ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Di luar sana kamu bisa menemukan banyak artikel tentang SEO, mempelajari SEO blog hingga menemukan beragam teknik SEO yang bisa kamu terapkan untuk membuat blog menjadi mudah ditemukan pengunjung melalui mesin pencari.

Namun selain ada berbagai cara SEO tingkat tinggi ada SEO dasar yang perlu diperhatikan bagi seorang blogger yang ingin blognya menjadi mudah ditemukan pada hasil penelusuran google search atau mesin pencari lainnya.

Hal ini dipandang penting dikarenakan sebelum membuat rumah yang kokoh kita harus membangun fondasi yang kokoh dan kuat agar rumah yang dibuat bisa bertahan lebih lama. Sebagaimana mengenai SEO sebelum mempelajari banyak teknik tingkat lanjut ada SEO dasar yang perlu diperhatikan. Terutama untuk mengoptimasi blog supaya menjadi lebih SEO.
Cara Optimasi Blog Supaya Jadi Lebih SEO
begini agar blogmu bisa menjadi lebih SEO
Ini perlu diperhatikan dan harus menjadi pertimbangan bijak, sebelum nantinya kita menerapkan berbagai macam teknik SEO yang dipelajari dari banyak pakar SEO di internet.

Cara Optimasi Blog Supaya Jadi Lebih SEO


1. Gunakan Template Blog yang Mendukung Fitur Fast Loading

Banyak orang yang sepakat, bahwa memiliki blog yang memiliki loading ringan dan proses pemuatan halaman yang cepat (fast loading) akan membuat blog menjadi lebih SEO. Hal ini dikarenakan mesin pencari dengan sistem algoritma nya akan mendeteksi blog sebagai web yang baik untuk direkomendasikan ke pengunjung (user) dikarenakan memiliki loading yang ngebut sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Mesin pencari mendeteksi blog populer dengan waktu pemuatan halaman yang cepat untuk direkomendasikan ke pengunjung berdasar pada asumsi blog tersebut akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung atau calon pembaca.

Selain itu, sistem mesin pencari juga akan mendeteksi bagaimana tanggapan atau respon pengunjung ke blog kita nantinya. Dengan sistemnya yang canggih, mesin pencari akan mengetahui seberapa rileks dan betah seorang pengunjung membaca artikel di blog.

Jika pengunjung tenang dengan melakukan banyak aktivitas dan berlama-lama di blog karena dia bisa mencari informasi yang diinginkannya dan happy karena blog memiliki loading super cepat, maka mesin pencari akan melihat itu sebagai penilaian yang bagus sehingga mampu mendongkrak rangking blog dan tentu saja akan menjadikan blog sebagai salah satu yang direkomendasikan untuk pengunjung sehingga lambat laun blog menjadi mudah ditemukan di mesin pencari.

Kekurangannya apabila tidak diimbangi dengan artikel blog yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca. Maka tahap ini aka merugikan blog. Sebab bisa jadi pengunjung akan cepat-cepat meninggalkan blog karena tidak mendapatkan informasi yang memuaskan.

2. Gunakan Template Blog yang Rapi dengan Desain Bersih

Di atas sudah sedikit dijelaskan bahwa untuk membuat blog menjadi SEO, salah satunya adalah menciptakan kenyamanan untuk pengunjung sehingga pengunjung blog bisa betah dan merasakan kenyamanan ketika menemukan dan membaca informasi di dalam blog kita.

Selain memiliki template blog yang memiliki fitur fast loading atau memiliki loading yang ngebut, blog juga harus dibangun dengan antarmuka yang rapi dan bersih.

Mesin pencari memiliki sistem yang mampu mengenali aktivitas pengunjung. Sistem tersebut akan mendeteksi seberapa lama seorang pengunjung berada dalam blog, aktivitas apa saja yang dilakukannya akan menjadi nilai tambah yang bagus untuk menentukan rangking blog bila pengunjung benar-benar betah dan berlama-lama membaca informasi dalam blog.

So, perlu membuat blog yang memiliki antarmuka rapi dan bersih. Sehingganya dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan betah. Jangan lupa, penilaian mesin pencari terhadap aktivitas pengunjung ke blog penting untuk diperhatikan. Hal ini akan membuat mesin pencari memberikan nilai dan rangking yang bagus untuk blog.

3. Lakukan Riset Kata Kunci untuk Kebutuhan Artikel Original di Blog

Dahulu sebelum seperti sekarang artikel yang original akan mudah ditemukan di mesin pencari dikarenakan saat itu belum ada persaingan yang ketat. Dimana blogger waktu itu masih sangat sedikit. Namun saat ini persaingan antar blogger sudah sangat ketat.

Baca juga: Cara Agar Artikel Blog Mudah dan Cepat Terindex Google

Sehingannya jika berharap mendapatkan banyak pengunjung dan mengharapkan blog atau artikelnya menjadi SEO karena konten original saja maka itu tidak berlaku lagi.

Konten original memang penting dan tetap diutamakan karena itu adalah pembeda antara artikel yang ditulis sendiri dengan artikel orang lain. Saat ini, untuk membuat artikel original supaya bisa memberikan subsidi SEO bagi blog yang menampungnya. Maka, penulis blogger harus bertanggung jawab dalam mencari dan merumuskan kata kunci yang tepat.

Hal ini adalah sebagai seorang blogger dan penulis konten, sangat penting melakukan riset keyword dan menghadirkan ketepatan penggunaan kata kunci dalam artikel blog.

Mengapa penting?

Hal ini dikarenakan blog membutuhkan pengunjung, maka sebagai blogger harus mengerti dan tahu informasi apa saja yang banyak dicari pengunjung di internet? Informasi-informasi tersebut biasanya hadir dalam berbagai macam kata kunci dengan topik pencarian informasi yang berbeda-beda.

Salah satu cara melakukan riset kata kunci adalah dengan mempelajari informasi trending, baik di media sosial, google trending, forum dan tempat-tempat lainnya. Untuk melakukan riset keyword secara sederhana bisa juga dilakukan melalui Google Keyword Planner.

Baca: 9 Cara Riset Keyword untuk Blog dan Website 

Oleh karena itu, artikel blog yang ditulis tidak hanya harus original artikel juga harus memuat kata kunci / keyword yang banyak digunakan oleh pengguna internet dalam mencari informasi.

Jadi salah satu cara supaya blog menjadi lebih SEO adalah penggunaan kata kunci / keyword yang tepat dan wajar di dalam judul maupun isi artikel blog. 

4. Lakukan Update Artikel Secara Rutin atau Terjadwal

Blog yang memiliki rutinitas update artikel yang terjadwal akan lebih baik untuk mendapat posisi SEO di mesin pencari. Sebab semakin sering mengupdate artikel maka blog akan menyajikan banyak artikel yang berimbas pada banyaknya kata kunci.

Meski demikian banyak artikel bukan berarti akan langsung membuat blog menjadi lebih SEO. Melainkan rutin mengupdate artikel akan membuat blog kaya informasi dan mendapatkan banyak kata kunci. Dari sanalah blog akan berpotensi untuk muncul pada hasil pencarian google search maupun mesin pencari lainnya..

Pada langkah ini, bagi blogger yang ingin fokus sebaiknya rutin update artikel bukan berarti menyajikan konten berupa artikel yang memiliki kualitas rendah. Bagaimana pun tuntutan untuk memberikan informasi yang berkualitas kepada pembaca sudah menjadi mutlak dan sangat penting untuk diperhatikan.

5. Memasang Artikel Terkait di Postingan Blog

Langkah ini sebenarnya mudah untuk diterapkan! Tujuannya untuk memasukkan tautan rekomendasi artikel terkait yang berhubungan erat dengan isi artikel yang dibuat sehingga dapat membangun lalu lintas yang baik bagi pembaca di dalam blog.

Untuk itu, silakan baca artikel berikut:


Pada artikel tersebut kita ketahui bahwa membangun lalu lintas artikel terkait di blog akan berdampak baik bagi blog dan memberikan kesempatan bagi blog mendapatkan tautan balik maupun tautan internal sehingga mesin pencari akan mengetahui topik dan relevansi konten yang kita buat.

6. Melakukan Guest Post

Blogger tamu atau Guest Post adalah cara lain untuk mendapatkan backlink dan meningkatkan pengunjung ke blog Anda. Guest post di blog banyak dilakukan blogger untuk meningkatkan popularitas blog mereka. Cara ini dapat dilakukan dengan membuat artikel yang diposting pada blog orang lain yang memiliki topik serupa.

Cara ini dapat membangun backlink ke blog anda. Apabila guest post yang dilakukan bersumber dari blog-blog populer yang memiliki popularitas yang baik di mesin pencari maka blog kita pun akan mendapatkan imbasnya.

Hal ini dipercaya banyak blogger sebagai salah satu cara meningkatkan nilai DA (Domain Authority) atau otoritas domain sehingga dapat mempengaruhi SEO di mesin pencari karena mendapatkan rekomendasi dari situs relevan dan berkualitas.

Tulisan ini adalah pembahasan seo dasar, kamu bisa mengembangkannya dengan mencari referensi tambahan dari blog-blog lain untuk menambah pengetahuan kamu lebih jauh mengenai cara meningkatkan popularitas Blog menjadi lebih SEO.

Demikian! Semoga ulasan ringkas di atas bermanfaat untuk anda...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.