Type something and hit enter

author photo
Post by On
Sejak beberapa hari terakhir saat dikeluarkan peringatan terkait kebijakan dan peraturan youtube yang akan diberlakukan mulai tanggal 20 Februari 2018 membuat dunia peryoutuban Indonesia menjadi heboh.

Banyak youtuber pemula yang pesimis dalam membangun kanal youtube mereka. Galau bahkan down menjadi hiasan yang cukup meresahkan banyak kalangan youtuber. Terutama para youtuber pemula dan youtuber kecil yang belum bisa memenuhi kebijakan dan peraturan baru youtube adsense tahun 2018 ini.

Bagi yang belum tahu mengenai informasi tersebut! Saya sudah pernah tulis dan membahasnya pada dua postingan sebelumnya!

Silakan Baca:


Pada kedua postingan tersebut setidaknya saya membahas betapa cukup selektifnya youtube pada tahun 2018 ini, dalam memanajemen dan menyeleksi setiap partner youtube mereka (youtuber).

Sehingganya dengan peraturan tersebut akan membuat banyak youtuber yang kehilangan pendapatan dan tentu saja hal tersebut akan membuat youtuber kecil makin kesulitan mendapatkan uang melalui youtube. Lebih-lebih teruntuk youtuber pemula yang baru youtuban.
aturan baru youtube adsense 2018

Pada postingan ini! Saya ingin membahas permasalahan penting tentang bagaimana agar kamu tetap bisa positif dan stay menghadapi aturan baru youtube 2018.

Intinya supaya kamu! Bahkan kita semua tidak menjadi gundah dan putus harapan untuk terus berkarya di youtube.

Tetap semangat dan tidak menyerah! Meski dengan aturan baru yang bisa dibilang mencekik leher.

***

Sebelum lanjut saya ingin membuat pertanyaan dan pernyataan! Hal ini saya anggap perlu untuk menjadi pertimbangan dan perhatian kita semua. Terkhusus yang sedang ingin berkarier sebagai youtuber (mitra youtube)

Pertanyaan tersebut adalah:

“Apakah youtube adalah sebuah platfrom yang kamu gunakan dengan tujuan untuk mendapatkan uang?”

Kamu berhak dalam memutuskan minat dan keinginan kamu menjadi youtuber. Entah apa pun tujuan yang akan kamu jalani nantinya, semua menjadi tanggungjawab kamu sendiri. 

Tapi sesuatu yang perlu diperhatikan bahwa bertanggungjawab adalah bagaimana kamu adil terhadap diri kamu dan terhadap orang lain.

Namun apabila tujuan utama kamu untuk mendapatkan uang di youtube! maka itu akan menghilangkan motivasi kamu. Sebab kamu menciptakan konten video di youtube bukan karena kamu menyukai membuat video tapi mengejar uangnya. Orang bijak mengatakan lakukan hobi yang disukai, dan apabila kamu mendapatkan uang dari hobi itu, maka itu adalah bonus dari hobimu!
menghasilkan uang dari youtube menjadi lebih menantang

Kamu tidak perlu menjawab atau pun menanggapi pertanyaan dan pernyataan di atas! Setidaknya jika yang saya maksudkan tersampaikan kepada kamu. Semoga itu menjadi faedah yang baik...

Kita lanjut...

Sekarang dengan melihat aturan baru youtube 2018 ini, kamu kemungkinan memiliki anggapan pesimis dan tidak percaya diri untuk melanjutkan keinginan kamu menjadi youtuber.

Melihat kegundahan dan keresahan yang banyak dialami youtuber kecil terutama youtuber indonesia di awal tahun ini. Membuat saya berpikir untuk membagikan motivasi positif yang meski nilai motivasinya tidak sehebat bagaiman lagu despacito menghipnotis kalangan youtuber akhir tahun 2017 kemarin.

Tapi saya tetap optimis bahwa sesuatu yang ditanam dengan hati ikhlas, pasti memiliki buah yang manis untuk dipetik.

Berikut beberapa tips untuk kamu bagaimana menghadapi aturan baru youtube adsense 2018


1. Jadikan Semuanya sebagai Challenge atau Tantangan


Kalau mau dipikir-pikir, sebenarnya aturan baru yang dibuat youtube bukanlah untuk menyusahkan para youtuber. Melainkan youtube ingin memberikan layanan yang baik kepada pengiklannya agar iklan pengiklan ditayangkan pada video-video yang baik dan berkualitas terutama dibangun oleh kanal-kanal yang populer dengan konten yang original.

Selain itu, youtube juga ingin menjaga dan memberikan kenyamanan pada mitranya untuk mendapatkan pelayanan yang baik terutama meningkatkan potensi pendapatan para youtuber yang lebih besar lagi dengan mempersempit jumlah persaingan.

Ini adalah tantangan yang besar bagi calon youtuber. Dimana jika benar-benar memiliki keinginan besar mengajukan diri sebagai partner youtube (menjadi youtuber). Maka setidaknya kita harus lulus tes dulu sebelum mendapatkan pengakuan dan dinyatakan lulus.

Intinya ini adalah ujian atau tes untuk kamu! Jika lulus maka selamat kamu bisa menjadi partner youtube (menjadi youtuber).

Kita juga harusnya berpikir!

Bukankah ini kemudian menjadi sangat bergengsi?

Bilamana lulus tes dan diterima youtube menjadi partner mereka. Hal itu pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri yang rasanya pasti super luar biasa nantinya. Dimana kamu akan dinilai profesional dan seorang yang produktif. Karena kamu diterima bekerja di perusahaan sebesar youtube dan google!

Apakah itu tidak wow?

Jadi, pantaslah sebenarnya aturan tersebut ada untuk membuat kamu menjadi youtuber profesional dan bertanggungjawab.

2. Buat Konten Video yang Memiliki Potensi Viral


Alasan mengapa video seseorang bisa dinonton banyak orang, itu dikarenakan video yang mereka buat salah satunya berpotensi untuk viral.

Oleh karena itu, PR untuk kamu adalah bagaimana menemukan ide untuk membuat video yang berpotensi viral.

Di Indonesia sendiri video-video yang memiliki potensi viral diantaranya adalah video komedi, video prank, video-video kontroversial, sosial experimen, video gaming, dan cover lagu.

Khusus untuk cover lagu! Kamu harus lebih jeli dalam memilih lagu yang sedang nge-hits! Jangan coba lagu-lagu lama, sebab musik atau lagu seperti sebuah berita yang punya masa hot dan kepopulerannya tergantung waktu.

Meski sebenarnya kamu masih bisa membuat video-video lain? Kamu tetap harus megutamakan bagaimana bisa mencapai penayangan yang tinggi dengan membuat video-video yang berpotensi viral.

Tidak perlu video harus dimonetisasi, bila nanti terkena copyright jangan jadikan konten tersebut menjadi konten komersil. Intinya bagikan video itu secara free tanpa mengharapkan pendapatan dan biarlah video itu memberikan jumlah kunjungan yang banyak untuk men-subsidi view kanal youtube kamu. Tapi ingat bukan konten reupload melainkan video cover atau parodi yang kamu buat.

Intinya pada penciptaan konten yang berpotensi viral, kamu juga harus pandai-pandai menganalisis topik yang sedang trending dibahas di media sosial dan di blog-blog berita juga gosip.

3. Hindari untuk Membuat Daily Vlog Bila Kamu Belum Terkenal


Jika kamu penggemar Raditya Dika pasti terkejut bilamana saat dia meng-upload daily vlog miliknya hanya dalam beberapa jam Vlog-nya sudah bisa mendapatkan banyak penonton. Atau jika kamu suka menonton vlog-vlog Ria Ricis pasti kamu hanya akan mendapatkan kelucuan dan keanehan yang dibuatnya.

Namun satu pun dari informasi yang mereka bagikan sebenarnya tidak terlalu bermanfaar untuk kamu. Tapi kita tetap happy saja menontonya. Karena mereka terkenal dan telah populer...

Hal tersebut salah satunya bukan dikarenakan video yang mereka buat memiliki konten viral. Mereka sudah cukup terkenal di youtube. Lebih-lebih raditya dika sebelum menjadi youtuber dia sudah lebih dulu terkenal sebagai blogger, stand up comedian, penulis buku komedi, penulis skenario film dan pembuat film.

Mereka yang sudah memiliki nama dan terkenal membuat daily vlog pasti akan mendapatkan jumlah tayangan yang banyak.

Sementara bagi kamu yang belum memiliki nama dan baru pertama membuat konten di youtube jangan dulu mencoba untuk membuat daily vlog karena akan butuh banyak waktu untuk membuat video-video kamu dinonton banyak orang.


4. Lakukan Riset Kata Kunci Populer untuk Ide Video Kamu


Langkah ini pada dasarnya memiliki hubungan erat dengan tips untuk membuat video yang berpotensi viral. Namun pada langkah ini. Kamu dianjurkan untuk melakukan riset kata kunci sebelum nantinya kamu merancang judul video yang kamu buat.

Dengan kata kunci yang tertarget akan lebih mudah membuat video yang kamu buat dapat ditemukan banyak orang. Tetapi PR terbesar dari masalah kata kunci adalah kamu harus bisa memastikan bahwa kata kunci yang ditarget adalah kata kunci populer yang banyak dicari oleh pengguna youtube.

Jadi kamu perlu waktu untuk mempelajari informasi yang sedang trending, melakukan riset dan analisis kata kunci video kamu. Kamu bisa memulainya dengan mencari informasi di google mengenai cara riset kata kunci untuk video youtube kamu.

Pelajari teknik ini, karena penting untuk membuat video kamu mendapatkan banyak tontonan diikuti subscriber yang bertambah.

5. Buatlah Video yang Hangat dibicarakan atau Sedang Fenomenal


Sekali lagi tips berikut juga masih erat kaitannya dengan bagaimana membuat konten video yang viral. Tetapi kali ini khususnya bagaimana kamu membuat video yang membahas topik yang sedang fenomenal.

Selain kamu menempatkan kata kunci di sana! Kamu juga harus menyampaikan bagaimana tanggapan kamu terhadap topik tersebut. Misalnya saja sekarang sedang heboh mengenai peraturan baru youtube 2018 yang memberlakukan setiap kanal youtube yang hendak menjadi menjadi partner youtube maka mereka harus mampu memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam tontonan.

Berita ini menjadi sangat populer dibahas dikalangan youtuber! Namun sesuatu yang aneh ketika semua orang membuat konten video yang sama! yaitu mengenai berita dan informasi dari peraturan youtube 2018. Padahal itu tidak begitu penting karena semua orang bisa membacanya sendiri pada informasi resminya.

Jika kalian melihat salah satu video yang dibuat Dedi Corbuzier dalam menanggapi masalah aturan baru youtube 2018 yang dimaksud. Di sana kalian akan paham. Bahwa yang harus kalian buat adalah bagaimana menanggapi dan memberikan pendapat atau gagasan kamu terkait aturan baru youtube 2018 tersebut bukan dengan menginformasikannya ulang dengan isi yang sama dan sudah ditulis oleh youtube pada web informasi untuk pelanggannya.

Hal ini terbukti jika kamu search di youtube menggunakan kata kunci “Peraturan baru youtube 2018” pasti akan banyak berjejer jumlah video dengan judul dan topik yang sama.

Padahal seharusnya sebagai youtuber kamu harus membuat yang berbeda dengan yang sudah ada.

Selanjutnya setelah mengikuti tips di atas! Silakan berproses dan banyakalah belajar bagaimana membangun konten dan kanal yang baik, bisa populer, dan digemari penonton. 

Menjadi youtuber kamu harus berproses dan belajar...

2 komentar

avatar

Artikel yang sangat menarik bang, persiapan masuk dunia vlogging nih gw, thanks ya sharingnya !!!!
Cheers :)

avatar

Sama-sama brother Sandy Wicaksono, sukses selalu yah...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment