Type something and hit enter

author photo
Post by On
Pertama kali saat saya mengenal blog dan melakukan blogging seperti sekarang ini. Saya selalu berpikir bahwa blog yang keren dan bagus adalah blog yang berkualitas. Sehingganya mulailah saya bermain-bermain dengan blog terutama urusan mendesain template blog biar menjadi lebih keren dan jadi menarik.

Sehingga ini membuat saya hampir setiap hari kesibukannya hanyalah mencari berbagai referensi di internet mengenai cara membuat blog, cara memodifikasi blog jadi keren, cara memperindah blog, cara mendesain blog hingga bagimana cara mempercantik blog untuk menarik pengunjung. Termasuk mencari cara membut blog agar blog yang dibuat terlihat seperti website. Padahal blog sebenarnya adalah sebuah website personal. Hanya saja cara membuat blog lebih mudah ketimbang harus membuat website.

Meski ada beberapa perbedaan antara blog dan website. Secara umum kita mengenal blog dan website sebagai sebuah sistem berbasis web yang berupaya membagikan konten dan informasi melalui media online. Ini menurut saya! kamu mungkin punya tanggapan atau bantahan lain. Tapi baiklah kita acuhkan itu terlebih dulu.
haruskah blog memiliki tampilan menarik?
Kita kembali lagi pada kenangan saya saat pertama blogging, menjadi pecandu dan seorang blogger yang bisa dibilang telah banyak membuang-buang waktu yang tidak berguna. Terutama dulunya malah lebih banyak meluangkan waktu hanya untuk mengubah-ngubah tampilan blog dengan alasan supaya blog saya menjadi menarik, enak dipandang, dan unik. Sehingga blog nantinya akan memiliki banyak pengunjung.

Namun pada kenyataannya pemikiran atau pemahaman tersebut salah.

Sebab terlalu banyak mengurus template blog dengan alasan agar blog terlihat cantik, keren, menarik, maupun unik bukan menjadi dasar dan patokan seorang blogger. Melainkan itu adalah sedikit tambahan yang dapat dibilang penting tapi tak penting-penting amat. Sebab urusan paling penting lainnya adalah menciptakan konten dan memperkaya is blog yang sedang kita kelola.

Baca Juga:

Terlalu sering atau sibuk dalam mengatur dan mendesain template blog agar menjadi lebih menarik adalah sebuah paham yang keliru. Sebab kita malah akan kehilangan banyak waktu dan tidak memiliki kesempatan untuk menulis artikel dan mengisi konten di blog. Akhirnya pekerjaan kita selama blogging menjadi sia-sia dan tidak mendapatkan apa-apa.

Meski memang benar bahwa tampilan blog yang keren dapat menunjang pengunjung nyaman dalam blog kita. Tetapi itu bukanlah salah satu faktor yang mampu memberikan blog anda nutrisi yang bagus sehingga bisa menarik banyak pengunjung mendatangi blog yang kamu sudah desain sana sini, bongkar di sana, bongkar di sini, dengan harapan blog kamu menjadi sangat bagus, sangat indah, menarik atau apalah alasannya semua itu bukan solusi untuk blog mendapatkan banyak pengunjung.

Alasan-alasan di atas inilah kemudian yang mengilhami saya untuk menulis ini, berbagi sekaligus curhat mengenai pengalaman saya tersebut. Sebab ada yang lebih penting dibandingkan meluangkan banyak waktu untuk menggonta-ganti dan mengubah-ngubah template/tampilan blog.

Sebelum melanjutkan saya ingin menyampaikan bahwa saya tidak melarang atau menganggap tidak penting blog yang tampilan menarik, melainkan saya hanya beranggapan bahwa jika kita terlalu sibuk mengurus tampilan blog maka kapan kita akan mengisi konten blog kita? kapan kita akan sibuk dan memperhatikan bagimana blog kita memiliki konten yang berkualitas? Tentu ini seharusnya menjadi pertanyaan utama bilamana tujuan blogging kita malah mengarah ke arah yang sebenarnya penting namun tidak terlalu penting dikerjakan karena membuang banyak waktu berharga kita.

Baiklah sekarang mari kita berdialog atau berpikir dalam menjawab pertanyaan ini! Haruskah! blog memiliki tampilan yang bagus dan menarik?

Jawab: Sebelum menjawab harus atau tidak harus! saya lebih tertarik pada kata menarik! Bagaimana tidak? sebab menurut saya poin utama dari permasalahan di atas adalah pengertian menarik, indah, dan unik itu yang biasanya menjadi sasaran utama sehingga kita sebagai blogger menganggap ini begitu penting. Sehingga merasa sebuah blog harus memiliki tampilan menarik, unik, bagus, dan cantik padahal semua itu relativ.

Kita sama-sama tahu bahwa yang namanya bagus, cantik, ataupun menarik itu adalah sebuah persepsi atau pandangan orang masing-masing.

Kita ketahui bahwa setiap individu dari kita akan menilai sesuatu berdasarkan perspektif mereka masing-masing. Sehingga bilamana kita merasa blog kita sudah bagus, cantik, dan keren! Jangan dulu berpikir dan beranggapan itu menarik juga bagi orang lain atau bagi pengunjung blog kita.

Sebab ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam tampilan blog kita termasuk bagaimana nuansanya bagi pengunjung.

Apakah mereka merasa nyaman dengan blog yang telah kita rombak sedemikian rupa?

Bisa jadi mereka malah tidak betah untuk berlama-lama di blog kita karena anggapan mereka blog kita malah terlalu membuat mereka risih dan bingung.

Sehingganaya poin inti dari permasalahan ini adalah membuat blog menjadi menarik atau cantik bukan dari perspektif kita saja, melainkan kita harus mencari berbagai referensi mengenai menarik itu! Harus seperti apa? apakah cantik? berwarna-warni, bergerak-gerak, dan memiliki banyak animasi di dalamnya? atau kira-kira seperti apa?

Oleh karena itu berikut tanggapan saya mengenai menarik itu seperti apa seharusnya bagi blog!

1. Manarik itu: Blog Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Visi dan Misi yang jelas adalah bagiamana sebenarnya blog kita nanti akan diarahkan kemana? Termasuk informasi apa yang akan kita bagikan dalam blog yang telah kita miliki itu.

Visi dan Misi blog ini umumnya dikenal blogger sebagai istilah niche atau konten blog yang memiliki keunikan atau ciri khasnya sendiri. Salah satunya adalah membahas sebuah topik yang yang sangat penting dan tidak mencampuradukkan segala sesuatu menjadi satu sehingga teerlihat menjadi gado-gado dan membingungkan pengunjung.

Misalnya jika kita membuat blog dengan tujuan membagikan informasi kesehatan atau tips kesehatan! Maka akan sangat salah bilamana artikel di dalam blog kita akan muncul tulisan-tulisan yang tidak berhubungan dengan kesehatan! Seperti tutorial komputer, tutorial blogging atau bahkan tutorial dari cara memasak.

Jadi Visi dan Misi yang jelas dari sebuah blog akan memberikan pengaruh positif dari blog yang kita buat!

Sehingganya kita harus menentukan kategori blog atau label blog dari tiap artikel yang kita buat dengan benar dan terkonsep. Sehingga pengunjung blog kita akan digiring pada artikel-artikel yang berhubungan dengan salah satu topik yang ada di blog.

Sebaiknya gunakan kategori yang masih berhubungan dan tidak jauh-jauh dari topik atau niche blog yang kita kembangkan dan paling kita utamakan.

2. Menarik itu: Blog Memiliki Antarmuka Sederhana, Rapih dan Bersih

Tidak perlu terlalu indah! Apalagi membuat blog menjadi keren sesuai keinginan kita saja.

Apalagi jika blog kita malah dihiasi oleh manik-manik atau widget animasi yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk digunakan. Sebab itu bisa jadi hanya menarik untuk kita tapi tidak menarik bagi pengunjung. Sehingganya kalau mau berpikir lebih jauh hal ini secara tidak langsung akan mengganggu pengunjung.

Mau utamakan pengunjung atau diri kita sendiri? - Pilihan...

***

Membuat blog memiliki antarmuka sederhana dan memiliki tampilan yang bersih lebih disarankan! Misalnya putih dengan warna yang serasi dan tidak terlalu mencolok seperti warna gelap, hitam, dan warna-warna dark yang akan membuat blog tampak seram atau menganggu mata saat orang membacanya.

Dari itu  membuat blog memiliki tampilan yang bersih dan rapih sebaiknya lebih diutamakan ketimbang menambah-nambah widget tidak berguna yang hanya akan membuat blog kita malah makin terlihat berantakan dan awut-awutan.

Jadi perhatikan kenyamanan pengunjung apakah mereka nyaman dan tidak terganggu dengan beberapa widget yang kita pasang? atau malah itu memberikan ketidaknyamanan bagi mereka?

So mulailah untuk menjadi sederhana dan menghadirkan nilai-nilai kesederhanaan itu dalam blog yang kita miliki! Sebab sesuatu yang berlebihan maka akan lebih terlihat mencolok dan tidak akan menjadi menarik lagi.

3. Menarik itu: Blog Memiliki Navigasi Menu yang jelas dan Mudah untuk diikuti

Masih berhubungan dengan poin dua yang saya sebutkan di atas! Navigasi Menu untuk sebuah blog sangat mempengaruhi antarmuka atau tampilan blog kita.

Oleh karena itu yang harus kita pikirkan adalah bagaimana membuat label atau kategori postingan dan menempatkannya sesuai kategori. Sehingga membuat pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel berdasarkan minat dan keinginan mereka.

4. Menarik itu: Blog Memiliki Fungsi Responsive dan Mendukung SEO

Kalau kita adalah ahli dalam permasalahan ini, maka ini tentu akan kita anggap sangat penting! Tetapi bagi kita yang tidak mengerti istilah Responsive atau SEO pada sebuah template blog yang kita miliki. Sebaiknya jangan membuang-buang waktu kita untuk banyak mengubah dan meodifikasi template yang kita miliki saat ini. Kecuali kamu memang memiliki tujuan untuk belajar dan supaya bisa membuat template blog sendiri yang responsive nantinya.

Oleh karen itu solusi dari masalah ini adalah sebaiknya kita menggunakan template gratis atau kalau memiliki sedikit dana! Maka belilah satu saja template blog yang premium dan menurut kamu itu baik dan memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah navigasinya untuk pengunjung blog kamu nantinya.

Intinya carilah template blog yang telah memiliki fungsi responsive dan telah mendukung SEO.

Template blog dengan fungsi responsive dibutuhkan untuk membuat pengunjung kita nyaman dalam membaca artikel di blog kita. Terutama saat mereka membacanya melalui tablet, handphone, atau smartphone yang mereka miliki.

Kenyamanan adalah kunci dari kata menarik itu menurut saya tanpa harus ada penjelasan panjang lebar lagi! Sementara SEO adalah template blog yang telah ramah terhadap algortima google dan memiliki loading yang cukup cepat dan ringan sangat baik untuk mendongkrak artikel maju pada posisi dan rangking teratas di search engine.

Kesimpulan!

Dari ulasan-ulasan di atas ada beberapa kesimpulan yang dapat kita tarik diantaranya adalah:
  • Mendesain template blog yang menarik adalah dengan membuat blog itu menjadi ramah bagi pengunjung, terutama memiliki tampilan sederhana dan bersih sehingga pembaca blog akan merasa nyaman ketika membaca artikel yang kita tulis dan yang kita postkan di blog kita. 
  • Blog harus memiliki antarmuka yang sederhana dan navigasi menu yang jelas sehingga akan memudahkan pengunjung dalam menelusuri artikel yang ada di blog kita berdasarkan minat baca mereka. 
  • Tampilan blog yang responsive merupakan solusi lain  dan sangat penting untuk memberikan kenyamanan pengunjung blog terutama dalam membaca artikel di blog kita dengan berbagai gadget dan media yang mereka gunakan! Seperti tablet, PC, dan smartphone. Blog yang tampilannya dapat menyesuaikan kondisi dengan media yang pengunjung gunakan akan memili kesan positif bagi pengunjung blog kita. 
  • Daripada kamu sibuk hanya untuk mengurus desain template mengenai ini itu dan hanya akan banyak menguras waktu kita nantinya. Maka lebih baik mencari template gratisan atau membeli template premium yang sudah responsive, memiliki antarmuka yang friendly dan mendukung SEO akan lebih bijak. Kecuali kalu kamu memang inginnya menjadi atau sedang belajar supaya bisa membuat template blog secara mandiri nantinya. 

Mungkin masih banyak alasan termasuk sanggahan kontra dari ulasan di atas. oleh karenanya jika kamu memiliki pendapat dan beberapa persoalan yang perlu kamu sampaikan! Maka silakan untuk berkomentar dan semoga kita bisa berdiskusi santai dalam menanggapi dan memberikan saran serta pengalaman masing-masing dalam dunia blogging yang indah ini. Happy blogging...

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment