IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Cara Agar Video Youtube Banyak yang Nonton – Halo vlogger dan youtuber! Bagaimana? Apakah kamu telah menikmati gurihnya adsense dan dollar yang kamu dapatkan melalui vlog kamu di youtube? Jika kamu sudah menikmati dan memperoleh uang dari pencapaian kamu sebagai youtuber vlogging! Kamu pasti tidak akan nyasar dalam tulisan ini.

Kebanyakan teman-teman pembaca yang mampir ke blog ini adalah calon-calon pemburu dollar yang tertarik dengan teknik dan tips menarik mengenai cara mendapatkan uang dari intenet dengan memanfaatkan youtube.

Namun beberapa orang di antara mereka nyatanya masih ada yang bingung terhadap page one youtube. Mereka belum memiliki konsep yang jelas agar video youtube mereka tampil paling atas dan dilihat banyak orang.

Membuat video youtube mudah dicari  memang sulit. Namun bagaimanapun itu sebagai seorang youtuber yang ingin sukses. Dia tidak harus menyerah dan terus berusaha termasuk mencari cara bagaimana mendapatkan viewer banyak di youtube miliknya.


Jadi agar video youtube kita ada dihalaman pertama kita harus terus berjuang dan berproses meski itu sulit.

***

Kita juga sadar bahwa di luar sana pasti beberapa youtuber ada yang putus asah dan mulai berhenti membuat video, ada yang malah terpaksa melakukan reupload atau mencuri konten video orang lain lalu di uploadnya ke channel youtube miliknya. Bahkan ada yang mulai serakah melakukan banyak cara dengan menyebarkan spam pada kolom komentar di channel youtube orang lain yang banyak penontonnya.


Melihat hal ini saya akhirnya berpikir kita tidak seharusnya membahas dan berbicara mengenai cara membuat vlog yang bisa menjaring banyak penonton saja. Sebab ada banyak faktor yang perlu kita perhatikan dan pertanyakan terkait persoalan ini. Terutama bagi kamu atau siapapun yang ingin menjadi youtuber yang sukses dan memiliki penghasilan online dari sana.

Pertanyaan tersebut sangat erat kaitannya dengan layak tidaknya vlog yang kita buat di youtube sehingga banyak orang yang mau dan hendak menonton video yang kita buat.

Oleh karena itu ada beberapa poin yang perlu kita minimalisir dan kalau perlu dihindari. Beberapa permasalahan tersebut adalah:

1. Jangan Mencotohi dan Membuat Video Yang Memiliki Judul, Isi dan Informasi yang Sama

Sebagai seorang yang akan serius menggeluti dunia vlogging untuk memperoleh pendapatan online dan gaji dari google tiap bulannya. Seharusnya kita sadar bahwa sebagai pemain google adsense kita tidak seorang diri. Di luar sana ada banyak vlogger seperti kita, yang juga mencari rejeki yang sama dengan cara sama seperti yang kita lakukan.

Pertanyaannya!

Apakah kita akan meniru gaya dari setiap vlog yang pernah kita lihat? Membuat konten yang mirip seperti yang vlogger lain buat? Atau ikut membuat video yang sama persis dengan vlogger lain buat?

Misalnya:

Jika Vlogger A membuat video Unboxing dan Review Jam Tangan Canggih? Apakah kita akan ikut membuat video yang serupa dan sama yaitu membuat video Unboxing dan Review Jam Tangan Canggih juga?

Jika Vlogger B membuat konten Video Tutorial Photoshop Menghapus Backround Foto! Apakah kita akan membuat video tutorial yang serupa juga?

Jawabannya:

Kamu harus berbeda dengan apa yang mereka buat!

Intinya jika kita hanya mencontoh dan membuat sesuatu yang sama persis dengan yang telah orang lain buat? Maka apa untungnya penonton lain menonton vlog kita lagi, sementara informasi yang mereka cari telah mereka temukan pada vlog orang lain yang sudah lebih dulu dari kita?


Kita memang boleh saja membuat konten yang serupa tapi jangan buat yang sama dengan yang sudah dibuat orang lain. Intinya judul, isi atau informasi yang kamu bagikan harus memiliki perbedaan. Jadi kita tidak berbicara tentang karakter kita sebagai vlogger melainkan informasi yang kita bagikan harus bisa dipastikan berbeda dengan informasi yang vlogger lain bagikan. Konten boleh sama tapi judul, isi atau informasinya setidaknya harus berbeda.

2. Bagaimanakah Kualitas Visual dari Vlog yang Kamu Buat?

Sudah baguskah kualitas visual dari vlog yang kamu buat? Berbicara tentang kualitas video kita tidak hanya berbicara mengenai bermutu dan tidak bermutunya pesan dan informasi yang disampaikan dalam vlog yang dibuat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagaimana visual video tersebut apakah memiliki kualitas gambar yang cukup jernih dan tajam? Jangan-jangan malah membuat penonton sakit mata melihatnya. Belum lagi apabila ditambah dengan audio atau suara video yang tidak jelas dan lebih banyak brisiknya daripada isinya.

Permasalahan seperti ini harus kamu temukan solusinya terlebih dahulu. Saya mungkin bisa saja menyarankan kamu untuk membeli ini dan itu. Tetapi saya berpikir tidak ada hak saya untuk menganjurkan kamu membeli produk yang mahal demi menciptakan vlog yang memiliki visual yang bagus. Karena kamu harus memikirkannya sendiri sehingga menemukan solusi tersebut yang disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

3. Vlog atau Konten Jenis Apa yang Kamu Buat di Youtube?

Kamu pasti sangat mengenal diri kamu itu siapa? Entah kamu seorang figur penting, artis, orang terkenal atau malah bukan siapa-siapa. Kamu yang lebih tahu itu semua.

Mungkin kedengarannya agak kasar. Tapi mengenal diri sendiri adalah poin yang paling penting dan merupakan salah satu faktor berpotensi tidaknya vlog kamu itu menjaring banyak penonton.

Jika kamu seorang figur penting, artis, orang terkenal, dan memiliki banyak fans. Maka dengan hanya membuat vlog pribadi seperti aktivitas dapur, aktivitas rumah, aktivitas ke sekolah, serta hal-hal konyol lainnya termasuk pencitraan sekalipun, vlog kamu pasti akan banyak penontonnya karena kamu sejatinya sudah memiliki nama dan terkenal di mata masyarakat dan komunitas.

Sementara jika kamu bukan siapa-siapa? Terkenal hanya dalam keluarga dan hanya di beberapa teman dan komunitas kecil. Maka kamu harus punya metode lain untuk mencapai yang kamu cita-citakan itu.

Beberapa di antaranya kamu harus menganggap haram dan menjauhi membuat vlog pribadi mengenai keseharian kamu. Sebab pertanyaan pertama siapa sajakah orang yang tertarik dengan kehidupan kamu sehari-hari?

Untuk menyiasati ini! Kamu harus membuat vlog pribadi yang tidak merekam momen keseharian kamu yang tidak terencana dan tidak ada nilai wownya di mata penonton. Misalnya siapa yang akan tertarik dengan aktivitas kamu di dapur? Aktiivitas kamu jalan sore? Aktivitas kamu berenang? Dll siapa yang akan tertarik?

Oleh karena itu kamu harus membuat yang beda dan tidak garing. Salah satu siasat yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan hal extreme dan tidak biasa kamu lakukan sehari-hari.

Misalnya dengan membuat vlog experimen sosial, membuat vlog prank yang menantang batas ketakutan kamu. Serta hal-hal gila yang malu dan takut dilakukan banyak orang. Namun syarat yang harus kamu penuhi adalah hindari membuat vlog dengan tantangan extreme yang menantang nyawa seperti yang dilakukan artis media sosial wang yongning di china yang akhirnya aktivitas extremenya itu merenggut nyawanya.

Sementara hal yang paling terakhir jangan sampai kamu mencederai nilai-nilai agama, norma dan budaya sebab itu hanya akan merusak citra diri kamu sendiri. Meski kamu beranggapan yang kamu lakukan benar.

Ingat semua orang memilki pendapat dan penilaiannya sendiri-sendiri.

Terlebih mengenai mencederai nilai agama adalah poin yang harus diperhatikan hati-hati. Saya sengaja menyentil persoalan ini bukan tanpa alasan. Sebab banyak orang yang menjadikan agama sebagai tameng untuk membenar-benarkan diri mereka, termasuk menjadikan agama sebagai produk yang bisa membuat mereka mudah mendapatkan rating ketenaran di media online. Apapun itu hanya Tuhan yang tahu apa yang dilakukan umatnya termasuk apa yang ada di hati dan di pikiran mereka. Menghindari dan jangan merasa paling tak bersalah.

4. Sudah Berapakah Jumlah Video atau Vlog Kamu di Youtube?

Jika kamu baru membuat satu atau sepuluh vlog di channel youtube kamu. Jangan langsung menganggap dan berharap kamu sudah bisa memililki pendapatan online dari youtube setiap bulannya.

Ada banyak proses yang harus kita lewati, termasuk bagaimana menciptakan konten yang memiliki kualitas isi, informasi yang bermanfaat, menghibur, dan terpenting memiliki kualitas visual yang baik.

Membuat konten multimedia audio visual memang tidak seperti membuat konten dalam website dan blog. Oleh karena itu aspek visual yang sangat penting untuk lebih diunggulkan pada konten vlog kita.

Baca Juga: Pilih mana Jadi Blogger atau Youtuber

Terlebih lagi mengenai jumlah konten vlog yang kamu ciptakan sudah berapa banyakkah yang ada? Jika yang dimiliki baru beberapa maka teruslah untuk meningkatkan jumlah konten vlog kamu. Sebab jika satu video saja kamu telah mampu memperoleh dua hingga 3 dollar maka berapa dollarkah jika vlog yang telah kamu buat itu ada banyak? Intinya menjual banyak produk pasti akan memiliki banyak pendapatan.

5. Originalkah Video atau Vlog Yang Kamu Buat?

Poin ini sengaja ikut saya tambahkan sebagai poin penting. Dikarenakan banyak dari pemain youtube adsense malah berakhir dengan menghalalkan banyak cara untuk memenuhi konten vlog yang banyak di channel youtube mereka dengan cara mencuri atau upload ulang video orang lain. Padahal cara ini sebenarnya salah dan dilarang oleh pedoman youtube dan peraturan google adsense.

Jika konten kamu nantinya terdeteksi melanggar maka akun kamu akan berakhir dan dicekal. Selain itu pendapatan kamu yang terkumpul di akun adsense yang dimiliki akan ditarik kembali oleh pihak google. Karena kamu telah dinilai curang dan mencuri konten vlog miliki orang lain.

Selain itu video hasil curian atau reupload tidak akan mendapatkan jumlah pengunjung dan penontong yang banyak. Hal ini dikarenakan youtube dengan sistemnya akan lebih menguatamakan konten yang original untuk menempati posisi teratas pada search engine-nya.

Kalaupun kamu beruntung dan tidak mendapat penyekalan dan dikenai pelanggaran. Maka coba dipikirkan bagaimanakah pendapatan yang kamu peroleh itu? Apakah itu halal?

Saya tak menganjurkan dan memerintah untuk mengikuti yang benar. Semua orang memiliki hak dan pilihannya sendiri. Tetapi untuk seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab pasti akan sangat menghargai karya dan vlog orang lain.

6. Sudah Benarkah Cara Promosi yang Kamu Lakukan?

Setelah membuat konten vlog kamu di youtube! Kamu tidak harus diam dan menunggu penonton datang menyimak vlog kamu. Kamu dapat melakukan promosi sehat dengan tidak menyebarkan link spam pada kolom-kolom komentar di forum-forum online yang ramai.

Kamu bisa memulainya dengan membuat salah satu fans page di sosial media seperti facebook dan mengajak teman-teman, orang terdekat, keluarga, kenalan, dan komunitas kamu untuk ikut bergabung di fans page kamu dan mengajak mereka ikut melihat apa saja yang kamu bagikan di sana.

Makin banyak orang yang tergabung dengan kamu dalam fans page kamu maka potensi untuk memiliki penonton yang banyak tentu akan semakin tinggi.

Jika kamu memiliki dana besar maka kamu bisa menjaring lebih banyak orang dengan mempromosikan fans page kamu atau halaman kamu melalui layanan pengiklanan di sosial media seperti facebook, instagram, bahkan melalui google adwords pun bisa kamu lakukan. Namun jika kamu tak punya dana kamu harus puas dengan apa yang kamu lakukan seperti di atas.

Baca Juga: Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Berpenghasilan

Intinya selama kualitas vlog yang diciptakan baik, berkualitas, informatif dan menghibur potensi untuk memiliki penonton yang banyak pasti akan ada. Selebihnya kamu juga harus belajar bagaimana mengoptimasi video kamu agar mudah menjaring penonton. Bahasan ini jika sempat akan saya bahas pada postingan yang berbeda. Mengingat tulisan ini sudah cukup panjang dan mungkin membuat teman-teman lelah membacanya.

Atau jika dianggap perlu saya mungkin akan menambah pembahasan bagaimana mengoptimasi video kamu agar mudah menjaring penonton dalam tulisan ini saja.

Namun harapan terakhir saya melalui tulisan ini. Semoga kamu mendapati apa yang kamu cari. Dan semoga dengan tulisan ini pula dapat membantu kamu dalam mengembangkan channel youtube kamu termasuk bagaimana membangun kualitas vlog yang lebih baik. Sekiranya jika itu bermanfaat untuk kamu akan membuat saya bahagia, sekian dulu untuk saat ini...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment