IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Bagi seorang blogger tak ada yang lebih bahagia bilamana blog yang dikelolanya memiliki banyak pengunjung atau visitor yang membludak setiap harinya.

Rasanya seperti sedang mendapatkan keuntungan yang luar biasa dan kerja keras yang dilakukan selama blogging menjadi berharga dan bernilai.

Cukup enak memang!

Sebab, dengan blog kebanjiran banyak pengunjung (visitor) pasti secara tidak langsung akan mendongkrak kemajuan blog dan potensi mencapai sukses untuk seorang blogger akan semakin cerah. Ibarat malam, pencapaian yang didapat seorang blogger ketika mampu mendatangkan banyak pengunjung ke blognya merupakan sebuah prestasi bulan yang mampu memberikan cahayanya untuk menerangi malam.

Meski demikian untuk mendapatkan banyak pengunjung secara normal dengan mendatangkan pengunjung organik ke blog bukanlah perkara yang harus dianggap sepele. Butuh proses dan kerja keras untuk mencapai semua itu.

Apalagi diketahui pengunjung organik blog adalah pengunjung yang datang secara normal berdasarkan referensi mesin pencari dalam menerjamahkan kebutuhan pengunjung. Sehingganya secara sistem pengunjung organik mengunjungi blog dan membaca isi blog berdasarkan keyword yang mereka ketikan di mesin pencari.

5 Penyebab Blog Kebanjiran Banyak Pengunjung / Visitor

Memang banyak cara untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung. Salah satu cara tersebut adalah paling instan memanfaatkan metode pengiklanan dimana bisa memilih pengiklanan sosial media atau menggunakan google adwords program pengiklanan dari google.

Namun umumnya seseorang yang membutuhkan blog diiklankan adalah blog atau website yang berisi informasi komersil dimana blog atau website tersebut menawarkan jasa dan produk sebagai bisnis ataupun usaha online.

Sementara jika kita sebagai blogger yang membuat blog untuk bisa memiliki penghasilan setidaknya blog menjadi bernilai jual tinggi, memiliki prestasi dan mampu mengangkat nama seorang blogger pasti akan memilih untuk membuat blog dan menjaring pengunjung datang ke blognya secara normal berdasarkan referensi mesin pencari.

Berikut beberapa penyebab blog kebanjiran banyak pengunjung (visitor) tanpa harus mengandalkan jasa pengiklanan tertentu

#1. Memiliki Niche Blog yang Jelas dan Fokus

Tidak dapat dipungkiri bahwa blog dengan Niche yang jelas dan berfokus biasanya akan mendapatkan pengunjung dan pengikut yang banyak dan umumnya pengunjung akan menjadi pengikut dan menunggu artikel baru dari blog yang niche / topik pembahasannya jelas dan fokus sehingga membuat pengunjung betah dan berlangganan gratis menunggu update terbaru dari blog.

Contoh blog dengan niche jelas dan fokus misalnya pada blog berita, blog tutorial, blog informasi kesehatan, blog pendidikan, blog otomotif, blog biagrafi, dan masih banyak lagi.

Alasan utama blog dengan niche yang jelas dan fokus bisa mendapatkan banyak kunjungan dikarenakan blog tersebut memiliki pembaca-pembaca yang punya kesamaan minat dengan niche / topik blog yang dibahas.

#2. Memiliki Artikel Blog yang Bagus dan Berkualitas

Kedua, penyebab blog seseorang mendapatkan banyak kunjungan salah satunya adalah memiliki artikel blog yang bagus dan berkualitas.

Artikel yang bagus dan berkualitas dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Artikel yang tulis original bukan buah hasil dari copy paste

Artikel yang original akan mudah di-indeks mesin pencari dan menjadi lebih diutamana dikarenakan informasi yang terdapat di dalamnya masih fresh atau berbeda dengan tulisan-tulisan / artikel yang dimiliki oleh blog-blog lain.

  • Bahasa yang digunakan mudah dipahami

Tidak sedikit masalah yang dihadapi saat seorang blogger menulis untuk artikel blognya. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menulis menggunakan bahasa yang mudah dipahamai agar informasi yang disampaikan tidak menjadi bias untuk dipahami oleh pembacanya.

  • Artikel ditulis secara sistematis dan tidak terlalu bertele-tele

Artikel berkualitas dalam ciri ini adalah artikel blog harus hadir secara sistematis menjelaskan informasi secara terstruktur padat dan jelas dari A hingga Z tanpa terlalu banyak bertele-tele membahas sesuatu yang bersifat tidak terlalu penting dibicarakan dalam artikel blog. Dimana artikel harus memiliki bahasan terperinci berpola sebab akibat ataupun sebaliknya.

  • Tidak terlalu banyak kata di blok tebal, dimiringkan, digarisbawahi, dan typo

Sebenarnya sah-sah saja untuk memblok kata-kata tertentu menjadi tebal, miring, digarisbawahi, dll. Namun apabila itu dilakukan secara berlebihan akan membuat artikel blog kehilangan kualitasnya dikarenakan akan membuat pembaca sedikit terganggu.

Selain itu masalah typo atau kesalahan tulis juga dapat mempengaruhi kualitas sebuah artikel blog terutama pada kasus serupa yakni akan sedikit mengganggu meski tidak terlalu bermasalah.

Oleh karena itu, sebagai seorang blogger yang ingin artikel blognya menjadi lebih berkualitas maka sangat penting untuk selalu melakukan revisi artikel sebelum di-post dan kalaupun sudah terlanjur di-post maka penting untuk selalu diadakan perbaikan hingga artikel blog menjadi lebih berkualitas lagi.

#3. Judul dan Isi Artikel Blog Banyak Mengandung Kata Kunci

Penyebab lainnya yang dapat membuat blog kebanjiran banyak kunjungan salah satunya adalah blog memiliki postingan blog yang cukup berkualitas terutama dari segi pemilihan dan format pemberian judul artikel dan isi artikel blog yang sarat dan banyak mengandung kata kunci tertarget.

Baca Juga: Pengertian Kata Kunci dan Peran Pentingnya Bagi Artikel Blog

Kata Kunci tertaget adalah kata kunci yang umumnya banyak digunakan oleh user / pengguna internet untuk mencari informasi di mesin pencari (google).

Semakin fokus dan tepat penggunaan kata kunci dalam artikel blog maka akan semakin tinggi dan intens artikel blog untuk muncul di halaman pencarian yang kemudian membuatnya mudah untuk mendapatkan banyak kunjungan yang kemudian membuat blog menjadi ramai dikunjungi calon / pembacanya.

#4. Blog Banyak Memosting Artikel Abadi

Salah satu sebab lainnya yang bisa membuat blog banyak memiliki atau banjir pengunjung (visitor) adalah blog banyak memosting artikel-artikel abadi.

Istilah artikel abadi pertamakali saya baca pada postingan blog portal-uang.com. Artikel Abadi adalah artikel yang memiliki umur yang cukup panjang dan biasanya akan mendatangkan banyak pengunjung dari hari ke hari karena jenis artikel ini tak lekang oleh waktu.

Artikel abadi biasanya berisi informasi yang relevansinya berlaku secara terus menerus tanpa mengenal waktu.

Misalnya seperti artikel-artikel tentang tips dan trik, artikel-artikel yang mengemukakan pendapat atau teori dan sejenisnya.

Intinya artikel abadi adalah artikel yang bila dibaca hari ini tahun depan atau tahun setelahnya lagi akan tetap menjadi informasi yang bermanfaat dan tidak kadaluarsa.

#5. Rajin Melakukan Upload Artikel Blog


Poin ke lima ini bagi beberapa orang mungkin tidak terlalu penting untuk menyebabkan blog mendapatkan banyak kunjungan. Namun apabila ini disepelekan akan membuat blog pelan-pelan akan mendapatkan efek buruk dengan menurunnya kunjugan pembaca ke blog.

Alasan utamanya adalah apabila blog jarang update informasi terbaru, umumnya akan membuat pengikut blog kecewa dan berakhir meninggalkan blog yang sudah diikutinya dikarenakan mereka tidak lagi mendapatkan informasi baru dari blog yang sudah mereka ikuti mungkin hampir beberapa tahun.

Oleh karena itu rajin melakukan upload artikel terbaru selain untuk tetap membuat pengunjung / pembaca setia tetap nagkring di blog dan membaca artikel-artikel yang di-post. Artikel-artikel terbaru juga akan mendatangkan calon-calon pengunjung / pembaca baru yang kemungkinan akan menjadi pembaca blog yang setia dan membuat blog secara konsisten akan mendapatkan kunjungan blog yang meningkat.

Jadi untuk menyebabkan blog memiliki banyak kunjungan seorang blogger juga harus memperhatikan jadwal dan rutinitasnya terutama untuk selalu melakukan update artikel blog terbaru.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment