ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Membuat blog sebenarnya tidak harus melalui blogger.com. Ada banyak platform blog yang bisa anda jajal. Diantaranya wordpress, joomla, weebly dan masih banyak lagi.

Hanya saja membuat blog di blogger adalah langkah yang mungkin sesuai bagi Anda yang ingin belajar ngeblog.

Ini dikarenakan selain gratis membuat blog di blogger.com sangatlah mudah. Apalagi didukung oleh banyak referensi yang mudah didapatkan di internet belajar ngeblog di blogger.com sangat cocok bagi pemula yang baru terjun ke dunia blogging.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Meski demikian! Karena panduan ini mengenai cara membuat blog gratis di blogger. Maka sudah tentu, bahwa kita tidak perlu berharap memiliki sebuah blog dengan nama domain khusus seperti bloganda.com. 

Sebab blog yang didaftarkan gratis menggunakan blogger hanya akan mendapatkan subdomain bawaan blogger yakni bloganda.blogspot.com.

Meski hanya akan mendapatkan subdomain gratis! Anda tidak perlu merasa khawatir apalagi berat hati!

Di kemudian hari jika anda memiliki cukup dana untuk membeli sebuah nama domain khusus untuk blog Anda. Maka subdomain gratis tersebut dapat segera di upgrade menjadi domain khusus sesuai yang anda inginkan.

Blog saya matahaya.com yang saat ini di depan anda adalah blog yang juga didaftarkan menggunakan platform blogger. Hanya saja subdomain bawaan blogspot sudah diupgrade menjadi domain khusus milik sendiri.

Baca: Cara Ganti Blogspot Jadi .COM, .ID, DLL.

Saat ini ada beberapa domain populer yang bisa Anda pilih. Dua diantaranya domain yang mungkin saya rekomendasikan adalah domain TLD dengan ekstensi .COM dan domain ccTLD dengan ekstensi .ID. Sebagai sebuah pertimbangan untuk anda silakan baca ulasan saya pada artikel berikut.

Baca: Pilih Mana Domain .COM ataukah .ID?

Kita lanjutkan! Berikut panduan membuat blog gratis di blogger.com. Silakan ikuti ulasan-nya step by step di bawah ini.

Sebelumnya untuk mengikuti panduan ini! Pastikan anda sudah memiliki email di gmail. Jika belum memiliki email gmail. Silakan membuat terlebih dahulu bisa mengikuti panduannya di: "cara membuat email gmail"

Langkah 1 - Buka tab baru di browser anda. Lalu kunjungi beranda draft.blogger.com
Setelah laman draft.blogger.com sudah tampil. Silakan lanjutkan dengan memilih "Buat Blog". Bisa dilihat seperti pada gambar berikut.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 2 - Saya menganggap anda sudah memiliki email di gmail. Oleh karena itu, lanjutkan dengan memasukkan email gmail anda.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 3 - Selanjutnya masukkan lagi password email gmail anda. Lalu pilih berikutnya! contoh nya seperti gambar di atas.

Langkah 4 - Selanjutnya, untuk pertama kali!nya Anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut! Silakan memilih "SELESAI" untuk melanjutkan!

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 5 - Setelah itu, anda akan dihadapkan untuk membuat profil blogger! Anda bisa memilih menggunakan profil google plus maupun profil google terbatas! Untuk panduan ini silakan membuat profil terbatas lebih dulu dengan memilih pada pilihan profil blogger terbatas!

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 6 - Setelah memilih profil blogger terbatas! Anda akan dituntun membuat nama untuk profil blogger anda! Anda bisa menggunakan nama sendiri atau yang diinginkan. Lalu silakan pilih "Lanjutkan ke Blogger"

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 7 - Selanjutnya, untuk pertama kalinya silakan pilih "BUAT BLOG BARU"

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 8 - Pada tahap ini! Silakan masukkan nama blog, alamat blog, dan tema blog yang anda inginkan. Contohnya seperti pada gambar di bawah. Lalu lanjutkan dengan memilih "buat blog"

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah 9 - Setelah melanjutkan dengan memilih "BUAT BLOG" Maka Selamat sekarang blog anda sudah berhasil dibuat.

Catatan Penting!
Biasanya akan muncul informasi penawaran google domain seperti gambar di bawah. Jika anda merasa ingin langsung mengganti domain blogspot.com menjadi domain namablogmu.com anda langsung bisa membelinya di sana! Namun pembayarannya membutuhkan kartu kredit.

Oleh karena itu, kita bisa pilih saja "lain kali" di mana kita mungkin disuatu waktu akan membeli domain baru pada layanan penyedia hosting dan domain di Indonesia yang bisa membayar melalui transfer bank.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Jika anda masih bingung dengan ulasan di atas mengenai cara membuat blog di blogger.com, anda bisa menonton tutorial video di bawah ini!Demikian semoga postingan ini memberikan manfaat kepada teman-teman semua!

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.