis Review Buku

Berikut tips penting yang perlu dilakukan sebelum menulis dan membuat review buku


1. Bacalah Salah Satu Buku yang Pernah Direview Seseorang

Mungkin kamu pernah membaca tulisan-tulisan mengenai cara atau tips menulis dan membuat review buku di internet atau bacaan offline lainnya. Tapi, ada banyak kasus yang mengharuskan kamu membaca dan memahami isi buku baru kemudian melanjutkan dengan menulis review buku.

Memang!

Dalam menulis review buku hal yang paling utama adalah membaca dan memahami isi buku. Tapi itu dilakukan untuk kamu yang sudah berpengalaman dan telah menulis beberapa review buku. Sementara untuk kamu yang baru hendak mencoba dan belajar menulis review buku. Poin di atas masih kurang banyak!

Kamu perlu membaca salah satu buku yang pernah direview seseorang!

Caranya adalah kamu harus menyiapkan hati dan harus menjadi orang yang hobi membaca menyimak. Carilah terlebih dahulu contoh-contoh penulisan review buku. Temukan lebih dari tiga yang membuat kamu merasa nyaman.

Setelah mendapatkan beberapa contoh penulisan review buku yang ditulis seseorang. Silakan baca saja semua contoh penulisan review buku tersebut dan sempatkan untuk mencari buku yang sudah direview tersebut.

Dalam tips ini, kamu wajib membaca buku yang pernah ditulis reviewnya oleh seseorang. Pastikan kamu membaca buku aslinya dan review yang ditulis oleh orang lain. Untuk kasus review buku yang ditulis oleh orang lain kalau bisa silakan mencari beberapa hasil review dari penulis yang berbeda.

Silakan baca buku aslinya, lalu lihat bagaimana penulis review buku membahas tulisan review buku yang mereka tulis?

Kemudian silakan kamu bandingkan atau proses sendiri bagaimana buku yang kamu baca tersebut dan bagaimana hasil review yang kamu temukan dalam tulisan review buku orang lain?

Setelah kamu memproses dan membandingkan yang kamu pahami dan yang ditemukan dalam penulisan review buku oleh orang lain biasanya kamu akan mendapatkan beberapa pemahaman dasar mengenai hal-hal apa saja yang semestinya kamu bangun nantinya dalam memulai penulisan review buku yang kamu inginkan.

Saya punya satu rekomendasi contoh penulisan review buku! Silakan kamu kunjungi: lensabuku.com, di sana ada beberapa contoh penulisan review buku yang ditulis oleh seorang blogger bernama Evyta Ar.

Silakan, untuk mencari contoh penulisan review buku yang dari penulis-penulis lainnya. Saat ini, semua itu sudah sangat mudah. Cukup lakukan searching di internet mengenai review buku semua beres. Intinya. Yah... jangan malas!

2. Bedakan Review Buku untuk Penulisan Review Buku Pendidikan, Buku Karya Sastra dan Buku Umum

Jika suatu waktu kamu hendak menulis review buku! Terutama bagi yang baru belajar menulis review buku.

Ada hal yang mungkin harus diperhatikan!

Bedakan review buku yang akan ditulis. Perbedaan di sini maksudnya adalah: dalam penulisan review buku nantinya sebaik mungkin penilaian atau kritik dan kesan terhadap sebuah karya dinilai berdasarkan kategori dari buku yang ditemukan.

Hal ini dikarenakan terkadang buku sastra dan buku-buku pendidikan termasuk buku untuk umum memiliki peranannya sendiri. Oleh karena itu, meski memiliki metode yang sama dalam penulisan reviewnya. Sebisa mungkin kita bisa memilah mana yang harus dikatakan dan ditulis bila menyinggung buku pendidikan, buku sastra dan buku umum.

Intinya gaya dan tekniknya mungkin tetap sama! Tapi, rasa dan tanggung jawab mereview buku pada tahap ini untuk saya pribadi sebisa mungkin jangan disamakan antara buku serius dan buku hiburan.

Setidaknya meski sama-sama bermanfaat setidaknya tanggung jawab dan rasa dari penulis sebagai review buku ada pertimbangan penting yakni membedakan penulisan review buku pendidikan, umum, dan buku-buku sastra ke dalam kategori dan tanggung jawab yang berbeda.

Saya agak sulit menjelaskannya! Harapannya semoga kamu bisa menemukan apa maksud dari membedakan tersebut. Poin dua ini tidak begitu penting tapi bukan berarti tidak perlu dipikirkan.

3. Mulailah untuk Mencoba, Menulis Review Buku Pertama


Setelah melalui poin pertama di atas! Meski tanpa menjelaskan poin-poin penting dan struktur penulisan review buku. Saya sangat yakin kamu pasti akan menemukan rumusan yang pas berdasarkan apa yang kamu dapatkan dari proses pada tips yang telah kita bahas pada poin pertama.

Hanya saja untuk melengkapi tulisan ini! Perlu adanya pernggambaran konsep sederhana yang perlu ada dalam struktur penulisan review buku. Meski sebenarnya ini tak mutlak harus diikuti. Intinya disesuaikan!

- Tempatkan Profil dan Keterangan Buku pada Awal Tulisan

Pada bagian pertama silakan untuk menuliskan profil dan keterangan buku apa yang hendak ditulis reviewnya, siapa penulisnya, terbit tahun berapa, penerbitnya dimana dan penerbit apa? Intinya profil buku perlu ditempatkan pada awal tulisan sebelum masuk ke tahap yang lebih serius.

- Buat kesan dan ketertarikan mengapa hendak mereview buku tersebut

Pada tahap ini, untuk menarik minat baca orang lain yang hendak membaca tulisan review buku yang kamu tulis. Perlu adanya kesan dan ketertarikan kamu yang akhirnya membuat kamu beralasan dan membuat review buku tersebut.

Buatlah dengan menggunakan bahasa deskriptif yang jujur dan sederhana. Tak perlu rumit-rumit memikirkan pilihan kata. Sederhana itu tak masalah justru berlebihan yang perlu dihindari.

Mengenai hal ini, kamu sendiri yang merasakan bagaimana kesan yang didapat dan mengapa hingga tertarik kamu mau menulis review buku yang kamu temukan tersebut.

Kamu pasti memahami itu, meski tidak dijelaskan lagi...

- Masuklah pada proses Review Buku

Seperti pengertiannya, review yaitu meninjau dan menilai sebuah karya. Maka pada tahap ini! Silakan tuliskan pandangan pribadi kamu mengenai buku yang telah dibaca. Kamu bisa menceritakan hal-hal yang kamu temukan, bagaimana informasi di dalamnya berkesan bahkan kamu bisa sesukannya membuat poin-poin penilain dengan kreativitas dan metode yang kamu buat sendiri.

Intinya poin-poin tersebut bisa menjadi penggambaran tentang buku yang sedang di review. Sehingganya seolah-olah pembaca nantinya akan ikut merasa tertarik, memahami pesan buku dan hendak mengetahui lebih lanjut mengenai isi buku yang kamu review.

Intinya dalam penulisan review semua dilakukan berdasarkan tinjauan dan penilaian yang datang dan diolah oleh pemahaman dan argumen pribadi menilai karya orang lain.

Pada proses ini, tantangan dan tuntutan yang harus dipenuhi adalah bercerita dengan jujur. Tidak dengan asal menilai dan berkata begini dan begitu. Semua harus berdasarkan pemahaman yang rill. Intinya sebuah argumen tidak hanya latah dikeluarkan melainkan harus ada pendukung nyata dari penilaian-penilaian yang ditulis dalam review buku yang dilakukan.

Intinya adalah bertanggung jawag dengan apa yang diucapkan!

- Merumuskan Kelebihan dan Kekurangan Buku

Pada tahap akhir menulis review buku, sempatkan untuk menuliskan kelebihan dan kekurangan buku yang ditemukan. Silakan diulas berdasarkan pemahaman yang diketahui. Selain itu, sebelumnya jangan lupa jabarkan buku yang direview cocok tidak untuk dibaca secara umum, kalangan tertentu, dewasa dan anak-anak, untuk awam dan hal-hal sejenisnya.

4. Percaya Diri dan Sempatkan untuk Dinilai Oleh Teman


Namanya juga belajar, kamu harus butuh kepercayaan diri untuk dinilai tulisannya. Setelah berhasil membuat dan menulis satu tulisan review buku. Selanjutnya kamu bisa mencari teman yang mungkin hobi membaca dan juga suka menulis. Suruhlah dia melihat tulisan review buku yang telah kamu buat, mintalah penilaiannya. Kalau teman kamu adalah orang yang sudah pengalaman dalam menulis review buku itu akan sangat bagus lagi, kamu akan mendapatkan banyak tambahan dan masukkan untuk melengkapi dan menyempurnakan review buku yang kamu buat.

Terakhir teruslah menulis! Lambat laun kamu akan menemukan banyak hal yang akan menambah kualitas review buku yang kamu tulis nantinya. Namun jangan lupa! Selain menulis faktor pendukung lain adalah tidak meninggalkan syarat utama. Terus membaca biar makin banyak referensi dan review yang ditulis makin berkualitas.

Semoga bermanfaat, salam blogging...

*Tips pada tulisan ini adalah bahasan umum, silakan lengkapi hal-hal yang ingin anda ketahui dengan mencari referensi lain.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment