IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Selamat siang dan selamat berjumpa lagi dengan matahaya.com dalam artikel yang kali ini akan membahas bagaimana cara melaporkan akun facebook palsu ke tim facebook agar akun tersebut diblokir atau diberhentikan.

Tulisan ini dibuat bukan untuk keperluan curang atau hendak melakukan pelanggaran privasi terhadap akun facebook orang lain. Melainkan supaya menuntut hak kita sebagai manusia terkait privasi dan nama baik kita yang dibajak oleh pengguna internet yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang dialami oleh salah seorang saudari teman saya. Akun facebooknya dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. atas Nama Lisa Doank. Akun facebook tersebut menggunakan foto-foto saudari teman saya.

Kita sebut saja namanya "bunga" karena ia seorang perempuan. Semula saya diminta untuk melakukan hacking terhadap akun tersebut kemudian menghapus akun tersebut apabila saya sudah mendapatkan hak aksesnya. Tetapi, melakukan hacking bukanlah keahlian saya.

Lagipun kalau berhasil itu bukan sebuah prestasi melainkan hanya sebuah keberuntungan. Selain itu, tindakan hacking atau meretas adalah bentuk pembajakan dan tidak dapat dibenarkan.

Baca Juga:

Akhinrya saya mencari solusi lain terhadap permasalahan ini. Yaitu dengan melaporkan akun Facebook Palsu tersebut ke Tim Facebook dan biarkan TIM Facebook yang akan mengadili akun palsu tersebut. Diblokir atau Dihapus.

Sebelum bertindak lebih jauh, mengapa akun tersebut harus diblokir atau dilaporkan ke TIM atau Pihak Facebook. Kita harus mengetahui terlebih dahulu bentuk pelanggaran yang dilakukan akun tersebut. Setelah matahaya.com telusuri dan sedikit mengamati.

Matahaya.com berani berasumsi bahwa akun tersebut layak dihapus dan dilaporkan karena terbukti akun Palsu. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan akun tersebut telah menggunakan pembajakan dan tidak bertanggung jawab dalam menggunakan Foto orang lain.

Lihat saja postingan di bawah. Akun tersebut menggunakan foto Saudari teman saya dan menulis sebuah status yang tidak senonoh. Atau teman-teman dapat melihat akun tersebut di facebook Lisa Doank.

"Nih aku sendiri Gan, Aku siap juga layani sampe pagi, yang penting cocok dengan bayarannya. Hubungi no ku 082191396293."


Di sana tidak hanya ada foto-foto saudari teman saya, ada juga foto-foto beberapa perempuan lain. Dengan modus yang sama dan cara sama mengisi postingan-postingan tidak senonoh.

COBA DEH LIHAT JANGAN SAMPAI ADA FOTO TEMAN-TEMAN DI SANA (TERUTAMA BAGI YANG CEWEK)

Karena akun tersebut telah melakukan pembajakan, maka kita sebagai user atau orang yang nama baiknya dirusak atau dilanggar privasinya. Kita wajib melaporkan akun tersebut sesuai pelanggaran yang telah dia lakukan. Berikut matahaya.com sertakan bagaimana melaporkan akun facebook palsu tersebut kepada Pihak Facebook.

1. Pertama: Silakan Buka Beranda atau Profil Akun Palsu Tersebut = Silakan Klik Lisa Doank
2. Kedua: Silakan Klik Tanda 3 Titik di Bagian Foto Kronologi tepat di Sebelah Kanan Bawah - Lihat Seperti Gambar!


3. Ketiga: Setelah itu silakan klik "LAPORKAN" dan pilihlah anda hendak melaporkan pelanggaran seperti apa? Jika akun tersebut menggunakan akun Palsu dan membajak Privasi anda. Maka silakan anda memilih - "Laporkan Profil ini" Lalu Klik "LANJUTKAN"


4. Keempat: Kemudian silakan laporkan akun tersebut sesuai pelanggaran yang dilakukannya. Jika akun tersebut melanggar privasi anda maka silakan laporkan sebagai "INI AKUN PALSU" (PERHATIKAN YANG MELAPOR HARUS ORANG YANG DIBAJAK PRIVASINYA) Agar Facebook bisa melakukan Verifikasi. Selain itu mintalah Bantuan minimal 3 Orang Teman melakukan hal yang sama agar bisa lebih meyakinkan Pihak Facebook (dengan Pilihan Laporan Dia Berpura-pura sebagai saya atau orang yang saya Kenal). Kemudian Klik "LANJUTKAN"


5. Kelima: Dalam Kasus ini untuk anda yang Privasinya dilanggar, maka pilihlah pilihan seperti digambar atau sesuai dengan yang Hendak akan anda Laporkan. Kemudian klik "LANJUTKAN" lagi.


6. Keenam: Kemudian Silakan Selesaikan Langkah Terakhir dengan Mengirim Laporan Ke Facebook. Hingga anda mendapatkan Informasi bahwa Laporan anda telah diterima dan Akun tersebut akan Segera ditinjau.

DEMIKIAN SEMOGA INFORMASI DALAM POSTINGAN INI BERMANFAAT BUAT ANDA.

SILAKAN TEMAN-TEMAN BERPARTISIPASI UNTUK MELAPORKAN AKUN TERSEBUT KE PIHAK FACEBOOK AGAR AKUN TERSEBUT DAPAT SEGERA DI HAPUS ATAU DI BLOKIR OLEH PIHAK FACEBOOK SENDIRI. SAAT INI AKUN TERSEBUT MASIH AKTIF.

5 komentar

avatar

makasih gan tutorialnya, sekarang lagi banyak banget akun yg model gini. Laporkan langsung.

avatar

Iyaa.. gan... kita harus jeli dan segera melaporkan akun yang seperti ini! Terlebih lagi kalau itu sudah menyangkut privasi... sdah sangat melanggar...

avatar

kalo profil/berandanya gak bisa dibuka, solusinya gimana gan (mentok di step 1). cuma muncul pesan:

"Maaf, konten ini tidak tersedia saat ini"
"Tautan yang Anda ikuti mungkin telah kedaluwarsa, atau halaman tersebut mungkin hanya terlihat bagi pemirsa yang Anda tidak berada di dalamnya".

avatar

kemungkinannya hanya dua masalah:
Pertama: Konten tidak tersedia bisa dimungkinkan bahwa akun atau profil yang dikunjungi sudah tidak tersedia.
Kedua: Tautan telah kadaluarsa atau akun facebook yang dikunjungi dibuat privasi atau memang link tujuan sudah tidak tersedia (sudah dihapus termasuk yah sudah kadaluarsa)

avatar

Nampaknya fb melindungi akun palsu, saya sudah melaporkan, akun palsu saya tapi hanya dijawab laporan jangan ke profil umum lebih khusus misalnya photo, klo cuma ceklis tidak dapat menulis laporan dengan link laporan palsu itu gimana facebook tahu itu akun palsu

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment