Type something and hit enter

author photo
Post by On
Anda seorang blogger? Ingin menulis artikel review? Atau baru saja mencoba-coba belajar membuat artikel review? Apapun itu yang anda hendak lakukan, semoga tulisan ini sesuai seperti yang anda harapkan.

Pada dasarnya menulis adalah kegiatan menyampaikan gagasan dan wawasan menggunakan media tulisan untuk diinformasikan dan dibaca oleh pembaca/penyimak. Khusus untuk cara membuat atau menulis artikel review sangat disarankan anda untuk terlebih dahulu membaca contoh-contoh artikel review. Misalnya saja, contoh review artikel jurnal, artikel ilmiah, review buku, review artikel Koran, dll.

Hal di atas perlu dilakukan agar kita dapat menemukan bagaimana gambaran umum dari wajah sebuah artikel review dilihat berdasarkan konsep, teknik penulisan, dan gaya bercerita penulis dalam menulis sebuah artikel review.

Misalnya saja kita suka membaca buku dan mau mencoba menulis kesan yang kita dapatkan setelah membaca buku tersebut. Maka kita bisa saja mencari contoh artikel review buku dan sekaligus mempelajari bagaimana cara membuat review buku.

Bagaimana simpelkan?

Meski seperti itu tetap saja menulis bukanlah sebuah perkara yang perlu dianggap mudah. Sebab, menyampaikan isi tulisan secara sederhana, padat, dan dapat dimengerti oleh pembaca adalah syarat mutlak yang harus kita sematkan pada artikel review yang kita buat nantinya. Dan tentu saja syarat mutlak ini tidaklah mudah untuk diterapkan kecuali kita mau sedikit bersabar untuk belajar bagaimana cara membuat atau menulis artikel review.


Berikut beberapa langkah yang dapat anda terapkan dalam membuat atau menulis artikel review.

1. PENDAHULUAN

Keputusan pembaca akan membaca artikel review yang kita tulis dikarenakan pendahuluan atau peran paragraf awal dalam mengundang pembaca mengikuti bahasan yang akan kita review. Jika anda membaca salah satu artikel review seperti yang sudah disarankan sebelumnya.

Maka umumnya kita akan menemukan pada bagian pendahuluan selalu berisi alasan penulis dalam menulis artikel review yang dibuatnya. Jadi pada bagian pendahuluan ini, silakan ceritakan saja hal-hal yang berkesan termasuk alasan mengapa anda tertarik untuk mengulas atau mereview apa yang sedang atau akan anda review tersebut.

Misalnya anda ingin menulis review buku, maka ceritakan saja bagaimana buku itu berkesan bagi anda sehingga anda sangat ingin mereviewnya. Termasuk kesan membeli, judulnya, desain, dll. Anda pasti lebih tahu dalam menceritakan kesan yang anda dapatkan sebelum masuk kepada inti pembahasan yang akan di-review.

Baca Juga:

2. LATAR BELAKANG

Pada bagian latar belakang umumnya seorang penulis review akan menggambarkan atau mendiskripsikan beberapa hal terkait apa yang direviewnya. Misalnya anda sedang mereview salah satu produk baik produk yang dibeli sendiri, pinjam sama teman, atau produk orang lain yang meminta anda untuk mereview produk mereka.

Maka, hal yang dapat anda lakukan adalah tulislah produknya apa, milik siapa, siapa yang memproduksinya, bekerjasama dengan siapa, kapan mulai beroperasi, bagaimana gambaran umum produknya dan lain-lain yang masih mendiskripsikan produk yang kita review entah bentuknya, warnanya, dll terserah anda. Asal masih sesuai dengan apa yang akan direview.

3. UTAMAKAN POIN-POIN PENTING DARI YANG DI-REVIEW

Pada bagian ini hendaklah untuk menjelaskan poin-poin penting dari yang akan di-review nantinya.

Misalnya: “Bahasan apa yang di-review nantinya,” Apakah Produk, Situs Web, dll? Kegunaan dan Fungsi dari yang di review? Apa manfaat dan keuntungannya, jika itu produk yang dijual maka bisa dengan menambahkan bagaimana cara membelinya, seperti apa testimoni pelanggan, serta apakah ada contact yang bisa dihubungi? Entah alamat web, email, alamat kantor, dan sejenisnya.

Jadi pada bagian ini kita harus lebih jeli menyusun poin-poin yang dianggap paling penting dibahas dan diperkenalkan kepada pembaca terkait dengan apa yang akan kita review nantinya.

4. KELEBIHAN

Umumnya dalam mereview produk atau apa pun itu. Penulis artikel review akan menyempatkan untuk menilai apa saja kelebihan yang terdapat dari apa yang direviewnya. Penilain kelebihan sangat perlu dilakukan, sebab pembaca ingin tahu bagaimana pendapat orang-orang termasuk penulis review dalam menggambarkan kelebihan dari apa yang direviewnya. Alangkah baiknya penilaian seperti ini dengan menanyakan kepada ahlinya dan ditambahkan dengan penilaian secara pribadi.

5. KELEMAHAN

Jika pada bagian empat (4) kita melakukan penilaian mengenai kelebihan dari apa yang kita review! Produk misalnya. Maka pada bagian kelemahan adalah kebalikannya. Perlu menyampaikan kekurangan atau kelebihan dari yang direview sangat dianjurkan supaya tulisan/artikel review yang dibuat memiliki kesan yang jujur dan tidak dibuat-buat atau berat sebelah.

6. SIMPULAN

Pada bagian Simpulan! Tulisan anda sebaiknya harus dapat bersifat persuasif atau mengajak. Buat juga beberapa kalimat yang menurut anda itu adalah saran yang baik bagi pembaca sehingga mereja bisa ikut merasakan dan dapat menilai apa yang telah anda review.

Sederhanya, anda bisa menulis kalimat ajakan, seperti ajakan mengunjungi tempat produk/jasa yang di review, baik dengan mengontaknya atau mengunjungi alamat (kantor) bahkan situs web jika ada, dll sesuai dengan tujuan yang hendak anda sampaikan.

BONUS - 7. REVIEW BERDASARKAN YANG DIALAMI SENDIRI

Pada bagian ini adalah catatan yang perlu anda perhatikan ketika atau akan membuat/menulis artikel review. Pastikan anda mengalami sendiri apa yang hendak anda sampaikan kepada pembaca melalui artikel review yang anda buat.
Misalnya anda Hendak mereview buku?

Maka pastikan diri anda bahwa anda telah atau sudah membaca dan memahami isi buku yang akan anda review, begitupun dalam mereview produk sebisa mungkin anda telah mengenal dan kakau perlu sudah menggunakan produk tersebut. Lain halnya apabila hanya mereview sebuah website. Maka materi review adalah menilai dan menganalisis apa saja yang terdapat dalam website yang di-review.

Mengapa hal seperti ini perlu dilakukan?

Karena dengan melakukan hal tersebut anda sebagai penulis review akan lebih banyak memiliki tanggapan dan kesan lebih yang dapat disampaikan daripada hanya melihat berdasarkan deskripsi saja. Selain itu hal positif lainnya adalah artikel review yang anda tulis akan berjalan seirama dengan yang anda pikirkan dan isinya menjadi lebih jujur. Kejujuran inilah yang akan menjadi nilai tambah dalam tulisan/artikel review anda.

Bagaimana! Apakah sekarang anda sudah sedikit memahami ulasan di atas? Harapan saya adalah semoga anda dapat menikmati isinya dengan baik dan dapat memetik beberapa manfaat untuk bisa diterapkan dalam menulis atau membuat artikel review.

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment