Type something and hit enter

author photo
Post by On
Setiap orang berpikiran yang sama bahwa dia atau dirinya itu harus bermanfaat bagi orang lain atau paling tidak dirinya bisa berguna untuk keluarganya. Termasuk bagiamana jaminan dia dalam memiliki pendapatan perbulannya untuk anak dan istri ataupun keluarganya. Beberapa orang lain akan memilih berwirausaha atau menjalankan bisnis online untuk memperbaiki kualitas ekonomi mereka.

Namun tidak banyak juga yang pesismis untuk menjalankan bisnis secara online karena tidak mengetahui caranya. Bahkan tidak jarang ada yang menilai berbisnis dengan cara tersebut sulit dilakukan. Padahal seharusnya mereka tahu bahwa mental seorang pengusaha bukan melihat kesulitan tersebut sebagai hambatan melainkan melihat peluang sebagai mimpi yang akan diwujudkan.
6 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Beralih Ke Bisnis Online
bisnis online

Sesuatu yang sulit itu bukan berarti tidak bisa dilakukan, itu terjadi karena kita belum mencobanya. So... Ala bisa itu, karena terbiasa!

Banyak mendapatkan masalah dan tantangan hidup biasanya akan membuat jiwa seorang pebisnis makin kuat dan kokoh, tidak mau mundur sampai apa yang difokuskannya dia capai. Mental ini yang sebenarnya harus ditempa dengan sangat patang.

Apalagi dengan sekarang ini internet mulai banyak digunakan oleh masyarakat dunia termasuk indonesia. Ini secara tidak langsung menjelaskan kepada kita bahwa bisnis yang tadinya hanya bisa dilakukan untuk ruang lingkup yang kecil bisa menjadi lebih luas dan mudah mendapatkan pelanggan dengan mulai berkiblat dan menjalankan bisnis secara online. Alasan-alasan tersebut mengenai mengapa orang banyak memilih menjalankan bisnis online di antaranaya:

1. Toko Bisa Buka Selama 24 Jam


Setiap penjual memang harusnya membutuhkan istrihat, begitu juga dengan menjalankan bisnis online. Hanya saja jika bisnis kita masih offline atau hanya memiliki toko fisik saja. Kita tentunya harus menutup toko di jam-jam tertentu dan pelanggan harus menunggu besok untuk mencari barang yang hendak mereka beli.

Namun jika itu kita menjalankan bisnis dan menjual produk kita secara online dengan membuka toko online misalnya. Waktu kita sedang istrahat sekalipun pelanggan sedang mampir dan melihat-lihat produk yang kita jual di toko online yang kita miliki.

Jadi menjalankan bisnis online memberikan kesempatan lebih banyak pelanggan mengunjungi toko milik kita! Ketika kita bangun pagi bahkan sebelum hendak mencuci muka. Kita menerima notifikasi dari ponsel kita bahwa ada pelanggan yang sedang memesan produk kita! Tanpa ribet kita sudah berhasil menjual produk di pagi hari padahal bisa jadi toko fisik kita mungkin harusnya buka beberapa jam lagi.

Ilustrasi di atas! Sebenarnya adalah peluang yang tidak boleh disia-siakan bagi seorang pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka. Kemudahan dan mendapatkan pembeli lebih banyak adalah salah satu alasan mengapa berbisnis online itu menjadi momok yang menarik.

2. Tidak Memiliki Toko Fisik Tidak Menjadi Masalah


Kita mungkin saja memiliki berbagai produk yang hendak dijual! untuk itu biasanya kita malah akan menyewa tempat atau gedung supaya menjadi toko kita untuk menjual produk. Sementara jika kita menjalankan bisnis online dan menjual produk secara online. Maka kita sama sekali tidak terlalu membutuhkan toko fisik, sebab yang kita butuhkan hanyalah bagaimana produk yang kita jual bisa dilirik oleh pembeli secara online.

Inilah kemudian yang memberikan kita keuntungan lebih besar karena tidak perlu repot-repot mencari tempat atau gedung yang bisa kita sewa dan membuka toko fisik di sana. Sehingganya bila dilihat dari segi modal, kita telah menekan biayan modal kita menjadi lebih sedikit tetapi berpotensi memiliki penghasilan yang tinggi karena pelanggan bisa di dapat darimana saja.

3. Jangkauan Penjualan Tidak Terbatas


Alasan ke tiga ini sebenarnya telah disebutkan secara ulang-ulang di atas! Bahwa jangkauan penjualannya tidak terbatas dikarenakan pembeli dari daerah manapun selama mereka bisa mengakses internet untuk online dan daerah mereka memiliki dukungan untuk mengirim produk. Maka kita dengan menjalankan bisnis online akan mendapatkan jangkauan tidak terbatas dengan pelanggan dan pembeli darimana saja bisa berbelanja atau menggunakan jasa yang kita tawarkan secara online.

4. Bisa dijalankan Secara Mandiri atau dengan Sedikit Karyawan


Dalam menjalankan bisnis terkadang beberapa orang membutuhkan banyak atau beberapa karyawan! Sementara ketika berbisnis online kita bisa melakukannya secara mandiri ataupun dengan sedikit karyawan atau teman yang bisa kita ajak kerja sama.

Mengapa bisnis online ini bisa dijalankan secara mandiri?

Jawabanya: Karena kita bisa memesan produk yang ingin kita jual di toko online lain dan menjualnya kembali secara online di daerah kita dengan memanfaatkan sosial media kita atau forum-forum jual beli online di daerah kita.

5. Cuaca Seperti Hujan, bukan Menjadi Kendala Untuk Tidak Berjualan


Kalau umumnya toko-toko menjadi sepi pada musim-musim penghujan! Maka ketika berjualan secara online kendala seperti ini tidak akan menjadi hambatan kalau toko kita tidak akan ada pembelinya. Sebab produk kita! sedang kita jual secara online .

Pembeli atau pelanggan tidak perlu mendatangi toko fisik kita karena mereka hanya perlu memesan produk yang kita jual melalui toko online kita melalui ponsel ataupun komputer mereka. Sementara produk yang mereka beli dapat kita kirimkan melalui jasa kurir terpecaya seperti POS, JNE, dan TIKI yang ada di Indonesia.

6. Tidak Punya Produk, Tidak Punya Toko, Bukan Masalah Menjalankan Bisnis Online


Bahkan pada kondisi yang tanpa modal sama sekalipun! Kita masih bisa menjalankan bisnis online atau berjualan secara online meski tidak memiliki produk apalagi toko fisik.

Caranya adalah kita hanya perlu menjalankan bisnis Afiliasi dengan mencari penjual yang bisa memberikan kita komisi apabila kita berhasil mempromosikan, mengajak, dan menjual produk mereka.

Teknik bisnis seperti ini biasnya kita hanya membagikan barang jualan mereka dan apabila pembeli membeli produk dari kamu maka kamu akan mendapatkan komisi dari orang yang di atas kamu. Atau kalau kamu berani kamu bisa menjual produk tersebut lebih tinggi dari harga sebenarnya untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk menjalankan bisnis online tanpa modal tersebut, sebenarnya ada banyak cara! tergantung bagimana kita kreatif dan mampu melirik, dan melihat peluang bisnis itu sendiri. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini, akan saya tulis pada artikel terpisah dan tentunya masih di blog ini!

Ketika melihat beberapa alasan di atas mengapa orang tertarik dalam menjalankan Bisnis dengan berjualan secara online.

Semoga kita yang tadinya pesimis akan semakin yakin dan tentunya mau belajar bagaimana memulai bisnis secara online untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dan produk terjual lebih cepat. Stay happy! Semoga memberikan teman-teman peluang-peluang berpikir dan semangat berbisnis online.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment