IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Sebelum mengenal youtube seperti sekarang ini. Saya dulunya hanya berpikir bahwa penghasilan online yang bagus adalah dengan menjadi penulis konten atau blogger. Namun dikemudian hari saya sadar bahwa ada media lain yang bisa kita manfaatkan sebagai mesin penghasil uang kita secara online.

Jawabannya adalah Youtube!

Kemudian setelah mengenal youtube hal pertama yang membuat saya berpikir video seperti apa sih yang seharusnya kita buat di youtube?

Jawaban itu saya temukan pada bahasan niche/topik youtube yang umumnya sama persis dengan yang dilakukan pada optimasi blog.

Di awal-awalnya melakukan blogging saya mengenal Niche sebagau sebuah topik atau subjek bahasan tertentu yang berpusat dan berfokus untuk membahas konten-konten tertentu berdasarkan kategorinya.


Secara sederhana berdasarkan pengertian tersebut maka niche dapat dikatakan sebagai topik khusus yang menjadi pembahasan kita yang sedang mengelola konten blog atau video youtube.

Beberapa orang. Khususnya teman-teman yang saat ini sedang mencoba peruntungan mencari uang secara online melalui media youtube, tidak terlalu memikirkan apa itu niche dan apa pentingnya dan bagaimana manfaatnya?

Namun beberapa orang lainnya sangat memperhatikan niche youtube atau topik yang dibahas dan disajikannya dalam channel youtube mereka. Dengan alasan hal tersebut akan memudahkan mereka dalam menjaring penonton youtube termasuk mendapatkan pelanggan tetap di channel youtube mereka.

Selain itu! Niche juga sebagai penentu agar vlog atau video yang kita buat di youtube dapat menjaring banyak penonton. Sehingganya memilih niche yang populer dan memiliki rating yang tinggi di search engine youtube menjadi solusi untuk mendapatkan manfaat yang besar dari aktivitas beryoutube ria.

Baca Juga: 

Beberapa Niche Topik atau Niche Video Youtube yang paling banyak dicari dan layak kamu coba untuk mendongkrak viewers dan mendapatkan banyak pelanggan di antaranya adalah:

1. Membuat Konten Youtube dengan Niche atau Topik Vlog Berita ( News )

Berita selalu menjadi perbincangan hangat setiap hari , karena setiap hari pasti ada aja berita yang bikin heboh dan geger. Oleh karena itu Niche Youtube yang menyajikan berita sangat diminati oleh banyak orang. Umumnya niche seperti ini dijalankan oleh program Televisi.

Meski demikian kamu bisa saja membuat video reportase kamu sendiri. Terlebih jika kamu adalah anak komunikasi atau jurnalist. Kamu pasti akan dengan mudah menyelesaikan video jenis ini untuk vlog youtube kamu.

Namun ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengangkat dan membuat vlog niche berita (news). Diantaranya: saingannya berat, banyak media besar yang juga membuat konten seperti ini, dan jika kamu belum terkenal dan terpercaya maka akan sulit mendapatkan pelanggan untuk mengikuti video yang kamu buat.

Meski demikian ada cara untuk meminimalisir hal tersebut. Yakni kamu tidak perlu membuat konten reportase seperti yang dilakukan media pertelivisian. Kamu bisa menciptakan konten yang unik dan segar dan tidak pernah di bahas dalam berita.

Intinya kita hanya membuat konten video youtube menyerupai berita namun memiliki isi yang berbeda dengan berita. Seperti membahas informasi misteri yang seram-seram dan menakutkan, membahas hal-hal misterius, melakukan experimen sosial dan meminta pendapat orang-orang tentang sesuatu hal dan masih banyak lagi. Pokoknya semakin kita mengekplore kemampuan dan mengupgrade informasi termasuk menilik persoalan viral ide-ide pasti akan muncul dan menari-nari di kepala anda.

2. Membuat Konten Youtube dengan Niche atau Topik Vlog Tutorial

Membuat Tutorial atau Video How To adalah salah satu niche yang cukup bagus untuk membangun channel youtube anda. Hal ini dikarenakan video tutorial adalah video panduan bagi seseorang dalam membuat sesuatu.

Cara ini diibaratkan anda adalah istruktur dan guru yang memberikan contoh sementara penonton adalah orang yang akan melakukan apa yang telah anda contohkan.

Contoh video How to (Tutorial) diantaranya: Tutorial Editing video, Tutorial Edit Foto, Tutorial Hijab, Tutorial Sains, Tutorial Membuat Musik, Tutorial Main Gitar, dan masih banyak lagi jenis video How To ini.

Jadi, jika anda memiliki beberapa keahlian di bidang apa saja, dan ingin membagikan ilmunya. Maka, membuat video How To adalah salah satu cara yang bisa anda manfaatkan.

Misalnya: Seorang pebisnis yang membagikan pengalaman dan kisah suksesnya di youtube, memberikan motivasi, tips-tips membangun usaha dan lain-lain. Intinya hanya menyesuaikan dengan keahlian kamu.

3. Membuat Konten Youtube dengan Niche atau Topik Vlog Gaming (Cocok untuk Gamer)

Anda pernah mendengar nama Pewdiepie? Yah dia adalah seorang youtuber gaming dengan pendapatan mencapai kurang lebih 4 Miliar Rupiah/bulan. Dari hobi main game saja.

Kamu bisa mendapatkan uang dari youtube seperti yang dilakukan Pewdiwpie. Cara ini telah sukses dilakukan oleh salah seorang youtuber Indonesia Reza Arap. Kamu pasti telah mengetaui ini.

Sekarang bagaimana caranya menciptakan video youtube dengan niche atau topik vlog gaming.

Caranya adalah kita hanya perlu bermain Game tertentu, umumnya adalah Game-game populer, kemudian permainan tersebut kita rekam menggunakan perekam desktop dan kamera.

Setelah itu, hasil permainan kita sudah direkam dan diedit biar makin ciamik dapat kita upload ke youtube.

Sangat mudah bukan?

Selain itu, manfaat dari youtuber gaming adalah kita dapat menjadi seorang reviewer game. Jika sudah seperti ini. Maka kemungkinan besar akan banyak perusahan gaming yang menyewa jasa anda untuk mereview game-game mereka termasuk mencoba game-game mereka yang bahkan belum pernah dimainkan orang lain.

Dengan begini selain mendapatkan penghasilan online dari youtube kamu akan mendapatkan tambahan dana dari jasa review kamu terhadap game-game populer yang ditawarkan banyak perusahan gaming.

4. Membuat Konten Youtube dengan Niche atau Topik Vlog Review Produk

Jika kamu sangat menyukai dan hobi melakukan review terhadap sebuah produk aplikasi, smartphone, gadget, kamera, dll. Maka potensi ini bisa kamu kembangkan untuk membangun channel youtube review.

Orang-orang saat ini sebelum membeli sebuah produk seperti smartphone, gadget, dan kamera misalnya. Akan lebih banyak meluangkan waktu mereka untuk mencari review terhadap keunggulan dan kekurangan produk yang akan mereka beli nantinya.

Nah jika ternyata kita membuat review tersebut dan mereka menonton video yang kita review. Pastinya ini adalah poin yang sangat penting untuk dapat menciptakan pelanggan dan pengunjung yang tepat sasaran.

5. Membuat Konten Youtube dengan Niche atau Topik Vlog Komedi

Selain beberapa hal di atas video komedi ternyata masih menjadi video yang paling banyak dicari dan paling banyak disukai penonton youtube. Hal ini dikarenakan video komedi adalah video yang dapat memberikan kebahagiaan bagi penontonnya,menghilangkan stress, dll.

Jadi, jika anda memiliki keahlian berkomedi mungkin anda bisa manfaatkan keahlian itu untuk membagikan video-video lucu kepada banyak orang dan membantu mereka untuk tetap tertawa bahagia mengisi riuk pikuk kehidupan mereka.

6. Membuat Konten Youtube dengan Niche atau Topik Vlog Musik

Kamu suka bermain musik? atau memang kamu adalah seorang musisi? kamu punya banyak lagu? Tapi saat ini kamu masih berpikir terkenal hanya apabila diterima oleh perusahan produksi musik?

Sekarang buang pikiran itu jauh-jauh. Sebab, hanya dengan memanfaatkan media youtube kamu telah dapat menampilkan lagu-lagu kamu sendiri kepada banyak penonton dan apabila lagu-lagu tersebut menarik, bagus dan berkualitas. Maka jangan kaget jika suatu saat kamu malah mendulang ketenaran dan mendulang prestasi.

Pernah dengar nama Justin Biber?

Dia terkenal secara tak sengaja melalui media sosial yang saat ini kamu tahu namanya.

Yaitu youtube!

Jadi, jangan takut untuk mengeksplore keahlian kamu. Bagikan ke youtube dan biarkan penonton yang menilai karyamu. Bukan Dapur Produksi Musik atau label rekaman yang sulit kamu tembus dan bekerja sama dengan mereka. Ciptakan Dapur Musikmu Sendiri.

Jadi memilih niche atau fokus terhadap konten akan membuat kita lebih mudah dalam menciptakan konten dan karya di youtube. Istilah dari persoalan ini adalah kita menciptakan konten video youtube yang fokus sehingga mendapatkan pelanggan tetap yang memiliki minat dan kesukaan yang sama terkait dengan apa yang kita buat.

Mari kita pikirkan sejenak! Jika anda orang yang suka dan hobi membuat video pasti saat membuka youtube anda akan banyak mencari konten video berupa tutorial video.

Apa jadinya jika channel yang kamu kunjungi malah menyajikan konten yang gado-gado pasti akan membuat kamu bingung dan pada kondisi tertentu kamu pasti tidak akan melakukan subscribe atau mengikuti channel youtube tersebut.

Sehingganya manfaat terbesar yang bisa kita dapatkan dari niche/topik video youtube yang fokus. Kita akan dengan mudah menjaring pengunjung dan fans yang tertarik dan memiliki hobi atau kesukaan yang sama dengan apa yang kita buat di youtube.

Selamat mencoba, semoga pilihan yang kamu lakukan akan mendatangkan manfaat yang baik dan lagi dapat berguna untuk diterapkan atau dicoba pada vlog youtube kamu nantinya.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment