Type something and hit enter

author photo
Post by On
Bagi kamu yang masih baru mengenai internet terutama mengenai persoalan membuat website pasti akan dipertemukan dengan istilah-istilah baru salah satunya adalah Web Hosting atau Webhost.

Maraknya dunia online terutama untuk kebutuhan berpromosi online dan menjalankan bisnis online membuat banyak orang membutuhkan dan ingin membuat website bisnisnya atau website pribadi untuk dirinya dengan tujuan menjadikan websitenya sebagai media berpromosi, menawarkan jasa, termasuk usaha dagang online atau yang lebih kita kenal dengan bisnis online.

Oleh karena itu Web Hosting atau Webhost menjadi sangat penting bagi kita dan siapapun yang berkeinginan untuk membuat dan memiliki sebuah website. Hal ini dikarenakan Web Hosting akan digunakan dan dimanfaatkan sebagai sebuah penyimpanan online untuk menyimpan data website agar bisa tayang secara online.


Pengertian Web Hosting / Webhost


Lebih dalam lagi pengertian Web Hosting adalah sebuah layanan jasa atau penyewaan tempat berbasis online system untuk menyimpan data website seperti script, php, gambar, css, dll. Hal ini penting guna menjadikan website yang sudah dibuat dalam bentuk offline agar bisa diakses secara online oleh admin dan bisa dikunjungi oleh orang-orang di belahan dunia mana pun melalui internet.

bukainfo.com juga menjelaskan Web Hosting atau Webhost dapat pula kita artikan sebagai tempat penyimpanan berupa file dengan ukuran megabyte (MB) hingga ukuran besar yaitu terabyte (TB) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data dalam webhost atau Web Hosting dapat diakses oleh pengguna dan pengunjung secara online. Ditambahkan lagi menurut niagahoster.co.id menyimpulkan bahwa Web Hosting adalah sebuah komputer yang terhubung ke internet dan dipergunakan untuk menyimpan data website agar dapat diakses secara online.

Ulasan di atas secara singkat memberikan kita pemahaman bahwa Web Hosting layaknya sebagai sebuah server komputer yang terkoneksi ke internet. Sehingganya data website yang tersimpan dalam server komputer tersebut dapat dipanggil / di-request secara online oleh pengguna internet.

Jadi setelah kita membuat website di pc atau komputer menggunakan local host, Kita juga membutuhkan server web hosting untuk menyimpan data website kita supaya bisa diakses secara online. Beberapa layanan Web Hosting khusus di indonesia kita bisa mencoba exabytes.co.id, rumahweb.com, niagahoster.co.id, atau web hosting indonesia lainnya yang sudah cukup terpecaya dan memiliki layanan pelanggan yang baik.

Untuk saya sendiri, saya merekomendasikan ketiga layanan Web Hosting Indonesia di atas karena memiliki layanan pelanggan yang baik, supportnya 24 jam, dan yang paling penting indonesianya.

Cara Kerja Web Hosting / Webhost


Pada pengertian Web Hosting di atas kita sudah sedikit menjelaskan bagaimana cara kerja Web Hosting yakni dengan memberikan akses online ke pengunjung agar bisa membuka/mengunjungi website yang sudah kita simpan dalam server komputer online atau Webhosting.

Berdasarkan penjelasan niagahoster.co.id, ketika kita mengakses sebuah website (baik menggunakan IP Address maupun nama domain) melalui browser yang menggunakan network protocol HTTP/HTTPS. internet akan mengirimkan permintaan akses kepada server hosting / web hosting yang selanjutnya, server hosting akan mengirimkan informasi file yang diminta ke komputer melalui internet yang kemudian file yang diminta tersebut diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk tulisan dan gambar atau menampilkan wajah website dan link yang kita minta.

Berikut ilustrasi cara kerja web hosting berdasarkan ulasan dari niagahoster!


Jadi, ketika kita ingin mengakses suatu website, maka kita perlu mengetikkan alamat website tujuan pada browser. Kemudian permintaan kita melalui browser akan diteruskan internet ke server hosting (web hosting) untuk dieksekusi sesuai request user atau pengunjung.

Akhirnya respon server hosting (web hosting) melalui internet pengirim kembali permintaan kita ke browser. Hasilnya adalah browser akan menampilkan halaman website yang kita minta.

Bahkan jika halaman yang kita minta tidak tersedia biasanya website akan mengirimkan informasi kode error 404 yang umunya digunakan untuk menyatakan halaman yang kita minta tidak tersedia pada website yang kita kunjungi.

Sekarang akhirnya kita sudah paham apa itu Web Hosting / Webhost! Termasuk fungsi dasarnya dan manfaatnya untuk membuat dan menayangkan website kita secara online. Sekian teman semoga postingan ini bermanfaat untuk kamu.

Referensi: bukainfo.com dan niagahoster.co.id

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment