IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Di luar sana kamu bisa menemukan banyak artikel tentang SEO, mempelajari SEO hingga menemukan beragam teknik SEO yang bisa kamu terapkan untuk membuat blog kamu menjadi SEO dan mudah ditemukan pengunjung melalui mesin pencari.

Namun selain berbagai cara SEO tingkat tinggi ada SEO dasar yang perlu diperhatikan bagi seorang blogger yang ingin blognya menjadi mudah ditemukan mesin pencari.

Hal ini dipandang penting dikarenakan sebelum membuat rumah yang kokoh kita harus membangun fondasi yang kokoh dan kuat agar rumah yang dibuat bisa lebih kuat dan tidak mudah roboh dikarenakan dasar yang dibangun sebelumnya ternyata tidak kokoh.

Begitulah SEO sebelum mempelajari banyak teknik SEO tingkat lanjut ada SEO dasar yang perlu diperhatikan. Terutama beberapa penyebab dasar yang bisa membuat blog menjadi lebih SEO.
begini agar blogmu bisa menjadi lebih SEO
Ini perlu diperhatikan dan harus menjadi pertimbangan bijak, sebelum nantinya kamu menerapkan berbagai macam teknik SEO yang kamu pelajari dari pakar SEO di internet.

Berikut 5 Penyebab yang Membuat Blog Menjadi SEO

1. Template Blog dengan Loading Ringan atau Fast Loading

Banyak orang yang sepakat, bahwa memiliki blog yang memiliki loading ringan dan proses memuatnya cepat (fast loading) akan membuat blog menjadi SEO. Hal ini dikarenakan mesin pencari dengan sistem logaritmanya akan mendeteksi blog sebagai web yang baik untuk direkomendasikan ke pengunjung (user) dikarenakan memiliki loading yang ngebut.

Mesin pencari akan mendeteksi bahwa blog ramah dan cocok untuk pengunjung dikarenakan blog dapat diakses dengan mudah.

Selain itu, sistem mesin pencari juga akan mendeteksi bagaimana tanggapan atau respon pengunjung ke blog nantinya. Dengan sistemnya yang canggih, mesin pencari akan mengetahui seberapa rileks dan betah seorang pengunjung membaca artikel di blog kita.

Jika pengunjung tenang dengan melakukan banyak aktivitas dan berlama-lama di blog karena dia bisa mencari informasi yang diinginkannya dan happy karena blog memiliki loading super cepat, maka mesin pencari akan melihat itu sebagai penilaian yang bagus sehingga mampu mendongkrak rangking blog dan tentu saja akan menjadikan blog sebagai salah satu yang direkomendasikan untuk pengunjung sehingga lambat laun blog menjadi mudah ditemukan di mesin pencari atau menjadi seo.

2. Template Blog Rapih dan Bersih

Di atas sudah sedikit dijelaskan bahwa untuk membuat blog menjadi SEO, salah satunya adalah menciptakan kenyamanan untuk pengunjung sehingga pengunjung blog bisa betah dan merasakan kenyamanan ketika menemukan dan membaca informasi di dalam blog kita.

Selain memiliki template blof yang super fast loading atau memiliki loading yang ngebut, blog juga harus dibangun dengan antarmuka yang rapih dan bersih.

Mesin pencari memiliki sistem yang mampu mengenali aktivitas pengunjung. Sistem tersebut akan mendeteksi seberapa lama seorang pengunjung berada dalam blog, aktivitas apa saja yang dilakukannya akan menjadi nilai tambah yang bagus untuk menentukan rangking blog bila pengunjung benar-benar betah dan berlama-lama membaca informasi dalam blog.

So, perlu membuat blog yang memiliki antarmuka rapih dan bersih. Sehingganya dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan betah. Jangan lupa penilaian mesin pencari terhadap aktivitas pengunjung ke blog kita perlu diperhatikan juga. Hal ini akan membuat mesin pencari bisa memberi nilai dan rangking yang bagus untuk blog.

3. Isi Blog Tidak dengan Konten Original Saja, Artikel Sarat Kata Kunci (Keyword)

Dahulu sebelum seperti sekarang artikel yang original akan mudah ditemukan di mesin pencari dikarenakan saat itu belum ada persaingan yang ketat. Dimana blogger waktu itu masih sangat sedikit. Namun saat ini persaingan antarblogger sudah sangat ketat.

Baca juga: Cara Agar Artikel Blog Mudah dan Cepat Terindex Google 

Sehingannya jika berharap mendapatkan banyak pengunjung dan mengharapkan blog atau artikelnya menjadi SEO karena konten original saja maka itu tidak berlaku lagi.

Konten original memang penting dan tetap diutamakan karena itu adalah pembeda antara artikel yang ditulis sendiri dengan artikel orang lain. Saat ini, untuk membuat artikel original supaya bisa memberikan subsidi SEO bagi blog yang menampungnya. Maka, penulis blogger harus bertanggung jawab dalam mencari dan merumuskan kata kunci yang tepat.

Hal ini adalah sebagai seorang blogger dan penulis konten, harus dan wajib melakukan riset keyword dan mengahdirkan kepadatan kata kunci dalam artikel blog.

Mengapa diwajibkan?

Kewajiban ini sebenarnya bisa saja dianggap tidak wajib, tetapi untuk memenangkan persaingan di mesin pencari dan mendapatkan banyak kunjungan ke blog. Kata kunci atau keyword sangat penting untuk ikut serta ada dalam judul artikel dan isi artikel.

Mengapa penting?

Dikarenakan blog membutuhkan pengunjung, maka sebagai blogger harus mengerti dan tahu informasi apa saja yang banyak dicari pengunjung di internet? Informasi-informasi tersebut biasanya hadir dalam berbagai macam kata kunci dengan topik pencarian informasi yang berbeda-beda.

Salah satu cara melakukan riset kata kunci adalah dengan mempelajari informasi trending, baik di media sosial, google ternding, forum dan tempat-tempat lainnya.

Sementara lebih lanjut riset keyword sederhana bisa juga dilakukan melalui Google Keyword Planner.

Oleh karena itu, artikel blog yang ditulis tidak hanya harus original artikel juga harus memuat kata kunci / keyword yang banyak digunakan oleh pengguna internet dalam mencari informasi.

Jadi salah satu penyebab blog menjadi seo salah satunya adalah artikel blog sarat kata kunci / keyword. Itu tanggung jawab kamu sebagai blogger bagaimana menghadirkan konten original dan padat kata kunci di dalam blog kamu.

4. Blog dengan Topik Populer (Memiliki Niche yang Bagus)

Alasan yang mendasar mengapa blog dengan topik populer sebagai penyebab dasar blog menjadi seo dikarenakan blog menyajikan informasi hangat populer dan trending. Contoh-contoh blog dengan topik populer diantaranya adalah blog berita, blog magazine, dan sejenisnya.

Blog-blog seperti itu akan menghadirkan topik popluler dan hangat sehingga banyak dan dengan mudah ditemukan pembaca di mesin pencari. Meski demikian seo blog berita kebanyakan masih mengandalkan media sosial sebagai pendongkrak rating blog mereka.

Tak hanya blog berita yang memiliki topik populer (niche yang bagus) contoh lain blog populer dengan niche yang bagus misalnya: blog otomatif, blog fotografi, blog videography, blog tutorial, blog review, dan masih banyak lagi.

Intinya adalah blog yang memiliki topik dengan niche yang bagus akan menjadi seo dikarenakan informasi yang dibagikan berfokus dan terperincin.

Topik blog yang seperti ini akan dilihat oleh mesin pencari sebagai blog khusus untuk informasi khusus yang kemudian membuat mesin pencari merekomendasikan blog sesuai dengan histori browser yang sering dicari pengguna internet saat browsing dan gogling.

Dimisalkan seseorang sedang mencari informasi otomotif, maka mesin pencari dengan sistemnya akan mengutamakan blog yang secara khsus membahas informasi otomotif untuk diutamakan muncul di mesin pencari dikarenakan informasi / topik dan niche blog tersebut lebih banyak dan padat membahas seputar otomotif.

Oleh karena itu, membangun blog yang memiliki niceh dan topik yang fokus sangat bagus untuk mendapatkan posisi seo yang menguntungkan di mesin pencari

5. Blog Memiliki Rutinitas Update yang Terjadwal

Blog yang memiliki rutinitas update artikel yang terjadwal akan lebih baik untuk mendapat posisi seo di mesin pencari dikarenakan sistem mesin pencari yang disebut algoritma akan mendeteksi blog sebagai web aktif.

Tentu saja sebagai blog aktif mesin pencari tetap akan dengan serius memperhatikan kinerja blog dari hari ke hari. Potensi itulah kemudian yang membuat mesin pencari tetap percaya pada blog aktif untuk terus mendapatkan rangking dan muncul di mesin pencari.

Blog aktif yang dimaksudkan sebenarnya bukan hanya aktif memiliki rutinitas update artikel yang terjadwal melainkan memiliki banyak aktivitas pengunjugn di blog setiap harinya.

Artinya jika blog mampu mendatangkan pengunjung besar perharinya meski jarang update tidak terlalu bermasalah. Hanya saja, jika blog yang dibuat ternyata adalah sejenis blog dengan informasi jangka pendek misalnya blog berita maka memiliki rutinitas update artikel yang terjadwal wajib dan sangat diperlukan.

Sebab, ketika sehari atau dua hari saja tak publish artikel baru. Maka, blog menjadi sepi dan tak dikunjungi. Semakin lama seperti itu, maka mesin pencari akan mengurangi rangking blog dan tentu saja dampak buruknya mengurangi SEO blog.

Oleh karena itu, meski blog masih tetap mendatangkan pengunjung, Untuk membuat blog tetap stay dan aktif. Blog perlu memiliki rutinitas update yang terjadwal sehingga selalu terlihat aktif oleh mesin pencari.

*Tulisan ini adalah pembahasan seo dasar, kamu bisa mengembangkannya dengan mencari referensi tambahan dari blog-blog lain untuk menambah pengetahuan kamu lebih jauh mengenai teknik dan cara SEO.

Sekian, semoga berkesan...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment