ketik sesuatu lalu enter

Oleh:
Sosial media telah menjamur ke setiap kalangan, terutama anak-anak muda di seluruh dunia tanpa terkecuali juga di Indonesia. Di mulai dari aplikasi chatting, update status, update foto, hingga maraknya vlog di situs jejaring sosial video seperti youtube.

Sehingganya akhir-akhir ini untuk kalangan awam banyak yang sering bertanya-tanya tentang apa itu youtuber? serta pengertian youtuber sebenarnya!
Apa itu Youtuber? Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi Youtuber?
Apa itu youtuber?

Berbicara mengenai apa pengertian youtuber? kita harus mengenal lebih dulu sebuah jejaring sosial pengunggah video yaitu youtube.

YouTube adalah sebuah situs situs web video sharing (berbagi video) yang sangat populer, dimana setiap para penggunanya dapat menonton dan berbagi video secara gratis.

Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip lagu), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.

Lantas apa sebenarnya itu youtuber? Apa yang mereka kerjakan? Apakah ada untungnya menjadi seorang YouTuber itu?

1. Pengertian YouTuber?


Jawab: Seseorang yang dapat disebut sebagai youtuber apabila ia telah mampu memanfaatkan youtube sebagai media untuk berbagi video tentang dirinya. (Berupa kreativitas nya: baik itu adalah film pendek (Short Movie), Video Review, Video Klip Lagu, Tutorial, Daily Vlog,) dan lain sebagainya.

Selain itu umumnya mereka yang disebut sebagai YouTuber karena telah memiliki popularitas dan cukup terkenal dan telah mampu menggunakan youtube sebagai salah satu media online untuk memperoleh uang terutama dari pengiklanan monetisasi seperti google adsense.

Sehingga tidak lagi bisa dipungkiri bahwa Youtuber dapat disematkan kepada seseorang yang terkenal di YouTube dari aktivitasnya berbagi video. Terlepas dari semua tujuannya baik untuk terkenal maupun untuk memperoleh uang.

Baca Juga:

Secara ringkas, mungkin pertanyaan mengenai apa itu youtuber? sudah bisa dipahami oleh teman pembaca. Dimana YouTuber adalah orang yang aktivitasnya rutin membagikan video secara online melalui YouTube baik untuk memperoleh popularitas, mencari maupun sekedar berbagi pengalaman atau ilmu.

2. Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi Youtuber?

Apa itu Youtuber? Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi Youtuber?
Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi Youtuber?
Setelah memahami pengertian youtuber. Kemungkinan besar anda pun ingin menjadi YouTuber! Apakah itu benar?

Mungkin saja jawabannya: Tergantung apakah dengan membuat video itu mengasyikkan atau tidak.

Seorang yang memutuskan untuk menjadi YouTuber memiliki banyak alasan mengapa mereka memilih youtube sebagai media mereka untuk sharing ilmu dan kreativitas mereka.

Alasan-alasan tersebut kemungkinan besar dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya adalah:

2.1 Mudahnya Mendapatkan Uang secara Online

Apa itu Youtuber? Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi Youtuber?
Dapat Uang dari Youtube
Sudah bukan rahasia umum, banyak orang ingin menjadi seorang YouTuber dikarenakan mereka bisa mendapatkan uang dari aktivitas tersebut.

Tidak tanggung-tanggung pendapatan seorang YouTuber dinilai sangat fantastis. Bahkan ada yang sudah mampu mendapatkan ratusan dolar perbulan nya melalui YouTube.

Namun mudah mendapatkan uang dari YouTube adalah paham keliru yang diambil oleh setiap YouTuber pemula.

Hal ini dikarenakan, pada peraturan terbaru youtube 2018 kemarin. Youtube kini memberikan syarat agar setiap kanal youtube harus memiliki minimal 1.000 subscriber dengan jumlah total video kanal youtube sudah dinonton penonton sebanyak 4.000 menit.

Oleh karenanya bagi seorang calon YouTuber yang ingin mendapatkan uang dari youtube, maka ia perlu untuk membuat video youtube miliknya banyak yang nonton, termasuk harus banyak berpromosi agar kanal youtube yang dikelolanya bisa mendapatkan ribuan subscriber atau pengikut.

Video YouTube yang memiliki banyak view karena banyak orang yang menontonnya akan sangat berpotensi memiliki penghasilan dan bisa mendapatkan uang dari YouTube apabila dimonetisasi..

2.2 Menjadi Populer dan Terkenal (Fans/Hatters)


Alasan lainnya yang membuat seseorang memutuskan dirinya untuk menjadi seorang YouTuber bisa jadi dikarenakan ia ingin memiliki popularitas atau menjadi sangat terkenal. Layaknya artis atau public figure.

Tetapi terkadang mereka tidak pernah menyadari bahwa mencari popularitas memanfaatkan media online seperti YouTube tidak hanya membuat populer karena disukai banyak orang.

Lain dari itu seorang YouTuber terkadang mendapatkan banyak Hatters atau orang-orang yang tidak menyukai tingkah lakunya di YouTube.

Salah satu contoh YouTuber yang saat ini memiliki banyak Hatters adalah seorang YouTuber Gaming bernama Kimi Hime. Bahkan saat ini banyak netizen melakukan aksi untuk menggugat kanal YouTube Kimi Hime dikarenakan konten YouTube nya dianggap melenceng serta terlalu Vulgar.

Oleh karenanya jika memang ingin menjadi YouTuber demi mencari popularitas, maka carilah popularitas dengan cara yang cukup etis dan wajar. Sehingga akan sedikit berpotensi membuat orang membenci kita.

2.3 Memamerkan Bakat dan Kreativitas


Memamerkan bakat sebenarnya adalah salah satu alasan seseorang menjadi YouTuber demi mendapatkan popularitas di mata penonton termasuk di mata dunia.

Hal ini dikarenakan bakat yang hebat maupun unik bisa menjadi prestasi yang membuat seseorang menjadi terkenal dan sukses.

Jika anda memiliki bakat tetapi tidak tahu hendak disalurkan atau didemonstrasikan ke mana? Anda bisa memulainya dengan memamerkan bakat dan kreativitas anda tersebut melalui YouTube.

Bagi orang-orang yang memiliki bakat dan kreativitas seharusnya tidak diam dan menyembunyikan bakat tersebut. Sebaiknya tampilkan bakat anda dalam sebuah video kemudian unggahlah ke youtube.

Jika bakat dan kreativitas anda itu adalah sesuatu yang unik atau luar biasa. Tentu itu akan mengubah hidup anda dan kemungkinan anda akan menjadi lebih baik.

Salah satu YouTuber yang mendemonstrasikan bakat dan kreativitasnya di YouTube dan menjadi terkenal adalah Eka Gustiwana melalui keahliannya dalam membuat Speech Composing. Sebab dirinya sendiri adalah seorang Composer juga Penulis Lagu.

2.4 Tidak Suka Menulis dengan Menjadi Blogger


Banyak alasan yang membuat banyak orang ingin menjadi YouTuber, salah satunya yakni mencari uang secara online memanfaatkan internet.

Berbicara mengenai cara mendapatkan uang online dari internet sebenarnya bisa melalui blog atau menjadi blogger. Namun pilihan mencari uang dengan blog adalah langkah yang bisa saja tidak disukai oleh seorang calon YouTuber karena keterbatasan kemampuan dalam menulis artikel blog.

Termasuk hal ini juga bisa saja dikarenakan seorang blogger telah mengalami jenuh dan malas dalam menulis sehingga memutuskan untuk menjadi YouTuber saja.

Banyak alasan mengapa banyak orang ingin menjadi YouTuber. 4 ulasan di atas hanyalah beberapa alasan dasar saja yang membuat seseorang ingin menjadi Youtuber.

Bagi anda yang saat ini hendak atau telah menjadi seorang YouTuber mungkin punya alasan lain yang membuat anda memantapkan diri menjadi YouTuber.

Kalau berkenan silakan sampaikan alasan anda menjadi YouTuber melalui kotak komentar dalam postingan ini.

Semoga bermanfaat...

6 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. Anak kecil bisa ga jadi youtubers????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bicara mengenai anak kecil bisa tdak jadi youtuber itu tergantung! Tetapi sangat disarankan untuk menunggu 17 tahun ke atas. Namun apabila di bawah umur 17 ingin jadi youtuber maka dia seharusnya dalam pengawasan orang dewasa. Hal ini untuk mengontrol si anak apa yang buatnya untuk diunggah di youtube

      Delete
  2. jadi youtuber??? hah...paling dianggap sebagian orang pekerjaan paling aneh di dunia...kt orang youtuber itu apa?? apa itu youtuber? nah dari sinilah saya beranggapan kalo juga jadi youtuber juga agak susah..bahkan tidak ada satupun penonton di video saya...mending jadi artis, pelukis, potografer, designer...jadi youtuber apa? paling banyak menghabiskan waktu dirumah..edit2 video doang...dan kurang kerjaan..vlog2 gentayangan kayak oranggila...dan juga ada 1 kata...hanya orang gak berguna yg mau jadi youtuber...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang bebas berpendepat, tapi tdak dngn cara membully youtuber yang ada juga. Youtube hanya sarana untuk memaerkan kreativitas. Youtube sarana bebas berkekspresi. Berpernghasilan dari youtube itu bonus.Itu saja. intinya menjadi youtuber bukan semata-mata youtuber. tapi kreativitas apa yang kamu tampilkan di channel youtube kamu. banyak kok youtuber sukses mereka yang suka film making, mereka yg suka nyanyi, bahkan main game saja bisa buat terkenal intinya. Bukan apa yang kamu buat itu kamu suka atau tidak melainkan bermanfaat dan disukai orang lain tidak? itu tugas pertama untuk menggaer penonton... kalau nggak dapat penonron ya sabar... intinya dunia youtuber itu dunia bersaing karena tidak hanya kamu yang ada di sana.

      Delete