Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Mana? Beli atau Desain Template Blog Sendiri

Pilih Mana? Beli atau Desain Template Blog Sendiri

Di awal-awal melakukan blogging saya tidak pernah memikirkan tentang template blog atau mengenai desain dan tampilan sebuah blog maupun website. Mula-mula saya hanya membuat blog kemudian memposting beberapa tulisan tanpa tahu bahwa selain memposting artikel kita masih bisa mengubah tampilan blog menjadi lebih menarik lagi.

Setelah penasaran dengan melihat desain atau tampilan blog orang lain yang tidak seperti biasanya dimana tampilan blog mereka terlihat keren. Akhirnya saya terlibat juga sebagai salah satu blogger pemula yang cukup aktif untuk mencoba-coba memperindah blog. Padahal dulunya saya tidak tahu bahwa ternyata tampilan bawaan blog di blogspot masih bisa dimodifikasi sedimikian rupa.

Di hari-hari sibuknya saya melakukan aktivitas desain template blog, saya hanya lebih memikirkan widget-widget dan animasi apa saja yang dapat membuat blog menjadi lebih bagus daripada biasanya. 

Saya sudah pernah mencoba membuat blog dengan mengobrak-abrik template dan berhasil membuat satu template blog. Tapi masih versi bawaan blogger yang dimodifikasi secara sederhana dan menjadi menarik dan cukup memuaskan saya setidaknya hanya untuk saat itu.

Dahulu saya berpikir memasang widget ucapan selamat datang dalam blog dengan gambar animasi itu penting dan akan membuat blog saya semakin keren.

Memasang animasi hujan salju, hingga membuat cursor blog dengan gambar-gambar avatar hewan. Pokoknya hampir dari semua tutorial blogging untuk mempercantik blog sudah saya cicipi dan nikmati hasil dan bagaimana rasanya.

Namun saya tidak memiliki kepuasan untuk itu semua. Sebab seiring berjalannya waktu saat-saat pertamakali blogging hingga sekarang saya tidak menemukan kepuasan! Ditambah lagi tuntutan untuk menciptakan blog dengan desain yang responsive, ramah pengunjung, dan SEO friendly tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Dan akhirnya saya lebih memilih untuk memiliki template hasil karya orang lain yang sudah Responsive dan mendukung SEO friendly.

Berangkat dari pengalaman tersebut saya memberanikan diri untuk menulis ini dan kemudian mengajak kita semua berpikir mengenai tujuan dan cita-cita dari aktivitas blogging yang kita lakukan itu ditujukan ke mana?

Meski kita semua sepakat bahwa semua dari setiap blogger dan mungkin termasuk kamu saat ini. Pasti memiliki tujuan dan cita-cita atau visi sendiri.

Sudah naluriahnya setiap manusia dalam melakukan sebuah tindakan pasti telah ada yang mendasarinya.

Ada yang melakukan blogging karena suka menulis dan ingin berbagi online, ada yang melakukan blogging untuk membagikan ilmu yang dimilikinya, mempromosikan jasa dan bakat, bahkan sampai ada yang membuat blog untuk mendapatkan uang dari internet.

Namun seiring berjalannya aktivitas blogging malah sering kita terkadang salah jalan hingga banyak aktivitasnya menjadi tertunda hanya karena dilema hendak mendesain template blog secara mandiri ataukah hendak beli saja, bahkan terlalu sering gonta-ganti template blog.

Baca Juga:

Oleh karena itu dalam tulisan ini saya ingin menggambarkan sebuah ilustrasi dari pendapat-pendapat saya berdasarkan pengalaman saya dalam melakukan aktivitas blogging beberapa tahun terakhir.

Setidaknya semoga ulasan ini bisa memberikan gambaran penting! Pilih manakah? beli atau mendesain template blog sendiri. Terutama bagi blogger pemula seperti saya.

Untuk mulai mengulas persoalan ini! Saya tidak berpikir menyarankan teman-teman untuk memilih mana yang lebih baik sebab itu bukan kewenangan saya.

Melainkan saya akan sedikit memberikan gambaran umum dari alasan-alasan mengapa kita harus membeli template dan mengapa harus mendesain template blog sendiri. Berikut alasan-alasan tersebut saya uraikan!

Alasan Mengapa Harus Mendesain Template Blog Sendiri

Saat mulai blogging hal pertama yang akan kamu cari tidak lain bagaimana menciptakan blog yang terlihat profesional dan menarik. Akhirnya kamu memilih untuk melakukan desain template blog. 

Jika kamu akan melakukan desain template blog sendiri setidaknya beberapa alasan ini harus kamu miliki! Salah satu atau beberapa di antaranya sehingga tujuan kamu mendesain template blog secara mandiri memiliki alasan yang mendasar.

Beberapa alasan tersebut meliputi:

1. Agar Bisa / Jago Mendesain Template Blog Sendiri

Jika kamu memiliki ketertarikan suatu saat nanti ingin memiliki keahlian dan jago mendesain template blog sendiri. Maka tidak akan ada lagi bantahan yang melarang kamu untuk mendesain template blog kamu sendiri.

Namun kamu juga perlu tahu bahwa supaya bisa mendesain template blog ada proses belajar yang tidak instant. 

Oleh karena itu, pada poin ini kamu harus siap secara matang serta belajar dan menguasai bahkan mampu memodifikasi sendiri kode CSS, HTML, dan kode-kode skrip lain yang berhubungan dengan desain blog ataupun modifikasi situs blog / webiste.

2. Mencari / Mendapatkan Uang dari Menjual Template Blog

Seorang yang mampu dan jago mendesain template blog. Terutama mampu menciptakan template blog yang mendukung SEO, Responsive. Maka dia memiliki potensi besar untuk memiliki pendapatan online dari hasil menjual template desainnya sendiri.

Intinya Pada poin ini! Berlaku bilamana kamu ingin menjadi salah satu publisher template blog dan menjual template-template hasil desain kamu secara online kepada blogger di tanah air hingga mancanegara.

3. Membuka Jasa dan Desain Blog atau Website

Pada poin ke tiga ini hanya jika kamu ingin memiliki penghasilan online tambahan selain dari hasil menjaul template blog desain kamu sendiri.

Jika minat dan tujuan kamu mendesain template blog sendiri untuk memiliki keahlian dan profesionalitas terutama dalam bidang jasa seperti Jasa Buat dan Desain Blog atau Website maka langkah kamu cukup cerdas.

Namun untuk mencapai itu kamu harus mampu mengerti dan melayani pelanggan. Tuntutan profesionalitas harus kamu junjung tinggi. Sehingga pelanggan tak kecewa dengan pelayanan yang diberikan.

Selamat bekerja keras untuk mencapai kesuksesan kamu dengan menjadi seorang yang ahli dan jago mendesain template blog sendiri.

Alasan Mengapa Kamu Perlu Membeli Template Blog Premium

Sebenarnya kamu boleh saja menggunakan template blog gratis untuk tema dan desain tipografi blog atau website yang kamu miliki. Tapi menurut menggunakan template gratis adalah untuk menguji template yang dipkai dan kemudian hari dapat diupdate ke versi premiumnya.

Lebih jelasnya berikut alasan mengapa kamu perlu menggunakan atau membeli template premium.

1. Template Blog Premium Memiliki Desain Responsive

Keuntungan pertama memiliki template blog premium adalah template blog premium umumnya telah memiliki fitur desain yang Responsive.

Responsive sendiri jika diartikan secara sederhana adalah kemampuan template blog atau layout website beradaptasi atau menyesuaikan orientasi layar dan tampilannya kepada semua browser dan perangkat yang pengunjung gunakan.

Beli atau Desain Template Blog Sendiri

Oleh karena itu desain blog dengan fitur Responsive sangat dibutuhkan sebuah blog terutama untuk menciptakan akses yang mudah bagi pengunjung ketika membuka blog atau website melalui device yang berbeda.

2. Telah Dioptimasi untuk Mendukung SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Merupakan fitur penting yang harus dimiliki oleh sebuah blog atau website. Hal ini dikarenakan dengan kamu memiliki template blog premium yang telah mendukung SEO maka kesempatan blog muncul dalam halaman pencarian google akan semakin baik.

Jika saat ini blog kamu masih sepi pengunjung atau susah muncul di halaman pencarian google atau search engine. Maka menggunakan salah satu template blog premium adalah salah satu solusi SEO kamu selain menciptakan artikel yang berkualitas.

3. Mendapatkan Update dan Support atau Bantuan Teknis Langsung dari Pembuat Template Blog

Jika kamu menggunakan template blog premium maka blog kamu akan selalu mendapatkan update terutama perbaikan-perbaikan dari versi template blog sebelumnya. Seperti perbaikan bug, pembaharuan keamanan. Hal ini tentu akan terus meningkatkan performa blog menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Selain itu, kita akan mendapatkan support dan bantuan teknis secara langsung dari pembuat template terhadap keluhan yang kita alami termasuk untuk meminta bantuan mengenai penggunaan template premium yang telah dibeli.

Bantuan teknis lainnya kamu bisa melaporkan beberapa permasalahan yang kamu temukan dalam template blog yang kamu beli. Sehingga si pembuat template akan melakukan pembaruan dan memberikan update terbaru dari perbaikan atas permasalahan tersebut termasuk memberikan pedoman kepada kamu terkait pengelolaan dan manajemen template blog ke depan nya.

Sekarang setelah membaca beberapa ulasan di atas! 

Kamu sendirilah nantinya yang akan menentukan bagaimana akan memilih template blog yang diinginkan. 

Silakan sesuaikan dengan keinginan dan alasan-alasan yang mendasar mengapa kamu harus memilih mendesain template blog sendiri dan mengapa kamu harus memilih membeli template blog premium. Pilihan di tangan sendiri.

Semoga celoteh tak berguna ini dapat berguna / bermanfaat. Terima kasih!

Posting Komentar untuk "Pilih Mana? Beli atau Desain Template Blog Sendiri"

Berlangganan via Email