ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Bagi seorang blogger tak ada yang lebih bahagia bilamana blog yang dikelolanya memiliki banyak pengunjung atau visitor yang membludak setiap harinya.

Rasanya seperti sedang mendapatkan keuntungan yang luar biasa serta kerja keras yang dilakukan selama blogging menjadi berharga dan bernilai.

Cukup enak memang!

Sebab, blog yang memiliki banyak pengunjung (visitor) secara tidak langsung akan mendongkrak kemajuan dan potensi blog mencapai sukses. Ibarat malam, pencapaian yang didapat seorang blogger ketika mampu mendatangkan banyak pengunjung ke blognya merupakan sebuah prestasi bulan yang mampu memberikan cahaya nya untuk menerangi bumi tanpa batas.
blog yang memiliki banyak pengunjung (visitor) secara tidak langsung akan mendongkrak kemajuan dan potensi blog mencapai sukses. Ibarat malam, pencapaian yang didapat seorang blogger ketika mampu mendatangkan banyak pengunjung ke blognya merupakan sebuah prestasi bulan yang mampu memberikan cahaya nya untuk menerangi bumi tanpa batas.
cara supaya blog banyak pengunjung
Meski demikian, untuk mendapatkan banyak pengunjung secara normal dengan mendatangkan pengunjung organik ke blog bukanlah perkara yang harus dianggap sepele. Butuh proses dan kerja keras untuk mencapai semua itu. Apalagi diketahui pengunjung organik blog adalah pengunjung yang datang secara normal berdasarkan referensi mesin pencari.

Memang banyak cara untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung. Salah satu cara tersebut yang paling instan adalah memanfaatkan metode pengiklanan dimana bisa memilih pengiklanan sosial media atau menggunakan google adwords program pengiklanan dari google.

Baca Juga:

Namun umumnya seseorang yang membutuhkan blog diiklankan adalah blog atau website yang berisi informasi komersil dimana blog atau website tersebut menawarkan jasa dan produk sebagai bisnis ataupun usaha online.

Sementara jika kita sebagai blogger yang membuat blog untuk bisa memiliki penghasilan seperti yang bernilai jual tinggi, memiliki prestasi dan mampu mengangkat nama seorang blogger pasti akan memilih untuk membuat blog dan menjaring pengunjung datang ke blognya secara normal berdasarkan referensi mesin pencari.

Berikut Beberapa Tips Sederhana Agar Blog Bisa Mendapatkan Banyak Pengunjung

1. Membuat Blog dengan Fokus Niche Tertentu

Tidak dapat dipungkiri bahwa blog dengan Niche yang jelas dan berfokus biasanya akan mendapatkan pengunjung dan pengikut yang banyak dan umumnya pengunjung akan menjadi pengikut dan menunggu artikel baru dari blog yang niche / topik pembahasannya jelas dan fokus sehingga membuat pengunjung betah dan berlangganan gratis untuk menunggu update terbaru dari blog.

Contoh blog dengan niche jelas dan fokus misalnya pada blog tutorial, blog informasi kesehatan, blog pendidikan, blog otomotif, blog biografi, dan masih banyak lagi.

Alasan utama blog dengan niche yang jelas dan fokus bisa mendapatkan banyak kunjungan dikarenakan blog tersebut memiliki pembaca-pembaca yang punya kesamaan minat dengan niche / topik blog yang dibahas.

2. Membuat Artikel Blog Berkualitas dan Bermanfaat

Penyebab lain yang membuat blog seseorang mendapatkan banyak kunjungan salah satu faktornya adalah blog memiliki banyak artikel berkualitas dan bermanfaat.

Artikel yang bagus dan berkualitas dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut:

2.1 Menulis Artikel Sendiri dan Menghindari Copas (Kecuali Lansiran)

Artikel yang original akan mudah di-indeks mesin pencari dan menjadi lebih diutamakan karena informasi yang terdapat di dalamnya masih fresh dan berbeda dengan tulisan-tulisan / artikel yang dimiliki oleh blog-blog lain.

2.2 Gunakan Bahasa Populer yang Mudah Dipahami

Tidak sedikit masalah yang dihadapi saat seorang blogger menulis artikel di blognya meski demikian penting bagi blogger untuk berusaha semaksimal mungkin menulis artikel menggunakan bahasa yang mudah dipahami pembaca serta menyajikan informasi yang tidak bias.

2.3 Hindari Menulis Artikel yang Bertele-tela

Artikel berkualitas dalam ciri ini adalah artikel blog harus hadir secara sistematis menjelaskan informasi secara terstruktur padat dan jelas dari A hingga Z tanpa terlalu banyak bertele-tele membahas sesuatu yang bersifat tidak terlalu penting dibicarakan dalam artikel blog. Dimana artikel harus memiliki bahasan terperinci berpola sebab akibat ataupun sebaliknya.

2.4 Hindari Typo dan Penggunaan Bold, Underline, Italic yang Tidak Sewajarnya 

Sebenarnya sah-sah saja untuk membuat kata-kata tertentu menjadi tebal, miring, bergaris bawah, dll. Namun apabila itu dilakukan secara berlebihan akan membuat artikel blog menjadi sedikit mengganggu di mata pembaca. Selain itu masalah typo atau kesalahan tulis juga dapat mempengaruhi kualitas sebuah artikel blog terutama pada kasus serupa yakni akan sedikit mengganggu konsentrasi membaca.

Oleh karena itu, sebagai seorang blogger yang ingin artikel blognya menjadi lebih berkualitas maka sangat penting untuk selalu melakukan revisi artikel sebelum di-post dan kalaupun sudah terlanjur di-post maka penting untuk selalu diadakan perbaikan atau update artikel.

3. Melakukan Riset Kata Kunci

Untuk membuat blog mendapatkan banyak kunjungan terutama yang datang dari mesin pencari. Maka melakukan riset kata kunci adalah langkah penting yang perlu dilakukan blogger guna mendapatkan topik artikel blog yang banyak diminati pengunjung.

Baca Juga: Manfaat dan Peran Kata Kunci untuk Artikel Blog

Ini dikarenakan penggunaan kata kunci yang tertarget akan sangat berpengaruh untuk membuat artikel blog dengan mudah mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari dan mendapatkan banyak pengunjung.

Semakin fokus dan tepat penggunaan kata kunci dalam artikel blog maka akan semakin tinggi dan intens artikel blog untuk muncul di halaman pencarian yang kemudian membuatnya mudah untuk mendapatkan banyak kunjungan.

4. Perbanyak Konten Sejenis Artikel Abadi

Salah satu cara yang bisa diterapkan blogger untuk membuat blog yang dimilikinya mendapatkan banyak kunjungan pembaca adalah dengan memperbanyak posting artikel-artikel yang bersifat abadi.

Istilah artikel abadi pertama kali saya baca pada postingan blog portal-uang.com. Dikatakan artikel abadi dikarenakan artikel jenis ini umumnya tidak memiliki masa kadaluarsa yang harus selalu diupdate apabila ada pembaruan. Sebab sifat dari artikel abadi itu sendiri bila dibaca dari waktu ke waktu tetap memberikan informasi yang memuaskan dan tidak basi.

Oleh karenanya artikel abadi tetap relevan untuk dibaca kapan saja. Misalnya: artikel-artikel teori pendidikan, pengertian sesuatu hal dan masih banyak lagi.

5. Rajin Menulis dan Posting Artikel Baru

Poin ke lima ini bagi beberapa orang mungkin tidak terlalu penting supaya blognya mendapatkan banyak pengunjung. Namun bukan berarti langkah ini harus disepelekan. Sebab, blog yang belum memiliki lalu lintas yang baik di mesin pencari akan mudah tenggelam jika tidak sering menulis dan update artikel.

6. Share Artikel Blog Ke Media Sosial

Media sosial hingga saat ini masih menjadi sumber trafik yang cukup tinggi. Ini dikarenakan pengguna media sosial adalah pemakai internet loyal yang hampir 24 jam selalu aktif dan update. Oleh karena itu, membagikan artikel blog di media sosial berpotensi baik untuk mendatangkan pengunjung ke blog.

Salah satu tips untuk melakukan share artikel di media sosial untuk menghindari spam adalah dengan membagikan artikel yang relevan pada grup-grup online yang memiliki topik serupa dengan artikel dibahas.

Hindari membagikan konten artikel yang bertopik teknologi namun dibagikan online melalui grup-grup memasak atau grup resep makanan kecuali topik teknologi tersebut masih berhubungan dengan topik memasak seperti alat dan teknologi memasak canggih atau yang sejenisnya.

7. Submit Artikel Blog Ke Google Search Console

Google search Console adalah salah satu tools yang dimiliki oleh google dan berfungsi mengoptimasi situs web atau blog supaya mendapatkan popularitas yang maksimal di mesin pencari google.Dengan melakukan langkah ini, kita bisa melihat statistik blog dan keyword-keyword potensial yang dapat dikembangkan di kemudian hari untuk membuat artikel-artikel terbaru di blog.

Demikian tips sederhana yang dapat anda lakukan sebagai upaya meningkatkan pengunjung datang ke blog Anda. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk teman pembaca. Terima Kasih.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.