Type something and hit enter

author photo
Post by On
Saat melakukan blogging, kamu pasti memiliki tuntutan untuk diri kamu sendiri, bagaimana membangun blog menjadi lebih maju, berkembang, dan dapat dipercaya.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan, dari mulai melakukan riset artikel, membuat artikel, memostingnya di blog dan membagikannya di sosial media untuk dibaca banyak orang.

Isi artikel yang ditulis pun bisa beragam. Terkadang berisi tips, tutorial, ilmu pengetahuan, dan hal-hal lain yang diharapkan mampu untuk memberikan informasi bermanfaat kepada pembaca.

Selain itu kamu juga pasti berpikir apakah perlu blog kamu nantinya menggunakan domain khusus? Misalnya saja dengan membeli domain premium?

Kamu bisa membeli domain premium tersebut dengan harga yang cukup terjangkau di salah satu Web Hosting Indonesia seperti exabytes.co.id, domain saya orangtaliabu.com adalah salah satu domain yang saya beli dari exabytes.co.id
kenapa blog perlu domain TLD?

Bagi kamu yang masih dilema atau ragu menggunakan domain premium untuk blog kamu, berikut akan saya paparkan beberapa alasan mengapa kamu perlu menngunakan domain premium (TLD) untuk blog yang kamu miliki.

6 Alasan Penting Kenapa Blog Perlu Domain Premium TLD


1. Untuk Meningkatkan SEO Blog / Website

Alasan pertama mengapa kamu perlu memilih domain premium untuk blog kamu, dikarenakan perlunya optimasi blog untuk menjadi lebih SEO dari sebelumnya.

Menggunakan domain premium akan membuat mesin pencari seperti google memberikan perhatian khusus dan menjadikan blog menjadi prioritas untuk mudah terindex di mesin pencari. Hal ini dipercaya banyak kalangan termasuk praktisi SEO dan blogger profesional lainnya.

Ini dikarenakan domain premium dipercaya mampu memberikan pengalaman baik bagi pengunjung serta bisa mendapatkan penghargaan dari mesin pencari dalam menilai keseriusan seorang blogger dengan blog yang dimilikinya. Potensi itu kemudian dimanfaatkan oleh blogger untuk dengan mudah blog mereka terindex di mesin pencari. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan blog menjadi lebih SEO dari sebelumnya.

2. Untuk Gampang Diingat Pengunjung

Coba dipikir-pikir penting nggak sih jika domain yang kamu gunakan di blog kamu itu menjadi mudah diingat karena unik dan tidak terlalu panjang?

Dengan alasan tersebut maka membuat dan menggunakan domain khusus untuk optimasi domain name blog kamu akan sangat bermanfaat terutama untuk memperpendek domain name dengan menggunakan domain name khusus supaya blog kamu nantinya mudah di ingat oleh pengunjung.

Hal ini akan berdampak baik. Sebab jika suatu waktu pengunjung ingin mengunjungi blog kamu nantinya mereka akan dengan mudah masuk ke blog kamu hanya dengan memasukan domain blog di tab url browser atau pada pencarian.

3. Untuk Membangun Kepercayaan Pengunjung

Memiliki dan menggunakan domain premium, akan membuat blog kamu menjadi lebih diperhatikan pengunjung dan berpotensi mendapatkan kepercayaan. Hal ini tidak lain dikarenakan sebuah domain premium akan terkesan lebih profesional dan cenderung lebih menjadi prioritas pembaca ketimbang harus mengunjungi blog atau website yang masih menggunakan domain gratisan.

4. Untuk Keperluan Identitas dan Brand

Alasan penting lainnya mengapa memilih menggunakan domain premium, yakni untuk keperluan identitas dan brand. Hal ini masih erat kaitannya dengan poin nomor 2 di atas. Mengenai domain name supaya mudah diingat oleh pengunjung.

Keperluan identitas ini tidak hanya untuk membangun brand melainkan menunjukan keberadaan blog seacara jujur, dengan memperkenalkan blog dengan sebuah nama unik, khusus, dan hanya dimiliki oleh kamu.

Hal ini dikarenakan setiap orang tidak bisa mendaftarkan dan menggunakan domain name (nama domain) yang sama. Identitas inilah yang kemudian memberikan perbedaan antara blog yang kamu miliki dengan blog orang lain.

5. Untuk Membangun Keprofesionalan, Keseriusan, dan Tanggung Jawab

Sadar atau tidak sadar ketika kamu telah menggunakan domain premium. Respon diri kamu akan banyak terarah secara positif.

Dimana mau tidak mau, terpaksa atau tidak terpakasa, dan bagaimanapun caranya kamu akan berusaha membangun keprofesionalan, keseriusan, dan tanggung jawab dalam aktivitas blogging kamu nantinya.

Ini dikarenakan secara positif kamu akan tersugesti untuk menghargai domain premium dan identitas blogmu yang baru. Supaya nantinya kamu bisa menjadikan blog sesuai ekspetasi yang dipikirkan pengunjung dan pembaca blog. Karena secara pasti, kamu tidak ingin membuat pembaca blog kamu kecewa dengan apa yang mereka temukan nantinya.

6. Untuk Kemudahan dalam Pengajuan Sebagai Publisher Google Adsense Non Hosted

Alasan lain mengapa blog perlu memilih dan menggunakan domain premium adalah kemudahan untuk mengajukan blog ke google adsense.

Semua blogger pasti tahu bahwa untuk bisa menghasilkan uang dari aktivitas blogging salah satunya adalah menjadikan blog yang dimiliki sebagai publisher google adsense. Dan tentu saja untuk proses pengajuan yang berpotensi untuk diterima adalah dengan menggunakan domain yang sudah premium.

Selain itu, bila diterima dan disetujui oleh google adsense kamu akan mendapatkan akun adsense non hosted yang bisa dipasangkan ke semua blog yang kamu miliki baik blog yang masih menggunakan sub domain gratis maupun yang sudah menggunakan domain name premium kelas atas.

Jadi memiliki domain premium untuk blog itu sangat penting guna membuat blog dan aktivitas blogging menjadi lebih mengasyikkan dan bermanfaat baik untuk pengunjung blog dan pemilik blog. Bagaimana pendapat kamu?

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment