IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Beberapa waktu lalu saya masihlah seorang pengguna Windows 7 namun oleh saran seorang teman saya diajak untuk mengupgrade OS saya ke Windows 10 katanya itu adalah versi windows terbaru dan terupdate.

Menggunakan windows 7 itu sudah jadul menurut dia. Namun setelah menginstaal dan menggunakan Windows 10 saya tidak tahu mengapa dan apa alasanya sehingga saat saya melaukan Restart dan hendak masuk ke BIOS di laptop saya dengan cara biasa (Umumnya menekan F2, F12, Delete) atau yang serupa malah laptop saya sama sekali tidak bisa masuk ke BIOS.

Apa masalahnya sehingga laptop saya tidak bisa masuk ke bios? apakah laptop saya mengalami masalah? padahal saya tidak pernah merasa mengubah setingan bios sedemikian rupa. Umumnya saya mengubah bios hanya untuk keperluan installasi OS saja! Seperti mengatur booting melalui flashdisk maupun CD Room.


Entah mengapa jadinya akhirnya saya mencoba untuk mengeluhkan kegalauan saya dengan bertanya kepada sang empu pemberi informasi dan guru besar masyarakat modern. Melalu mbah google saya mengetik pencarian dengan keyword: Solusi Tidak Bisa Masuk Bios Laptop.

Setelah melakukan pencarian dan baca beberapa artikel yang ditampilkan di hasil pencarian google. Saya menemukan beberapa penjelasan diantaranya: Penyebab komputer atau laptop tidak bisa masuk BIOS umumnya didapati pada pengguna baru yang mengupgrade sistem operasi (OS) mereka ke versi teratas seperti Windows 8 dan Windows 10 dari yang semulanya adalah Windows 7 atau versi lebih jadulnya lagi.

Usut punya usut ini dikarenakan pada Windows 8 dan Windows 10 kinerja Booting atau waktu menghidupkan laptop maupun komputer ditingkatkan menjadi lebih cepat dibadingkan dengan Windows di bawahnya. Hal inilah kemudian yang secara otomatis membuat sistem mematikan fungsi BIOS dikarenakan saat menghidupkan Windows 10 laptop kita langsung dalam keadaan ON tanpa melalui fase pembacaan pada Bios laptop kita. Sehingga tidaklah begitu mengherankan bilamaana fungsi F12, F2, Delete, pembuka BIOS dimatikan secara paksa oleh sistem Windows itu sendiri.

Sebenarnya dengan Fungsi tersebut memberikan pelayanan yang bagus bagi kita sebagai pengguna Windows! Karena kita tidak perlu menunggu begitu lama hanya untuk menghidupkan komputer maupun laptop yang kita miliki.

Hanya saja kendala terbesar adalah ketika nantinya kita akan mengganti OS atau hendak melakukan Installasi Dual Boot antara Windows bersama Linux misalnya, atau melakukan Install Ulang misalnya maka ini akan menjadi kendala. Oleh karena itu berikut ini adalah solusi bagi teman-teman yang laptop atau komputernya tidak bisa masuk ke BIOS terutama pada Laptop dan Komputer yang telah menggunakan Windows 8 maupun Windows 10 terupdate dan terbaru saat ini.

Solusi Bagi Laptop yang Tidak Bisa Masuk Bios di Windows 8, 8.1, dan Windows 10

Di atas sudah dijelaskan bahwa kendala utama tidak dapat masuk Bios pada Laptop atau Komputer yang terinstall Windows 10 dikarenakan sistem Windows mengunci dan Mematikan BIOS secara paksa. Sehingga sistem saat dihidupkan melalui tombol power akan langsung ON ke Windowsnya tanpa melalui proses melewati pembaca BIOS Komputer kita.

Untuk mematikan Fungsi tersebut kita harus masuk ke Windows 10 terlebih dahulu dan melakukan setingan dari sistem. Silakan kamu ikuti tutorial di bawah ini!

1. Klik Kanan Icon Baterai di Menu Taskbar lalu pilih "Power Options"


2. lalu Pilih dan Klik " Choose What The Power Button Dose" (Terletak di sebelah kiri)


3. Setelah itu silakan Pilih dan Klik lagi "Change Settings That are Currently unavailable" lihat seperti gambar.


4. Lalu lihat pada Menu Shutdown Settings di sana silakan Hilangkan Ceklist "Turn on fast startup" lalu silakan disimpan pengaturan tersebut dengan memilih "Save Changes"


Sekarang setelah melakukan beberapa perubahan sesuai intruksi dan proses di atas! Silakan coba matikan atau restart komputer atau laptop teman-teman dan cobalah untuk masuk BIOS seperti biasa.

Cara ini telah berhasil dilakukan dan dites pada Windows 10, ini dikarenakan saat saya membut tulisan ini. Saya mengalami masalah masuk BIOS setelah menginstal Windows 10. Padahal saya sebelumnya adalah pengguna Windows 7 yang cukup enggan ketika harus pindah dan upgrade ke Windows 10. Tapi sekarang saya telah cukup senang memiliki sebuah laptop dengan Windows 10 di dalamnya.

Selamat mencoba cara ini! Jika kamu berhasil menggunakan cara yang sama dengan saya lakukan silakan berikan kesan atau komentar anda dalam blog ini! Sehingga saya bisa terhibur ada yang terbantu dengan tulisan ini.

Info: Tutor di atas saya jalankan pada Windows 10 Lite yang saya peroleh dari mas kuyhaa di blog miliknya. Oleh karena itu bisa jadi permasalahan di atas akan  berbeda dengan versi windows lainnya. Namun jika kamu menemukan masalah yang sama. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment