IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Di era teknologi dan internet yang sudah semakin maju seperti saat ini. Mendapatkan uang dari kegiatan menulis sudah sangat mudah dan banyak diikuti oleh orang-orang hampir di seluruh penjuru dunia.

Alasan orang-orang membaktikan diri dengan menulis untuk memperoleh uang tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup atau mendapatkan dana. Melainkan jauh di ujung sana menulis bagi seorang penulis adalah bagaimana membaktikan ilmu lewat tulisan sehingga bisa memberikan informasi berharga bagi pembaca.

Selain beramal, membaktikan ilmu, dan sebagai proses mendaya gunakan kemampuan kognitif menulis memang menjadi momok yang menarik karena mengasyikkan. Hal ini dikarenakan dengan menjalani hobi seseorang yang suka menulis bisa mendapatkan bonus menarik yaitu uang atau dana bagi kebutuhan hidup atau sebagai mata pencahariannya.

Tetapi untuk kamu yang masih pemula dan memang belum tahu bagaimana menjadikan hobi menulis kamu bisa menghasilkan uang, semoga tulisan ini bisa membantu kamu menemukan dan memecahkan problem tersebut, bila memang saat ini kamu membutuhkannya.

Di luar sana mungkin banyak ajakan untuk menemukan cara seperti: mendapatkan uang dari menulis cerpen, mendapatkan uang dari menulis puisi, mendapatkan uang dengan menjadi kontributor penulis, mendapatkan uang dari wattpad, hingga mencari bagaimana cara menghasilkan uang dengan menulis di artikel, dan masih banyak lagi...
sumber: cdn.idntimes.com 
Namun, meski begiitu kamu pasti belum menemukan yang cocok atau sesuai seperti yang sedang diharapkan. Sebab, di luar sana mungkin banyak tawaran dan ajakan menulis namun terkadang yang menjadi kendala adalah anda belum menemukan tempat yang tepat.

Oleh karena itu dalam tulisan ini, saya akan membagikan beberapa tempat yang bisa kamu masuki untuk menjalankan aktivitas menulis dan mendapatkan uang dari menulis yang kamu lakukan.

Mau tahu caranya?

Silakan kamu baca tulisan ini hingga selesai, semoga akan ada beberapa problem yang terpecahkan sehingga kamu bisa menemukan tempat kamu menulis dan mendapatkan uang.

Cara dapat Uang dari Menulis


*Salah satu cara mendapatkan uang dari menulis adalah dengan menulis buku atau menjadi penulis buku! Namun pada bahasan kali ini saya hanya akan membicarakan cara mendapatkan uang dari menulis / menjadi penulis artikel online di internet.

Mari disimak!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen dan Puisi di Plukme

1. Mendapatkan uang dari Menulis Artikel di Blog


Mendapatkan uang dari menulis artikel di blog adalah cara paling umum yang dilakukan oleh seorang blogger. Cara ini juga merupakan cara mendapatkan uang yang dapat dilakukan secara personal melalui blog yang dimiliki dan dikelola secara mandiri oleh blogger.

Jadi menulis untuk mendapatkan uang dengan menjadi seorang blogger adalah menulis konten sendiri dan dipublikasikan pada blog yang kamu kelola. Hanya saja cara menulis untuk mendapatkan uang melalui menulis artikel di blog harus menempuh waktu / proses yang terlampau panjang.

Kamu perlu waktu berbulan-bulan bahkah bertahun-tahun untuk membangun blog, menulis konten, hingga tulisan dan blog yang kamu buat menjadi layak diajukan ke adsense, disetujui dan mendapatkan uang dari kerja kerasmu itu.

Sederhananya adalah kamu membuat blog, menulis konten / artikel blog kamu, ajukan blog ke google adsense dan bila disetujui maka blogmu akan dapat menayangkan iklan dari google.

Iklan tersebut nantinya akan menjadi sumber pendapatan online kamu. Kamu tinggal terus melakukan kegiatan menulis dan berbagi artikel blog untuk mensubsidi blog kamu. Sehingga blog menjadi ramai dikunjungi, banyak menayangkan artikel, dan uang masuk ke adsense anda dari iklan google yang terpasang dan bila uang telah terkumpul dengan nominal $100 (dolar) kamu bisa menariknya ke rekening Bank yang kamu miliki.

2. Mendapatkan Uang dari Menulis atau Menjadi Penulis Freelancer


Mendapatkan uang dengan menjadi penulis freelancer biasanya kamu harus terdaftar pada salah satu website yang membuka program freelance. Dimana pada website tersebut kamu bisa menempatkan profil kamu dan mengajukan diri menjadi penulis di sana.

Kemudian bila ada orang yang membutuhkan jasa penulis biasanya kamu akan mendapatkan info pemberitahuan dari aplikasi bahwa ada seseorang yang membutuhkan seorang menulis untuk menulis artikel tertentu.

Disana akan ada informasi yang dibutuhkan seperti tulisan jenis apa yang diminta, jumlah kata, serta bagaimana harga yang akan dibayar.

Bila kamu tertarik pada ajakan tersebut kamu bisa mengajukan diri dan bila diterima. Maka kamu harus memenuhi permintaan klien tersebut. Jika tulisan kamu sukses dan diterima dengan baik oleh klien kamu akan mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya antara kamu dan klien.

Tertarik ingin menjadi penulis Freelancer? Kamu bisa mencobanya dengan mendaftar di freelancer.com, siapkan profil dan keahlian kamu di sana. Dapatkan klien dan jadilah penulis freelancer hingga kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah atau pendapatan online kamu dari menulis.

3. Mendapatkan Uang dari Menulis di The Smarter Way by ShopBack


Mendapatkan Uang dari Menulis di The Smarter Way by ShopBack sangat menjanjikan! Kamu akan mendapatkan reward senilai IDR 10.000,- untuk artikel pertama yang berhasil ditayangkan. Selain itu kamu akan mendapatkan tambahan reward senilai IDR 5,- dari setiap orang yang membaca artikel yang kamu tulis, dimana IDR 5,- dihitung per satu viewers.

Dimisalkan kamu memiliki 1 artikel dan dibaca sekitar 20.000 (viewers) maka kamu akan mendapatkan reward senilai 5 x 20.000 = IDR 100.000,-

Itu adalah reward yang didapatkan per satu artikel saja yang dibaca 20.000 (viewers) lantas bagaimana jika kamu bisa menghasilkan puluhan tulisan dengan jumlah pembaca yang besar di sana? Pasti pendapatan menulis kamu akan makin besar lagi di the smarter way!

Untuk bergabung menjadi penulis di The Smarter Way By ShopBack kamu harus terdaftar melalui tautan berikut: shopback.co.id/signup

Setelah terdaftar dan melakukan verifikasi dengan benar. Selanjutnya silakan kamu menghubungi kontak terkait:

  • Email: thesmarterway@shopback.co.id
  • WhatsApp: 082115700917

Silakan kamu menginformasi lebih lanjut pada kedua kontak di atas! Untuk memulai aktivitas menulis kamu di The Smarter Way by ShopBack untuk mendapatkan pundi-pundi uang online dari menulis yang kamu lakukan.

Syarat dan Ketentuan Menulis di The Smarter Way by ShopBack silakan baca pada tautan: Syarat & Ketentuan Penulisan The Smarter Way Community

4. Mendapatkan Uang dari Menulis di Babe News


Mendapatkan Uang dari Menulis di Babe News adalah keputusan yang bijak dan memang sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin cepat mendapatkan uang dari menulis.

Hal ini dikarenakan Babe News akan membayar setiap penulis yang berhasil menerbitkan artikelnya di babe sebesar Rp 50.000 per artikel. Selain itu, bila nantinya saldo di babe news telah terkumpul sebesar Rp 200.000,- saldo tersebut dapat ditarik ke Rekening Bank yang kamu inginkan.

Melihat hal ini! Berarti kamu hanya membutuhkan 4 buah artikel untuk diterbitkan di Babe News dan mendapatkan gaji pertama dari menulis di babe news sebesar IDR 200.000,-

Tapi apakah iya? Kamu hanya bisa menulis 4 Artikel saja?

Kamu pasti mampu menulis lebih dari 4 artikel perminggu. Andai jika dirata-ratakan kamu mampu menerbitkan sekitar 25 Artikel di Babe News dalam rentan waktu satu bulan saja. Berarti kamu telah mendapatkan pendapatan sebesar 25 x 50.000 = IDR 1.250.000 (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).

So makin banyak tulisan yang kamu buat dan terbit di babe news maka kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari menulis akan semakin besar lagi.

Untuk memulai mendapatkan uang dari babe news dengan menulis artikel di sana! Silakan untuk membaca tulisan saya sebelumnya:

Baca Selengkapnya: Menulis di Babe News Bisa dapat Uang 50.000 Per Artikel

5. Mendapatkan Uang dari Menulis di UC News


Mendapatkan Uang dari Menulis di UC News masih memiliki kesamaan dengan menulis artikel di Babe News.

Hanya saja bila di Babe News kamu akan dibayar dengan Rupiah! Maka di UC News kamu akan dibayar dengan dolar. Dimana kamu akan dibayar sebesar $ 4,5 (dolar) / setara dengan IDR 60.000 setelah kamu menerbitkan minimal satu buah artikel dengan 1000 view.

Mengenai view di UC News kamu tidak perlu kuatir, selayaknya Babe News, UC News juga memiliki jutaan pembaca. Sehingga untuk mendapatkan view / pembaca yang besar pada artikel yang kamu tulis di UC News tidaklah terlalu menakutkan.

Sebab setiap artikel yangi diterbitkan di UC News akan mendapatkan ribuan pembaca. Belum lagi kalau ternyata artikel yang ditulis adalah artikel trending dan populer pasti akan dengan mudah mendapatkan pembaca di UC News.

Saya tidak ingin menjelaskan lebih banyak! Setidaknya jika kamu tertarik memulai cara mendapatkan uang dari menulis di UC News silakan terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri kamu pada tautan berikut: ucweb.com/daftar

6. Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Vebma


Vebma.com adalah sebuah Platfrom menulis yang diluncurkan sejak tahun 2016 kemarin. Sama seperti Babe News dan UC News, Vebma juga membuka peluang yang sama bagi setiap penulis (Content Writter) untuk menulis di Vebma dan mendapatkan uang dari aktivitas menulis tersebut.

Jika di Babe News per artikel yang terbit kita akan mendapatkan bayaran sebesar 50.000 - 100.000 IDR, UC News dengan minimal 1.000 view mendapatkan 60.000 IDR, maka di Vebma setiap artikel yang terbit kita akan langsung mendapatkan bayaran sebesar 10.000 IDR.

Bayaran tersebut masih dapat bertambah untuk setiap satu artikel apabila mencapai per 1.000 view.

Hal ini dikarenakan vebma menggunakan sistem CPM (Cost Per Mile) dimana sistem tersebut akan menghitung setiap per 1.000 jumlah view artikel. Penulis akan mendapatkan bayaran tambahan sebesar 1.200 IDR.

Artinya jika kita sebagai Penulis Vebma mendapatkan kunjungan atau jumlah view artikel sebesar 100.000 views, berarti kita akan mendapatkan bayaran sebesar 120.000 IDR ditambah dengan 10.000 IDR dari bayaran artikel yang dipublikasikan di Vebma.

Jadi, pendapatan total dari 1 artikel terbit yang mencapai 100.000 views kita akan mendapatkan bayaran sebesar 130.000 IDR (120.000 + 10.000).

Sistem menulis di Vebma tidak terlalu berbeda dengan sistem menulis di Babe News dan UC News. Dimana kita harus menulis artikel yang benar-benar original berdasarkan topik dan pembahasan tertentu yang ada pada platfrom tersebut.

Ingin mengenal dan mengekplorasi Vebma lebih lengkap silakan langsung ke www.vebma.com

Mulailah membuat akun dan tulisan pertamamu disana, dan mulailah menghasilkan uang dari kegiatan menulis dan hobi kamu.

Baca Selengkapnya: Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Artikel di Vebma

Catatan:
Setiap artikel yang kita publikasikan di Vebma. Seperti UC News dan Babe News. Artikel kita akan melalui tahap verifikasi hingga disetujui dan kemudian diterbitkan di vebma. Oleh karena itu, kita butuh sabar dan terus menulis berdasarkan topik yang dikuasai serta harus sesuai dengan topik atau kategori tulisan yang diminta oleh Vebma.

Selamat Mencoba...!

***

Dari beberapa cara mendapatkan uang dari menulis yang sudah dituliskan di atas! Semoga kamu akan mendapatkan tempat yang sesuai dengan keingingan kamu. Memilih salah satunya atau menjalani semuanya adalah pilihan yang bisa kamu pilih sendiri.

Selamat mencoba semoga sukses menghampiri kita semua...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment