IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Berkarier sebagai Content Writer / Penulis Konten (Artikel Online ) di Internet - Saat ini berkarier dalam dunia kepenulisan menjadi sangat ngehits untuk di bahas terutama karier menulis online seperti yang dilakukan para freelance atau mereka yang memiliki profesi sebagai content writer online. Content writer atau penulis content adalah orang yang berprofesi sebagai penulis, bekerja dengan keahlian mereka dalam menulis. Kemudian hal ini disebut sebagai profesi dikarenakan seorang content writer harus ahli dan profesional dalam menyajikan tulisan berdasarkan referensi dan data yang valid tanpa semata-mata mengungkapkan pendapat pribadinya.


Berkarier sebagai content writer terutama di media online merupakan sebuah peluang yang baik dan sangat terbuka bagi siapapun dan tidak ada batasaannya. Bahkan tidak memandang apakah kamu masih seorang mahasiswa, seorang siswa ataupun seorang yang muda maupun tua. Hal ini dikarenaka penilaian paling utama adalah bagaimana hasil tulisan itu nantinya dinilai oleh tim terkait dimana kamu mengajukan tulisan kamu kepada mereka. Meski sebenarnya latar belakang pendidikan dan ilmu pengetahuain juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Mengingat latar belakang tersebutlah yang nantinya bisa memberikan kepercayaan kepada mereka yang membaca tulisan kita.

Untuk seorang penulis! Berkarier sebagai content writer online merupakan sebuah pekerjaan yang cukup menyenangkan. Karena mereka dapat melakukan aktivitas mereka dalam menulis menuangkan ilmu, dan berbagi informasi dari data valid yang mereka pelajari dan mereka kembangkan bahasaanya.

Baca Juga: Peluang Usaha Mandiri Melalui Youtube

Bagi kamu yang ingin bekerja atau mencoba peluang mendapatkan uang dengan menjadi content writer atau penulis artikel online, kamu perlu menjajal pekerjaan ini untuk mencari pendapatan dan menjejaki karier kepenulisanmu secara online. Semoga tulisan sederhana ini dapat sedikit membantu dan memberikan informasi yang bisa bermanfaat dan membuka wawasan kamu untuk maju dan tidak berpikir sempit terhadap profesi ini.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melangkah maju dan menjejaki karier kamu sebagai content writer online. Beberapa hal tersebut diantaranya:

1. Luangkan waktumu untuk mencari lowongan pekerjaan sebagai penulis blog / website

Ingin menjejaki karier termasuk menjadi seorang content writer kamu harus siap dengan diri kamu sendiri dan mulailah untuk mencari lowongan kerja online yang menerima dan sedang mencari seorang content writer. Sekarang ini lowongan kerja sebagai content writer online seperti penulis blog dan website sudah banyak tersebar di internet.

So. Mulai sekarang kamu mulailah dengan mencari blog atau website yang membuka dan mencari seorang content writer untuk mengisi konten di blog dan website mereka. Berikut beberapa website yang mencari dan menerima content writer kamu bisa menjajal dan mencobanya! website tersebut diantaranya: BloggingPro Job Board, Freelance Writing Gigs, dan ProBlogger Job Board website tersebut yang disebutkan tadi menerima penulisan artikel berbahasa inggris.

Sementara bagi kamu yang sedang mencari lowongan content writer berbahasa indonesia kamu bisa mendaftarkan diri atau mengajukan tulisan-tulisan kamu di beberapa website berikut: Kontenesia.com, Aburaksa.com, UC News, Babe News, Freelancer.co.id, Projects.co.id, kaskus.co.id dan masih banyak lagi website lainnya.

Termasuk kamu juga bisa menawarkan diri menjadi penulis dalam blog-blog yang ada di internet dengan mengontak blogger yang bersangkutan dan menyampaikan keinginan kamu tersebut.

Baca Juga:

2. Mulailah dengan rajin membaca dan mengupdate Informasi yang sedang nge-trend saat ini

Apabila kamu telah mendaftar dan bergabung dengan salah satu website di atas atau website lain yang kamu temukan. Hal pertama yang harus mulai kamu lakukan adalah memperbanyak referensi bacaan, termasuk mengupdate informasi online yang sedang trend dan bagus dibahas disesuaikan dengan topik menulis atau yang diminta oleh tim yang akan membayar kamu melalui tulisan kamu.

3. Kembangkan Rasa Ingin Tahu Kamu Mengenai Minat Pembaca Saat ini

Menulis apapun memang sah-sah saja apalagi itu adalah hal yang kita suka! Namun untuk menjejaki karier dan mendapatkan penghasilan dengan menjadi content writer online maka kita harus mengembangkan rasa ingin tahu, terutama dalam melakukan riset terkait minat baca dari pembaca atau sasaran kita saat ini. Salah satunya adalah dengan menggali topik sampai ke dalam-dalamnya dan merangkumnya topik apa yang sedang trend dan sesuai dengan sasaran pembaca kita. Kamu juga bisa mulai mengembangkan topik tersebut dan lahirlah ide-ide baru yang masih berkaitan dengan hasil riset tujuan dan sasaran kamu.

Setiap penulis atau content writer memiliki caranya sendiri dalam mencari riset terhadap minat pembaca dari sasaran mereka. Oleh karena itu ini menjadi sangat penting agar tulisan yang kita buat memiliki nilai jual dan dapat diterima bilamana kita ajukan tulisan tersebut ke salah satu blog atau website yang sedang mencari jasa penulis artikel untuk konten blog website mereka.

4. Kuasi EYD dan Bagaimana cara menulis Artikel yang baik

Mungkin kamu juga merasakannya! Bilamana saat membaca artikel kamu akan merasa risih dan terganggu dengan artikel yang kamu baca. Terutama penggunaan bahasa yang tidak baku dan terkesan malah nggak nyambung. Rasa-rasanya pasti kita akan berhenti bahkan tidak jarang memaki isi artikel tersebut karena kita tidak bisa mengerti maksud dan penulisnya.

Oleh karena itu kita juga harus tahu bagaimana menulis sesuai EYD atau berdasarkan kaidah berbahasa dari bahasa yang kita gunakan dalam tulisan kita. Tentu kamu pasti tidak mau apa yang kamu alami di atas dialami juga oleh pembaca kamu. Jika hal demikian terjadi maka jejak karier kamu sebagai content writer bisa dipastikan akan semakin sulit berkembang.

5. Lahirkan dan Unggulakan Keorisinal dalam Tulisan yang kamu buat

Sebagai seorang penulis kamu sudah harus mengerti arti dari keorisinalan sebuah tulisan. Tulisan yang original adalah tulisan yang memang lahir dari hasil olah pikir dan kesimpulan-kesimpulan yang kamu buat sendiri. Termasuk bagaimana kamu mengembangkan tulisan-tulisan tersebut menjadi utuh dan menyatu. Selain itu tulisan original memiliki sisi positif yang sangat baik karena dia memiliki perbedaan dengan tulisan-tulisan lain.

Bayangkan saja jika artikel yang kita tulis nyatanya sama persis dengan artikel orang lain, tentu orang yang membaca artikel kita akan langsung keluar dan tidak melanjutkan bacaannya lagi. Ini dikarenakan informasi tersebut telah dia dapatkan dari artikel lain yang mungkin artikel orisinalnya. Ini selain merugikan kita dan pembaca tulisan kita juga akan semakin ditinggal dan tidak diperhatikan. Bahkan bisa-bisa tulisan kamu akan dihapus oleh pihak yang menerima kamu sebagai salah seorang content writer mereka bilamana kemudian hari ternyata mereka mendapati tulisan kamu merupakan hasil jiplakan. Sementara pada satu titik yang paling bahaya adalah kamu malah dikeluarkan dari tim menulis mereka dan mereka tidak lagi mempercayai artikel-artikel kamu yang selanjutnya.

6. Terakhir Kamu Harus Siap Menghadapi Segala Tantangan sebagai Seorang Content Writer

Di luar sana ada banyak orang yang juga menggeluti karier menulis dengan menjadi content writer online. Oleh karena itu kita sudah harus siap menghadapi tantangan itu dan benar-benar yakin bahwa persaingan itu adalah langkah sukses kamu dalam menjejaki karier sebagai penulis konten atau content writer. Jadi teruslah menulis dan menggali seluruh kemampuan yang ada di diri kamu. Hingga suatu saat kamu akan tersenyum bahwa kamu tidak menjadi sia-sia telah berkarier sebagai seorang content writer online.

Sekarang maulailah memutuskannya! Jika kamu akan memulainya maka siaplah, jika belum atau tidak. Maka sebaiknya jangan dicoba daripada di pertengahan jalan kamu malah menyerah dan putus asa untuk menjejaki kerier sebagai content writer online. Semangat dan tetap belajar untuk terus berproses dan terus maju.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment