IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Semua blogger adalah sama! Mereka memulai karier mereka menjadi conten writer online dengan memanfaatkan media blog adalah dari tahap yang paling dasar bahkan paling awam tentang internet atau dunia online ini.

Hanya saja kenapa mereka tiba-tiba bisa menjadi seseorang yang begitu profesional dengan blog yang mereka miliki?

Memiliki pendapatan dengan blog, memiliki pengunjung yang tinggi, menyajikan konten-konten yang luar biasa, menjadi seseorang yang sukses di dunia Internet Marketer yang pada awalnya hanya bermodalkan niat dan kesungguhan yang tulus tanpa mengetahui apa-apa tentang blog sebelumnya.

Baca Juga: Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaatnya


Kisah sukses dan Profesionalitas seseorang sebagai blogger dan/atau pengelola Blog bisa saja berbeda-beda. Ada yang memulai kesuksesannya dari awal tanpa pengetahuan dasar mengenai blog, ada juga mereka yang sudah memiliki pengetahuan dasar sebelumnya mengenai blog.

Namun umumnya mereka adalah orang-orang yang berkecimpung di dunia atau memiliki latar belakang pendidikan IT. Seperti: Web Desainer dan sejenisnya.

Dalam postingan kita kali ini, matahaya hanya akan menyentil 7 Hal Wajib dilakukan oleh seorang Blogger pemula yang masih awam mengenai dunia blogging.

1. Mampu Menggunakan Komputer dan Internet Secara Positif


Ada beberapa orang menyarankan untuk mempelajari atau mampu menggunakan komputer dan Internet untuk menjadi seorang blogger. Hal ini memang adalah sebuah kewajiban. Tapi bukan ini yang paling penting.

Sebab menurut matahaya teman-teman di luar sana yang sudah memiliki blog tidak perlu lagi belajar menggunakan komputer dan internet sebab bagaimana bisa seseorang yang memiliki atau yang telah membuat blog tidak mampu menggunakan komputer apalagi internet? logikanya nggak mungkin kan?

Oleh karena itu persoalan ini adalah seharusnya disederhanakan menjadi bertanggung jawab dalam menggunakan komputer dan internet.

Sehingganya dapat kita simpulkan bahwa menjadi blogger adalah dengan menggunakan Komputer atau Internet secara bijak dan positif. Baik itu untuk kemaslahatan pribadi atau banyak orang terutama pembaca blog kita nantinya

2. Memiliki Keahlian Menulis atau Minimal Bisa Menulis

Entah mengapa setelah menjadi seorang blogger tuntutan utama seorang blogger adalah untuk memiliki keahlian di bidang menulis.

Tujuan menulis bagi seorang blogger bukan semata-mata untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tetapi untuk mengembangkan blog. Mengisi blog dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat adalah hal yang paling sering dilakukan oleh seorang blogger.

Hal ini dikarenakan tulisan yang ditulis sendiri akan mendatangkan kepuasan dan kesenangan batin. Seorang blogger akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan menjaga moral kreativitasnya bilamana dia bertanggung jawab dalam tindakannya. Termasuk menulis sendiri artikel di blog yang dimilikinya.

Kemampuan menulis bagi seorang blogger memang penting, tetapi syarat memiliki keahlian menulis adalah proses yang tidak serta merta harus dimiliki secara mutlak.

Oleh karena itu, setidaknya sebagai blogger teman-teman setidaknya atau minimal bisa menulis.

Jika syarat ini dimiliki teman-teman blogger yaitu bisa menulis. Maka dijamin blog teman-teman akan berisi konten original yang teman-teman tulis sendiri menggunakan bahasa dan cara berpikir teman-teman.

Meski demikian tidak dapat kita pungkiri bahwa menulis bukanlah semata-mata menyampaikan apa saja yang diketahui sebab terkadang kita sebagai blogger juga membutuhkan referensi tambahan untuk menulis tulisan di blog yang kita miliki.

Jadi jangan berhenti menulis sampai suatu waktu teman-teman akan menemukan bagaimana cara teman-teman berkomunikasi dengan pembaca.

Saya memberi jaminan bahwa di saat teman-teman sudah mampu merasakan bagaimana kegiatan berkomunikasi dalam sebuah tulisan. Maka apa yang dipikiran teman-teman akan tumpah ke dalam tulisan dan mengalir bagai air dan tentu saja itu akan mempermudah teman-teman dalam menyampaikan gagasan dan pendapat melalui tulisan yang teman-teman buat.

Baca juga: Cara dan Aturan Membuat Artikel Blog

Tidak sampai di situ kita juga akan memperoleh keuntungan yang bagus bilamana mampu menciptakan tulisan sendiri.

Hal positif tersebut adalah blog yang kita kelola nantinya akan menjadi blog yang dihargai oleh blogger lain dan pembaca blog kita tentunya. ini dikarenakan ilmu yang mereka dapat benar-benar real disampaikan langsung oleh penulisnya.

Selain itu tulisan yang memiliki karakter tersendiri berdasarkan karakter pemilik blognya akan membuat blog kita terus berkemabang dan tentunya satu hal yang perlu diketahui adalah tulisan seorang blogger yang original atau merupakan tulisan sendiri akan sangat dihargai oleh google atau mesin pencari. Sebuah penilaian yang luar biasa bukan? google oh google.

3. Memahami Bahasa Pemograman Web

Dengan menjadi Blogger! berarti teman-teman harus siap untuk mempelajari beberapa unsur yang penting dalam mengelola blog selain menulis artikel.

Hal tersebut seperti menguasai dan memiliki sedikit kemampuan mengenai HTML, CSS, dan Javascript.

Wow apa itu?

Entahlah, hal itu hanya mampu dijelaskan orang yang pakar di bidangya.

Jangan khawatir karena mengelola blog bukanlah seperti mengelola website kelas atas.

Saya saja yang masih blogger pemula alhamdulillah mengetahui sedikit-sedikit HTML, CSS, dan Javascript.

Tentu saja semua dimulai dengan belajar. Apalagi kita tahu bahwa HTML, CSS, dan Javascript adalah bagian penting dalam blogging.

Kita perlu mempelajarinya, setidaknya kita mengerti pengertiannya, modifikasinya, dan manfaatnya.

Meski kita belum atau tidak menguasai ilmunya sepenuhnya kita tetap harus mempelajari ketiga hal tersebut. Hal ini Wajib bagi seorang blogger terutama bagi blogger yang ingin dapat membuat template atau mendesain tampilan blognya secara mandiri.

4. Mengenali dan Memahami Istilah Blog Responsive

Apa itu Blog Responsif?

Blog Responsif sebenarnya adalah sebuah Blog yang di desain untuk memiliki respon yang baik oleh perangkat yang digunakan pembaca dan pengunjung blog kita.

Contoh sederhananya adalah Blog Responsive mampu menyesuaikan tampilan atau desainnya sesuai resolusi layar yang ada pada Smartphone, Tablet, Laptop/PC.

Sehingganya membuat blog memiliki antarmuka yang dinamis dan dapat dengan mudah memanjakan pembaca dalam menelusuri isi konten dalam blog yang kita miliki.

Untuk hal ini bagi kita blogger yang belum memiliki keahlian dalam membuat atau mendesain blog menjadi responsif maka kita cukup mencari atau membeli sebuah template blog premium responsive yang saat dapat dengan mudah didapatkan tinggal googling saja.

5. Memahami SEO (Search Enggine Optimization) Sebuah BLOG

Satu hal yang tidak kalah penting dalam dunia Blogging adalah SEO (Search Enggine Optimization) untuk Blog.

Bagi sobat yang belum mengetahui apa itu SEO maka sesegara mungkin untuk dipelajari setidaknya memahami manfaatnya dan beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membuat BLOG menjadi SEO.

Secara sederhana SEO dapat dibaratkan sebagai sebuah label khusus bagi blog yang ingin memiliki banyak pengunjung ke blognya. Blog yang memiliki label SEO akan dengan mudah ditemukan di mesin pencari google.

Contoh Kasus matahaya sedang mencari sebuah artikel "Cara Membuat Blog" dan berikut yang matahaya temukan:


Bisa sobat lihat? ada banyak sekali pilihan yang muncul berdasarkan keyword yang kita cari.

Sebagai sebuah informasi bagi yang masih awam blog atau artikel yang muncul di halaman awal pencarian google terutama post atau artikel yang memiliki posisi 1, 2, 3, 4, dan 5 adalah blog yang memiliki kualitas atau label SEO yang sangat baik sehingga artikelnya bisa muncul di halaman awal google.

Oleh karena itu, jika artikel blog kita mampu menembus halaman awal mesin pencari seperti google. Berarti blog kita akan memiliki kesempatan berkembang dan siap dibanjiri pengunjung.

Jadi, pelajarilah SEO dan tekniknya terus bekerja keras supaya kita bisa menyusul masuk ke halaman pertama google dan mendapatkan label SEO untuk blog yang kita miliki.

6. Mempelajari Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

SEO memang adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung blog. Tetapi, kita juga mungkin harus menambahnya dengan berbagai cara agar blog kita menjadi lebih SEO lagi.

Oleh karena itu tidak ada salahnya mempelajari SEO dan cara-cara meningkatkan pengunjung blog.

Kita dapat memulainya dengan searching di internet dengan mencermati dan memperlajari berbagai ulasan, tips, dan trik orang-orang yang sukses di dunia blogging.

Pelajari dan kalau perlu tanyailah mereka hal-hal apa saja yang mereka lakukan untuk membuat blog mereka menjadi sangat terkenal dan memiliki SEO yang bagus. Sehingga mereka mampu meningkatkan pengunjung blognya.

Tidak ada salahnya bertanya, sebab dengan bertanya kita akan menjadi lebih tahu dan lebih dikenal oleh blogger lain yang mungkin sama-sama berkunjung di blog yang kita komentari atau dimintai pertanyaan.

7. Positif dan Bertanggung Jawab

Paling terakhir yang bisa matahaya sampaikan untuk sobat blogger yang masih baru. Supaya tetap dapat berpikir positif dalam mengelola blog dan menjadi seseorang yang tidak mudah menyerah.

Bagaimana pun, persaingan di dunia blogging bukanlah sebuah persaingan yang mudah. Banyak lawan yang tangguh.

So, kita harus menjadi kuat dan tetap positif bahwa kita pun bisa suatu saat menjadi tangguh seperti mereka.

Selain itu selalu kita juga harus bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan dalam mengisi konten blog kita.

Sebisa mungkin hindari cara-cara curang seperti mencuri atau melakukan copy paste artikel orang lain.

Ingat ini akan mendatangkan kerugian bagi kita sendiri, termasuk kepercayaan pembaca terhadap artikel yang kita post di blog yang kita miliki.

Jadi, mari tetap positif dan bertanggung jawab dengan blog yang kita miliki. Salam sukses, semoga dua kutipan dari blogger di bawah ini dapat memotivasi anda.

"Harga diri sebuah blog adalah keaslian dan kepercayaan" - Jason C.
"Blogger sukses tidak melakukan spam, mereka membangun kualitas" - Iqbal J.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment