ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Pada dasarnya menulis artikel review memiliki tujuan seperti pengertian menulis pada umumnya. Yakni mereview sesuatu untuk diinformasikan kepada orang lain dalam hal ini adalah pembaca / penyimak.

Namun dalam prosesnya, menulis artikel review biasanya melalui percobaan, pengamatan, serta minat seseorang yang kemudian membuatnya menulis artikel review. Baik untuk tujuan berbagi dan mengedukasi atau dalam kesempatan lain menulis artikel review untuk mendapatkan uang (dibayar).

Contoh nya menulis artikel review permintaan klien atau advertiser yang saat ini banyak dilakukan oleh blogger melalui kerjasama content placement blog.

Bagi anda seorang blogger yang mungkin tergolong penulis pemula biasanya mendapatkan masalah yang mendasar tentang menulis terutama dalam menulis artikel review.

Masalah tersebut biasanya adalah kesulitan dalam menentukan gaya menulis artikel review yang tepat supaya mudah dipahami oleh pembaca termasuk beberapa persoalan lain seperti pemilihan kata atau struktur kalimat serta gaya dalam mendeskripsikan benda atau produk yang akan direview nantinya.

Cara Menulis Artikel Review

Jika anda seorang pemula dalam menulis artikel review. Langkah dan tips utama yang sebaiknya anda lakukan adalah membaca contoh-contoh artikel review yang pernah ditulis oleh orang lain.

Hal seperti ini perlu dilakukan agar anda dapat menemukan bagaimana gambaran umum dari wajah sebuah artikel review dilihat berdasarkan konsep, teknik penulisan, dan gaya bercerita penulis dalam menulis sebuah artikel review.

Sebagai referensi, berikut contoh artikel review yang pernah saya buat dalam blog ini:

  1. Jaringan Wifi Lemah? Perkuat denga Mi Wifi Amplifier Mungil ini
  2. 6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Membeli Nokia 2
  3. 9 Keunggulan Hostinger: Web Hosting Indonesia, Murah, Berkualitas dan Terpercaya

Tiga dari contoh artikel review di atas! 

Dua diantaranya saya dapatkan melalui tawaran kerjasama content placement blog, sementara satunya lagi adalah artikel review untuk mengikuti sebuah kontes SEO blog.

Di atas adalah contoh dari menulis artikel review produk dan jasa untuk tujuan komersil. Anda bisa mencari jenis artikel review lainnya sesuai dengan produk atau benda yang akan anda review nantinya.

Sehingga jika anda ternyata memiliki hobi membaca buku dan ingin menuliskan kesan dan pendapat anda tentang isi buku tersebut. Maka anda bisa mencari contoh-contoh artikel review buku. Sehingga anda memiliki gambaran dasar untuk mereview buku yang telah anda baca.

Namun, dalam tulisan berikut, saya tidak akan secara khusus membicarakan cara menulis artikel review produk dan jasa atau cara mereview buku.

Dalam tulisan ini saya hanya akan membagikan tips, cara dan langkah-langkah yang perlu anda lakukan dalam menulis artikel review yang baik dan benar. Terlepas dari jenis produk, benda maupun topik review yang akan anda lakukan.

Cara Menulis Artikel Review


Dalam menulis artikel review, ada tantangan besar yang perlu dicapai oleh seorang penulis. Tantangan tersebut adalah mengupayakan agar artikel review yang ditulis nantinya bisa dengan mudah dipahami oleh para pembaca.

Oleh karena itu, berikut beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan dalam menulis artikel review.

1. Pendahuluan


Keputusan pembaca akan membaca artikel review yang anda tulis biasanya tergantung pada kesan pada kalimat atau paragraf pertama yang anda buat.

Secara umum kalimat pendahuluan bisa berisi alasan dan mengapa seorang penulis tertarik untuk mereview produk, jasa atau benda yang ingin dia bicarakan. Oleh karena itu, pada bagian pendahuluan ini, silakan ceritakan apa saja hal yang berkesan, mengapa anda tertarik dan suka sehingga mau menulis artikel review-nya.

Dalam penulisan kesan, anda bisa saja menuliskan kesan positif ataupun kesan negatif apabila artikel review yang dibuat didasarkan oleh keinginan anda sendiri. Tetapi, jika artikel review tersebut adalah pesanan dari pihak advertiser, maka sebisa mungkin gunakan bahasa yang santun dan halus untuk membangun kesan positif. Sehingga mampu mem-persuasif pembaca.

Sebagai contoh, jika anda akan mereview buku! Maka ceritakan saja secara alami bagaimana buku tersebut berkesan bagi anda sehingga ingin mereviewnya. Bisa dimulai dengan bentuk buku, judul buku, desain termasuk harga atau sesuai dengan yang anda inginkan.

Hal tersebut berlaku juga untuk jenis review lainnya. Seperti produk atau jasa yang ingin anda review baik karena keinginan sendiri maupun permintaan klien (advertiser).

Baca Juga:

2. Latar Belakang


Pada bagian latar belakang ini, seorang penulis artikel review biasanya akan menggambarkan atau mendeskripsikan beberapa hal terkait berdasarkan produk yang sedang direview nya.

Jika anda sedang mereview sebuah produk baik yang dibeli sendiri dan dipinjam dari teman. Maka yang dapat anda lakukan adalah menuliskan jenis produknya, siapa yang memproduksinya, bekerjasama dengan siapa, kapan mulai beroperasi, dan informasi lainnya yang menjelaskan secara ringkas profil dari produk yang anda review.

Gambaran umum ini sangat penting dilakukan sebagai pengenalan produk dan untuk membuat pembaca percaya bahwa anda yang menulis review tersebut paham betul dengan apa yang anda bicarakan.

Oleh karena itu, kenali produk yang anda review lalu deskripsikan hal tersebut secara ringkas untuk diketahui oleh para pembaca anda.

3. Utamakan Poin Paling Penting


Poin paling penting dalam menulis artikel review adalah mengutamakan keunggulan dan hal-hal penting yang dianggap perlu untuk diketahui oleh pembaca.

Menuliskan poin-poin penting ini akan sangat bermanfaat dalam memperkenalkan produk yang direview secara lebih jujur kepada pembaca sehingga mampu menciptakan timbal balik yang positif.

Caranya adalah dengan menyesuaikan topik review anda berdasarkan jenis produk yang akan direview dengan mengutamakan kegunaan dan fungsi produk, manfaat dan keuntungannya, bagaimana proses membelinya, serta bagaimana testimoni pelanggan terhadap produk tersebut.

Khusus testimoni pelanggan umumnya penting jika anda menulis artikel review produk dan jasa dari sebuah brand tertentu dan bersifat komersil.

Selain itu, lengkapi poin penting lainnya seperti contact, alamat kantor harus hingga situs web jika ada.

Jadi pada bagian ini anda dituntut lebih jeli menyusun poin-poin yang dianggap paling penting dibahas dan diperkenalkan kepada pembaca terkait produk yang anda review.

4. Kelebihan atau Keunggulan


Sebuah artikel review yang baik dan disukai oleh para advertiser adalah dengan membangun deskripsi positif yang menceritakan kelebihan atau keunggulan produk yang anda review.

Penilaian ini penting dilakukan, sebab pembaca merupakan seorang calon konsumen yang ingin tahu apa saja nanti yang ia dapatkan ketika menggunakan atau membeli produk yang telah anda review.

Referensi yang positif tersebutlah akan membuat pembaca cenderung tertarik dengan produk yang sudah anda review.

5. Kelemahan atau Kekurangan


Jika pada bagian empat (4) anda dituntut melakukan penilaian mengenai kelebihan dari produk yang anda review! Maka pada bagian ini adalah kebalikannya.

Menyampaikan kekurangan maupun kelebihan dari produk yang direview sangat dianjurkan supaya tulisan / artikel review yang dibuat memiliki kesan yang jujur dan tidak dibuat-buat sehingga terkesan berat sebelah.

Namun, umumnya jenis review yang menyertakan kelemahan atau kekurangan produk biasanya adalah jenis review yang dilakukan berdasarkan minat sendiri.

Sehingga jika anda akan menulis artikel review dari pihak advertiser, poin ini sebaiknya tidak disertakan. Sebab artikel review yang anda buat biasanya digunakan dalam tujuan promosi atau beriklan.

6. Kesimpulan


Pada bagian kesimpulan! Tulisan anda sebaiknya mampu bersifat persuasif atau mengajak. Caranya adalah dengan membuat kalimat ajakan serta saran yang baik kepada para pembaca sehingga mereka bisa ikut merasakan dan dapat menilai apa yang telah anda review.

Sederhananya, anda bisa menulis kalimat ajakan, seperti ajakan mengunjungi tempat atau membeli (menggunakan) produk / jasa yang anda review. Baik dengan mendatangi tempat fisik maupun mengunjungi situs web apabila produk atau jas tersebut bersifat online.

7. Menulis Review Berdasarkan Pengalaman (Opsional tapi Penting)


Pada bagian ini sebenarnya hanya opsional tapi penting anda perhatikan ketika akan menulis artikel review. Sebisa mungkin pastikan bahwa anda mengalami sendiri apa yang hendak anda sampaikan kepada pembaca melalui artikel review yang anda buat.

Misalnya seperti mereview buku?

Maka pastikan diri anda bahwa anda sudah membaca buku tersebut dan memahami isinya. Begitupun dalam mereview produk sebisa mungkin anda mengenal produk tersebut dan kalau perlu sudah pernah menggunakan atau mencobanya. Lain halnya jika anda hanya mereview sebuah website. Maka materi review adalah menilai dan menganalisa apa saja yang terdapat dalam website yang akan anda review.

Mengapa hal seperti ini perlu dilakukan?
Dengan melakukan hal tersebut anda sebagai penulis review akan lebih banyak memiliki tanggapan dan kesan untuk disampaikan di dalam tulisan daripada hanya melihat berdasarkan deskripsi saja.

Selain itu hal positif lainnya adalah artikel review yang anda tulis akan berjalan seirama dengan apa yang anda pikirkan. Isinya pun akan menjadi lebih jujur. Kejujuran inilah yang akan menjadi nilai tambah pada tulisan / artikel review yang anda buat.

Demikian, semoga bermanfaat…

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.