Type something and hit enter

author photo
Post by On
Tidak dapat ditepis, bahwa dengan menjadi blogger seseorang bisa memiliki penghasilan online atau pendapatan dan gaji dari internet dengan nilai yang pada umumnya cukup memuaskan bahkan bisa saja lebih memuaskan.

Namun ada sesuatu yang secara pasti terjadi di luar sana. Tidak semua blogger memiliki penghasilan yang besar perbulannya. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan penghasilan online dengan menjadi blogger butuh kerja keras untuk belajar, memiliki semangat yang tinggi, dan menghargai proses untuk mencapai yang dicita-citakan. Sukses...
jangan jadi blogger, kalau hanya memikirkan uang
Mungkin beberapa teman pembaca akan menganggap tulisan ini ngawur atau penulisnya sok idealis padahal dirinya pasti membuat blog juga untuk mendapatkan uang dari internet.

Saya jelasakan...

Ketika menulis ini saya tidak sedang menyampaikan dan melarang teman-teman menjadi blogger dengan tujuan mencari atau mendapatkan uang dari internet. Saya tak memberikan larangan...

Sebab, saya sendiri mengakui bahwa dengan blogging saya berusaha memaksimalkan kemampuan saya dengan berusaha mandiri agar mampu mendapatkan dan menghasilkan uang dari internet.

Penting dilihat kembali...

Judul pada tulisan ini menekankan pada kata “hanya” artinya saya tidak menyampaikan larangan secara mutlak, melainkan berpendapat dengan sebuah saran dengan menekankan jangan menjadi blogger, bila hanya ingin mendapatkan uang. Bukan! Jangan menjadi blogger kalau hendak mencari uang...

Saya pikir, jika teman-teman memaknainya secara lanjut maka saya yakin teman-teman akan memahami maksud judul tulisan ini secara positif. Begitu harapan saya.

Saya punya alasan yang mendasar mengapa saya menulis artikel ini, salah satunya adalah saya berpikir bahwa tidak ada cara mendapatkan uang secara gratis dengan cepat. Pemahaman saya untuk mencapai itu semua terutama bagi seorang blogger kita butuh waktu, tenaga dan kerja keras.

Alasan-alasan mendasar tersebut mengenai jangan jadi blogger, jika hanya mencari uang diantaranya adalah:

1. Kita Akan Menjadi Blogger yang Tidak Produktif

Setidaknya mungkin anggapan ini akan mendapatkan penyangkalan bahkan bantahan. Bahwa justru karena dengan aktivitas blogging bisa mendapatkan uang pasti secara otomatis akan memberikan motivasi dan semangat kepada seorang blogger untuk bisa menjadi lebih produktif.

Saya sepakat dengan pernyataan ini!

Namun mengapa saya malah menyatakan bahwa blogger yang hanya mencari uang akan menjadi blogger yang tidak produktif?

Meski beberapa teman-teman berpendapat bahwa kemungkinannya kecil, saya malah beranggapan kemungkinan ini cukup besar dan perlu diperhatikan dengan serius dan kalau perlu diwaspadai sejak dini sehingga tidak terjadi dilain waktu.

Saya bukan seorang blogger yang profesional dengan nama yang sudah cukup populer. Hanya saja, pemahaman saya menyatakan seseorang yang niat blogging-nya hanya untuk mendapatkan uang dari internet adalah cara yang lambat laun akan mematikan produktifitasnya.

Ini dikarenakan setiap orang punya masa kejenuhan, apabila seorang blogger tidak pandai-pandai mengatasi hal tersebut. Maka, nafsu untuk mendapatkan uang dari blogging tersebut akan mengarah pada kondisi yang negatif dan tidak terpuji.

Dimana untuk mengejar popularitas, terutama mendapatkan banyak kunjungan ke blog miliknya akan membuat mereka gelap mata dan tidak menjadi produktif yang berimbas kepada melakukan pencurian konten di blog orang lain atau melakukan tindakan plagiarisme (plagiat).

Hal ini bisa saja terjadi, dikarenakan tidak perduli apakah dia seorang blogger pemula maupun blogger profesional suatu saat akan mendapatkan masa kejenuhan, seperti kehabisan bahan dan ide untuk menulis artikel blog.

Jika sejak dini ini tidak diperhatikan! Maka, kemungkinan seorang blogger menjadi tidak produktif bisa saja terjadi.

2. Kita Akan Menjadi Blogger yang Pemalas

Setidaknya teman-teman blogger, meski beberapa orang pasti ada yang sepakat bahwa seorang blogger yang tujuannya hanya untuk mencari uang pasti proses kelanjutannya akan berujung pada kemalasan.

Hal ini didasari oleh tujuan utamanya yaitu hanya untuk mencari uang dari aktivitas blogging.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Blogger yang pikiran utamanya hanyalah mencari uang dari internet dengan blogging akan cenderung mengalami banyak masalah. Masalah-masalah tersebut bisa terjadi bila suatu waktu pada aktivitas blogging yang dilakukannya. Mereka menemui masalah seperti blog yang sepi pengunjung, bahkan jarang mendapatkan pembaca.

Dari pengalaman tersebutlah akhirnya mereka menemukan bahwa mencari uang dari internet dengan blogging bukanlah perkara sepele dan mudah. Akhirnya, pada beberapa kejadian biasanya akan muncul yang namanya tergesa-gesa dan bingung hendak melakukan apa.

Apabila ditambah dengan pada dasarnya mereka bukan orang yang memiliki hobi menulis dan terbiasa menulis. Maka, indikasinya lagi-lagi adalah pencurian konten artikel atau plagiat lagi.

Tindakan ini sangat rawan terjadi, sebab untuk cepat memperoleh uang menurut mereka adalah dengan memperkaya konten blog. Padahal cari ini salah...

Hal ini cenderung dialami oleh seorang blogger pemula, yang memang masih membutuhkan banyak jam terbang dan belajar mengenai blogging juga menjadi lebih bertanggung jawab serta positif.

Jika tidak! Maka, tidak ada kemungkinan pasti akan menjadi blogger yang malas. Malas belajar, malasa menulis, malas berpikir namun rajin mencuri konten.

3. Kita Akan Menjadi Blogger yang Tidak Bertanggung Jawab

Jika menjadi blogger, hanya untuk mencari uang maka akan membangun kepribadian blogger yang tidak bertanggung jawab.

Ini dikarenakan blogger yang fokusnya hanya untuk mencari uang terkadang melupakan dasar-dasar blogging penting untuk dipelajari. Karena terlalu berfokus pada uang menghilangkan rasa tanggung jawab untuk belajar, dan berproses.

Terutama, mengenai bagaimana menjadi seorang blogger yang memiliki rasa tanggung jawab menghargai karya tulis (artikel blog) milik orang lain.

Lalai kepada mana yang hak dan mana yang batil akan sangat rawan terjadi.

Bila hal ini terjadi! Maka, sesuatu yang tercela tentu akan menjadi primadona yang dilakukannya tanpa berpikir panjang apakah aktivitas tersebut merugikan orang lain atau tidak.

Jika, sudah begini maka tentu sudah sangat tidak bagus dan tidak etis. Blogger harus bertanggung jawab baik terhadap artikel yang di-publikasi juga artikel karya blogger lain.

4. Kita Akan Menjadi Blogger dengan Gaji Haram

Untuk beberapa orang mungkin tidak terlalu bermasalah apa yang disebut dengan halal dan haram. Toh, kalau sudah bernilai usaha pastinya menjadi sah-sah saja dilakukan.

Yah.., seperti yang dilakukan koruptor. Mereka merasa berhak karena telah berbakti padahal tetap saja hak orang yang diambil adalah uang kotor dan itu haram.

Apa hubungannya dengan blogger yang hanya mencari uang dari internet? Kok bisa akan menjadi blogger dengan gaji haram?

Begini...

Mungkin teman-teman telah akrab dengan berbagai macam artikel yang bertebaran di internet. Terutama mengenai membuat blog bisa menghasilkan uang dari blog secara mandiri maupun dengan google adsense.

Sudah tentu, pasti telah banyak dari teman-teman yang mempraktikan ilmu dan ulasan yang dibaca pada artikel-artikel yang ditemukan tersebut.

Tapi, apakah teman-teman sudah benar-benar memiliki penghasilan perbulannya dari blogging?

Sudah beruntung jika sudah memiliki penghasilan jutaan perbulannya.

Lantas bagaimana dengan blogger yang hanya mencari uang dari internet dari aktivitas bloggingnya. Tapi, ternyata mendapatkan keberuntungan?

Mereka bisa mendapatkan uang dari blog mereka. Tapi, ternyata mereka banyak melakukan pencurian konten?

Jika sudah begini jadinya! Pertanyaan mendasar adalah: Apakah gaji tersebut kemudian bisa dibilang halal? Sementara artikel di blog mereka beberapa adalah artikel atau konten plagiat.

Dikarenakan blogger yang hanya berfokus untuk mencari uang dari blogging cenderung melakukan pencurian konten. Maka, akan ikut pula yang namanya memiliki penghasilan yang bukan dari jeri payahnya sendiri.

Jika sudah begini jadinya! Maka uang atau gaji yang didapatkan ada keringat dan hasil jeri payah orang lain. Tentu saja jika dipikirkan lebih lanjut, memakan harta yang merupakan hasil jeri payah orang lain adalah tercela dan haram.

4 persoalan di atas yang telah saya sebutkan, tentu saja tidak selamanya benar. Sebab, jika seorang blogger memiliki dasar ilmu yang matang dan memiliki kemauan untuk belajar. Baik belajar dalam kategori menambah wawasan blogging, berlatih menulis, dan belajar bertanggung jawab pasti sebagai blogger kita akan terhindar dari praktik yang tidak etis seperti 4 persoalan yang sudah saya ulas di atas.

Intinya menjadi blogger jangan hanya berfokus pada uangnya, sebab ada banyak faktor yang perlu dipelajari terutama adalah membangun tanggung jawab.

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment