ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dibarengi inovasi dan kreativitas manusia. Segala sesuatu yang baru pun bermunculan dan menjadi solusi dan alternatif untuk digunakan oleh manusia modern. Terutama di zaman milenial seperti sekarang.

Dompet elektronik misalnya!

Adalah salah satu bentuk inovasi manusia dalam mengompres uang fisik dalam bentuk digital untuk penggunaan yang lebih efisien, bisa dibawa dan dibelanjakan ke mana saja.

Sistem ini sebenarnya dibangun berdasarkan basis perbankan dimana uang dapat disimpan pada rekening Bank online dan dapat gunakan sewaktu-waktu untuk keperluan belanja baik secara online maupun offline (non tunai).
Mengenal Apa itu Doku Wallet? Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
Gambar: Doku Wallet
Dompet elektronik ini tidak memiliki proses pendaftaran yang ribet atau harus menjadi nasabah Bank. Sebab dapat didaftarkan secara mandiri dan gratis melalui ponsel android maupun iphone menggunakan identitas sesuai KTP, sebab mengikuti regulasi atau hukum yang berlaku di Indonesia.

Salah satu dompet elektronik yang banyak dibicarakan pengguna internet terutama untuk melakukan belanja online adalah Doku Wallet (Dompet Doku).

Doku Wallet banyak digunakan sebagai pengganti kartu kredit untuk berbelanja di online shop, membeli tiket nonton di bioskop, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya jika anda termasuk salah satu orang yang gemar berbelanja online bisa memanfaatkan doku wallet ini.

Selain itu anda juga bisa menjadikan doku wallet sebagai dompet elektronik untuk berbelanja offline tanpa uang tunai di beberapa merchant yang telah menjalin kerja sama dengan doku wallet.

Seperti: AlfaMart, DANDAN, Alfamidi juga Hypermart.

Selengkapnya mengenai daftar merchant yang menerima transaksi non tunai menggunakan doku wallet bisa dilihat pada gambar berikut:
Mengenal Apa itu Doku Wallet? Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
screenshot by: foldertips.com

Apa Itu Doku Wallet?

Doku Wallet adalah sebuah layanan keuangan berbasis digital yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk keperluan penyimpanan uang elektronik yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk berbelanja online di situs-situs online shop nasional dan internasional termasuk untuk keperluan lain seperti: Pembelian Pulsa, Data Internet, Pembelian Token PLN, Transfer dana sesama Doku atau ke Bank Lokal Indonesia.

Selain untuk berbelanja online, doku wallet juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja offline dengan pembayaran non tunai di beberapa merchant yang telah menerima pembayaran melalui doku Wallet.

Di situs resminya Doku menyatakan siapapun dapat menggunakan doku untuk berbelanja online dengan maupun tanpa Kartu Kredit. Dikarenakan setiap pengguna doku bisa berbelanja online dengan mudah karena transaksi langsung dapat dilakukan saat itu juga ibarat menggunakan kartu kredit.

Sehingga menghemat waktu untuk tidak perlu melakukan transfer uang melalui ATM maupun melalui Teller Bank.

Manfaat Doku Wallet

Secara umum manfaat utama dari doku wallet selain sebagai dompet elektronik untuk penyimpanan uang digital yang bisa dikelola melalui ponsel.

Doku Wallet juga sangat bermanfaat untuk digunakan terutama bagi pengguna yang memiliki hobi berbelanja online namun terkendala karena tidak memiliki kartu kredit atau paypal.

Saat ini belanja online menggunakan doku wallet dapat dilakukan di lazada, citilink, aliexpress, dan beberapa merchant lain yang bekerja sama dengan Doku Wallet.

Salah satu contoh sebagaimana yang diulas dalam foldertips.com, kita bisa membeli tiket nonton bioskop di CinemaXX secara online dengan menggunakan Doku Wallet sebagai pengganti Kartu Kredit.

Sebab sistem pembayaran di CinemaXX hanya menerima dua metode pembayaran melalui:

  • Kartu Kredit, dan
  • Doku Wallet.

Tidak ada metode pembayaran transfer Bank yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi pengguna Mobile Banking.

Cara Menggunakan Doku Wallet terbilang cukup mudah!

Khusus untuk belanja online kita hanya perlu melakukan belanja online di situs online shop yang menyediakan pembayaran Doku Wallet dan dapat langsung membayar orderan tanpa membutuhkan kartu kredit.

Begitupun sebaliknya jika hendak berbelanja secara offline di beberapa toko yang tergabung ke dalam merchant Doku.

Untuk menggunakan Doku Wallet kita perlu mendaftarkan akun doku dan menginstal aplikasi doku di ponsel kita.

Saat ini Aplikasi DOKU dapat dipasang ke ponsel berbasis android maupun iphone:


Silakan install terlebih dahulu Doku Wallet ke ponsel anda lalu buatlah akun doku dengan mengisi pendaftaran seperti Nama, Tempat Tanggal Lahir, dan Nomor Telepon seluler aktif.

Kelebihan Doku Wallet

Sebagai Payment Gateway Indonesia Doku Wallet merupakan dompet elektronik yang memiliki banyak kelebihan terutama untuk menciptakan kemudahan dalam transaksi online oleh penggunanya.

Beberapa kelebihan tersebut diantaranya: 

  • Dapat digunakan untuk keperluan belanja online sebagai alternatif bila tidak memiliki kartu kredit maupun paypal 
  • Dapat digunakan untuk membeli pulsa ponsel, data internet, Token PLN, bayar cicilan, beli tiket pesawat, pembayaran TV Kabel, dll.
  • Proses Pendaftaran Doku Wallet Gratis / Tanpa Biaya Administrasi
  • Top Up (Pengisian Saldo) Doku dapat dilakukan Melalui Transfer Bank atau Deposit Melalui AlfaMart, DANDAN, dan beberapa Merchant lain cek di sini
  • Aplikasinya Mudah digunakan Bahkan untuk awam.
  • Bisa Tarik Tunai di Gerai AlfaMart.
  • Registrasi dan Verifikasi cukup menggunakan Identitas Nasional seperti KTP / SIM
  • Tersedia dalam Bentuk Aplikasi dan Web

Kekurangan Doku Wallet

Selain memiliki kelebihan dari segi transaksi khususnya untuk pembelanjaan online. Berdasarkan pengalaman penulis terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh Pihak PT Nusa Satu Inti Artha untuk mengembangkan Doku Menjadi lebih baik lagi.

Penilaian berikut hanya berdasarkan subjektivitas penulis semata, mungkin pada pengguna lain hal ini tidak terlalu berpengaruh!

Beberapa kekurangan tersebut berdasarkan Penilain penulis diantaranya:
  • Aplikasi Doku Wallet sering Mengalami Gangguan seperti Loading yang cukup berat kecuali Doku Web (Percobaan pada Xiaomi Redmi Not 4X Ram 3GB dan Rom 16GB)
  • Aplikasi Doku Terkadang Sering Keluar Sendiri (Percobaan pada Xiaomi Redmi Not 4X Ram 3GB dan Rom 16GB)
  • Harga Pulsa Doku Wallet Masih Terbilang Cukup Mahal, Karena Harga Belinya Masih Sama seperti pada Konter-Konter Pulsa yaitu Pulsa 10.000 harganya diatas 12.000
  • Top Up Saldo Harus Kelipatan dari 10.000 tidak bisa dimulai dengan 15.000, 25.000 dan sejenisnya (Harus kelipatan 10.000)
  • Saldo Masuk Terhitung cukup lama butuh waktu hingga 10 - 15 Menit bila menggunakan metode Transfer Bank.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil ulasan di atas dan pengalaman beberapa tahun menggunakan Doku Wallet, saya berkesimpulan bahwa:

  • Penggunaan Doku Wallet hanya cocok digunakan bagi anda yang memiliki dana lebih dan membutuhkan alat penyimpanan dana berupa dompet elektronik yang aman. Khususnya untuk keperluan belanja online seperti di aliexpress, lazada, citilink, dan beberapa merchant line yang bekerja sama dengan Doku Wallet.
  • Dapat dimanfaatkan sebagai Dompet Elektronik Pengganti Kartu Kredit dan Paypal.
  • Doku Wallet hanya cocok digunakan untuk penggunaan pribadi saja.
  • Tidak cocok untuk bisnis terutama bisnis pulsa dikarenakan untuk pembelian Pulsa harga yang ditawarkan cenderung sama seperti harga konter dimana harga pulsa Rp 10.000 saja dibayar 12.000.

Intinya sebagai dompet elektronik Doku Wallet lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi terutama dalam transaksi belanja online mudah.

Sangat cocok bagi kalangan internet marketer atau pebisnis untuk menjadikan doku sebagai rekening online dalam menerima pembayaran dan pembelian online.


*Bagi yang mencari aplikasi serupa doku wallet namun dapat dimanfaatkan untuk bisnis pulsa dan PPOB karena harga pulsa dan transaksi yang murah! Saya merekomendasikan teman-teman menggunakan payfazz! Selengkapnya baca di https://goo.gl/eD43RB

Sekian, semoga ulasan ini memberikan manfaat bagi teman-teman pembaca...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.