Type something and hit enter

author photo
Post by On
Ada apa dengan youtube? mengapa di awal tahun 2018 ini sepertinya makin ganas saja? Kini youtube lebih selektif dalam memilih Mitra youtube menjadi publisher adsense mereka!

Kebijakan dan peraturan baru youtube 2018 ini cukup membuat banyak youtuber resah, karena selain mereka harus mencapai jumlah tontonan channel hingga 4.000 jam dalam setahun youtube juga memberlakukan tiap channel youtube yang terus ingin bisa menayangkan iklan adsense di video mereka maka minimal kanal youtube mereka telah mencapi 1.000 subscriber.

Padahal beberapa tahun terakhir youtube juga telah mengeluarkan peraturan baru di tahun 2016 kemarin bahwa setiap channel youtube yang belum memiliki 10.000 views tidak lagi bisa menayangkan iklan adsense hingga channel youtube mencapai target view.

Artinya dengan perubahan baru ini di tahun 2018? Channel youtube apapun, baik yang sudah lebih dulu diterima dan sudah bisa menanyangkan iklan adsense di video youtube mereka akan di kick out bila channel mereka belum mencapai 1.000 subscriber. Artinya semua youtuber pasti galau bila hari itu tiba. Karena video mereka tidak lagi menayangkan iklan adsense.

Selengkapnya Baca: Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif

Kebijakan dan Peraturan Baru Youtube 2018 ini setidaknya memunculkan banyak pendapat dan spekulasi di antara para youtuber. Ada yang menilai ini secara positif ada juga yang menilainya terlalu sadis.
Gambar Oleh: Eno Bening (Thumbnail di Youtube Miliknya)

Melihat fenomena ini, saya tidak ingin berbicara jauh melainkan ingin menginterpretasi kemungkinan-kemungkinan dari akibat yang akan terjadi dengan adanya kebiijakan dan peraturan baru youtube 2018 ini.

Berikut beberapa kemungkinan yang akan terjadi bila peraturan tersebut diberlakukan:

1. Makin Susah Menjadi Youtuber (Partner Youtube) 2018


Jika kebijakan dan peraturan baru youtube 2018 ini diberlakukan maka akan makin susah seseorang untuk menjadi youtuber. Terutama bagi mereka yang ingin menjadi youtuber untuk berpenghasilan dan mengejar dollar melalui adsense youtube.

Sebab mereka akan dituntun untuk menciptakan konten selain original, bagus, berkualitas, dan populer. Mereka juga harus mampu mencapai target channel youtube 4.000 jam tontonan dengan 1.000 subscriber untuk bisa mengajukan diri sebagai partner youtube untuk bisa menayangkan iklan adsense.

Hal ini dipandang makin susah sebab di tahun-tahun kemarin, setiap orang yang ingin menjadi mitra atau partner youtube mereka hanya perlu membuat video, menguploadnya di youtube, di monetisasi, dan langsung bisa menayangkan iklan adsense. Dengan tidak memperhatikan jumlah subscriber dan persyaratan view. Sehingganya semboyan semua orang bisa menjadi youtuber itu tidak lagi berlaku.

2. Cari Uang dari Youtube Makin Susah


Jika kemarin-kemarin yang penting mengupload video yang populer dan mendapatkan jumlah tontonan yang banyak youtuber bisa mendapatkan uang? Maka jika peraturan baru youtube 2018 ini diberlakukan, maka mencari uang dari youtube tidak akan semudah beberapa tahun terakhir lagi.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Patut dicoba

Karena setiap youtuber yang tidak mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam kali tonton video di channel youtube mereka. Maka sebanyak apapun view video jika subscriber masih ratusan maka tidak ada lagi namanya mudah mendapatkan uang dari youtube di tahun 2018 ini.

3. Harapan untuk Bermain Adsense Youtube pun Pupus


Bagi seorang pemula yang ingin menjadi partner youtube 2018 dengan kebijakan dan peraturan baru ini. Setidaknya dia harus mempunyai formula khusus untuk bisa bersaing dan bisa menjalankan adsense di youtube 2018.

Jika tidak?

Dengan adanya peraturan baru youtube 2018 ini akan membuat banyak calon youtube menjadi hilang harapan untuk bermain adsense youtube. Terutama bagi mereka yang memang memanfaatkan youtube untuk memperoleh dan mendapatkan uang dari aktivitas online.

Apalagi kebijakan dan peraturan youtube yang sudah sangat ketat dalam menjaring dan menyeleksi partner dan mitra mereka. Ini akan memberikan rasa galau dan beberapa harapan akan jatuh. Pupus dan biasanya tidak lagi memiliki semangat ber-youtube ria dan ber-adsense ria.

Baca Juga:

4. Youtuber Akan Kehilangan Pendapatan dari Youtube


Apabila kemarin-kemarin dengan youtube seorang youtuber sudah mampu menerima pendapatan atau gaji perbulannya minimal $100 atau di atas itu. Maka di tahun 2018 ini dengan kebijikan dan peraturan baru youtube. 

Maka kemungkinan besar beberapa youtuber akan mengalami kehilangan pendapatan mereka melalui adsense youtube.

Hal ini terutama bagi youtuber yang memiliki banyak view video youtubenya. Tapi subscriber channel youtube miliknya belum mencapai 1.000 subscriber.

Paling rugi lagi terutama bagi youtuber yang baru mengumpulkan dollar di bawah $100 misalnya $90, $40 atau lebih kecil lagi.

Apabila video mereka tidak lagi menayangkan iklan maka uang di adsense mereka akan mendapatkan status tunda dan tidak bisa ditarik sebelum PO yang disyaratkan google adsense minimal saldo mereka sudah mencapai $100 baru kemudian bisa ditarik ke rekening pribadi.

5. Youtuber dengan Konten Reupload Akan Makin Tinggi dan Menggila


Akibat makin sulitnya menjadi partner youtube dengan harus memiliki 4.000 jam tontanan dalam waktu setahun dan harus memiliki 1.000 subscriber pasti membuat para Reuploader makin tinggi dan makin menggila lagi.

Hal ini dikarenakan konten-konten video yang populer di sosial media: youtube, vidio.com, viemeo, dll akan dicuri dan diupload kembali ke youtube guna mendapatkan banyak jam tontonan dan untuk mendapatkan banyak subscriber.

Ini akan dianggap solusi sebab menciptakan konten akan sulit untuk mereka, kecuali melakukan tindakan ilegal mencuri konten populer kemudian diupload kembali dan diubah dengan thumbnail yang keren dan terkadang tidak relevan dengan isi video. Asalkan mencapai banyak view dan menggaet banyak subscriber dengan cara-cara yang salah.

6. Spam Akan Dianggap Solusi Meningkatkan Subscriber dan Jumlah Tontonan.


Semakin sulitnya dan selektifnya youtube dengan peraturan barunya di tahun 2018 ini, terutama akan membuat banyak youtuber pemula menjadikan spam sebagai solusi untuk menggaet banyak subscriber dan jumlah tontonan video mereka.

Link-link spam akan ramai dan gencar-gencarnya dibagikan di sosial media dengan alibi untuk mendapatkan banyak subscriber dan penonton. Padahal ini salah sebab youtube juga akan menyelekasi dan meninjau setiap channel youtube yang akan bergabung dengan mereka.

Jika terindikasi melakukan spam? maka siap-siap saja untuk berpikir panjang. Youtube tidak aka segan-segan mengeluarkan dan tidak menyetujuai permohononan untuk menjadi partner mereka.

7. Konten Kreator Akan Makin Eksis dan Bersemangat


Untuk para Konten Kreator yang memang sedari awal membangun konten video yang original berdasarkan kreativitas mereka. Akan makin eksis dan bersemangat.

Alasannya banyaknya youtuber yang tidak bisa lagi menanyangkan iklan akan menjadi keuntungan para konten kreator. Hal ini dikarenakan potensi pendapatan menjadi konten kreator youtube akan semakin tinggi dikarekan kurangnya persaingan publisher adsense youtube.

Namun tetap saja hal ini apabila konten youtube atau channel yang dibangun telah memenuhi syarat juga mematuhi kebijakan dan peraturan baru youtube 2018.

8. Beralih dan Berfokus Kembali Menjadi Blogger

Sementara yang lain galau dan stress memikirkan bagaimana channel youtube mereka bisa mencapai 1.000 subscriber dengan jumlah tontonan kanal youtube mencapai 4.000 jam tontonan. Seorang youtuber yang memiliki profesi lain sebagai blogger akan beralih dan berfokus menjadi blogger.

Tentu saja hal ini apabila tujuannya untuk menjadi publisher adsense blog? Maka samahalnya dengan youtube ada tanggungjawab besar yang perlu dipikul. Kini youtube maupun blog sudah cukup sulit untuk menayangkan iklan google adsense. Kecuali jika tidak berharap hanya pada adsense saja.

Beruntung bagi mereka yang meiliki akun adsense non hosted atau full approved. Sebab dengan menjadi blogger dan menayangkan iklan adsense melalui blog merupakan solusi untuk terus berjuang dan mendulang pundi-pundi dolar melalui blog sebagai alternatif google adsense youtube yang sudah semakin sulit.

Dengan menjadi bloggerpun sebenarnya masih bisa untuk terus berkarya di youtube. Berproses dan berproses hingga kanal youtube (Channel Youtube) bisa mencapai target sesuai dengan kebijakan dan peraturan baru youtube 2018.

Intinya membangun jaringan pasti butuh proses dan kerja keras.

Meski demikian sudah semakin sulit menjadi youtuber. Kita harus tetap semangat dan berproses. Intinya selama video yang dibuat original, berkualitas, bermutu, tertarget, dan populer pasti potensi untuk mendapatkan 1.000 subscriber dengan 4.000 jam tontonan pasti akan tercapai. Ikhtiar dan Tetap Berdoa...

Sukses pasti akan ikut menghapiri kita yang berusaha... Stay Positif!

10 komentar

avatar

Mohon informasinya. Channel Pakar Tutorial punyaku dibuat Agustus 2017, dan sudah dimonetisasi sejak Oktober 2017. Untuk jumlah jam tayang sekitar 237.000 menit, namun untuk Subscribe masih jauh untuk sampai 1000.
Yang jadi pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan setahun ke belakang itu dihitung dari mulai dibuatnya channel atau dihitung durasi waktu dari Januari 2017?
Mohon pencercahannya bagai rekan-rekan, Terimakasih sebelumnya.

avatar

Hallo juga bro PakarTutorial yang dimaksudkan setahun adalah 12 bulan dimana itu dihitung sejak kanal youtube lahir atau dibuat. Intinya adalah umur kanal youtube yang minimal dalam proses pengajuannya setidaknya telah memiliki 4000 jam tontonan dari keseluruhan video dalam kanal youtube. Disusul dgn harus memiliki minimal 1000 subs. Sebenarnya tak penting berapa lama umur kanal youtube. Yang penting untuk bisa kembali menayangkan iklan kanal youtube sudah harus memiliki 4000 Watch time dan 1000 subscriber. Itu saja... semoga bisa tersampaikan maksudnya yah...

Terima Kasih sudah meninggalkan jejak di blog ini...

avatar

saya juga mau tanya mas dulu waktu cara daftarnya hanya 10.000 jam tayang saya daftarkan cuma salahnya saya daftar GA dengan akun yang sebelumnya sudah saya daftarkan lewat blog dan di tolak, dan saya daftarkan lagi lewat Youtube dan di tolak juga karena katanya ganda.
jam waktu tayang Youtube saya sekarang sudah 2.012 jam dan Subscrb nya hanya 132. dalam email dan ,monetisasi di katakan chanel akan otomatis di monitesasi setelah mencapai 4000 jm dan 1000 sbsrb
PERTANYAAN SAYA
Pertama apa nanti jika sudah mencapai batas segitu apa akun GA yang dulu saya daftarkan akan otomatis AktiF atau tidak.
kedua apa saya harus daftar lagi Ke GA ?
Ketiga apa saya harus daftar lagi dengan akun baru?
keempat apakah chenel saya tidak bisa lagi di daftarkan ke GA?

Maaf jika pertanyaannya terlalu panjangang

avatar

Pertanyaan Pertama apa nanti jika sdah mencapai batas 4000 watch time dan 1000 subs akun GA akan otomatis aktif? Sebelum sampai kesana dipastikan akun GA youtube sudah pernah menayangkan iklan atau belum pada pengajuan sebelumnya? Jika sudah pernah menayangkan iklan kemudian masuk pada peraturan baru youtube 2018 - berarti harus menunggun kanal youtubenya mencapai 4000 watch time dan 1000 subs. Sementara jika belum pernah menayanagkan iklan maka harus diajukan dan tinjau kembali oleh pihak google adsensenya.

Pertanyaan kedua dan ketiga: Apa saya harus daftar lagi GA dengan Akun baru? sebenarnya saat mengajukan GA melalui youtube tidak perlu melakukan pengajuan ulang.. hanya perlu menunggun kanal youtube memenuhi syarat pada aturan baru yg berlaku. kemudian pihak youtube bersama GA akan melakukan peninjauan yng mana bila memenuhi syarat makan kanal youtubenya akan secara otomatis dapat menayangkan iklan kembali...

Pertanyaan Ke empat: Apakah kanal youtube saya tidak bisa lagi di daftarkan GA? Kanal youtubenya tetap masih bisa diajukan ke GA asalkan kanal youtubenya telah memenuhi syarat 4000 watch time dan 1000 subs..

Jika sudah pernah mengajukan GA melalui youtube maupun blog, maka akun GA-nya sudah aktif. Hanya saja agar GA-nya dapat menayangkan iklan ke youtube dan blog yang dimiliki harus melalui proses tahap ke dua yaitu proses peninjauan oleh pihak google adsense terhadap blog dan kanal youtubenya sudah layak atau belum untuk bisa menayangkan iklan adsense. Intinya adalah baik blog maupun kanal youtube harus memenuhi kriterua dan aturan yang diterapkan oleh pihak Google Adsense. Saya kira demikian saudari @Anggraeni semoga bisa menjawab pertanyaannya...

Terima kasih sudah meninggalkan jejaknya juga di sini...

Sukses selalu...

avatar

Mas mau nanya, jika apabila sdh mencapai 4000 jumlah view dalam setahun dan sbc 1000 YT akan di iklankan oleh GA, yg sy tanyakan iklannya seperti apa dan bgimna cara ajukan jika sdh capai target

avatar

Hal sobat Gian Fikriansyah! Jika sebelumnya sudah pernah menayangkan iklan adsense sebelum dikenai aturan baru yang sekarang berarti harus menunggu target terpenuhi sesuai aturan youtube 2018 agara kanal youtube bisa kembali menayangkan iklan.

sementara jika belum pernah sama sekali menayangkan iklan adsense youtube. atau memang adalah kanal baru. Berarti harus mengajukan akun youtube ke adsense ketika target dan persyaratan sudah sesuai aturan yang diberlakukan youtube.

cara pengajuannya tetap sama. CUkup menghubungkan kembali youtube dengan adsense ketika kanal youtube sudah mencapai 4000 watch time dan 1000 subscriber..

seperti itu sobat...

Salam

avatar

Mas saya mau bertanya jika saya tidak mencapai target peraturan youtube apakah chanel saya di blokir atau di hilangkan dari youtube

avatar

Kanal youtube yang tida memenuhi syarat dimaksud adalah syarat untuk memonetisasi video youtube dengan iklan, atau tidak memenuhi syarat menayangkan iklan adsense. jadi kanal youtubenya tidak akan diblokir apalagi dihilangkan.

kanal youtube yang diblokir dan dihilangkan kecuali melanggar pedoman youtube terkait penyalahgunaan hak cipta digital, seperti pencurian konten, mengupload video orang lain, menggunakan audio maupun video orang lain tanpa memiliki izin..

hanya itu...

avatar

om mau tanya nih, taun 2014 sy udah acc adsense dan berhasil dimonetize youtube dan dapat earning 35$, tapi 4 tahun sy off, baru maen lg youtube skrng, apakah harus 4000jam sma 1k sub lagi baru bisa di monetize?
dan pin google adsenspun baru sy minta tahun 2018, sampe skrng udah 1 bulan blom sampe rmh T.T, trims

avatar

Iya sekarang kanal youtube sudah harus memiliki 1K subscriber dan minimal telah mencapai 4000 jam penayangan. Baru kemudian video youtube bisa di-monetize kembali.

Mengeni PIN Adsense, umumnya dikirimkan saat saldo adsense sudah mencapai di atas 10$, jika alamat dan nama diakun adsensenya jelas PIN pasti nyame saja.

Saya sendiri PIN Adsense saya terima sekitar 5 Bulan, itu pun dua kali melakukan permintaan PIN Adsense...

Jadi pastikan alamatnya benar! PIN Adsense insya allah pasti tiba di-alamat bersangkutan

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment