ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Sebelum mengenal youtube seperti sekarang ini. Saya dulunya hanya berpikir bahwa penghasilan online yang bagus adalah dengan menjadi penulis konten di blogger. Namun di kemudian hari saya sadar bahwa ada media lain yang bisa kita manfaatkan untuk mencari uang dari internet.

Yah.. media lain untuk mendapatkan uang dari internet itu adalah YouTube. Sebuah platform berbagi video yang cukup populer saat ini!
Gambar by: images.wsj.net
Bagi anda saat ini yang sedang mencoba peruntungan mencari uang melalui youtube. Salah satu strategi yang perlu anda pikirkan pertama kali sebelum membuat saluran atau kanal youtube anda adalah penentuan Niche Youtube.

1. Pengertian Niche Youtube

Secara sederhana niche youtube dapat artikan sebagai sebuah topik utama yang menjadi pembahasan dan fokus anda ke depan dalam membangun kanal youtube anda menjadi sukses. Dalam situs monetisasivideo.blogspot.com menjelaskan yang dimaksud dengan niche youtube adalah konten berupa video khusus yang membahas topik tertentu secara spesifik dalam satu kanal youtube.

Sehingga jika anda ingin membangun kanal youtube berdasarkan niche atau topik khusus maka anda perlu menentukannya sedini mungkin.

Sebagai contoh! Jika anda mempunyai ketertarikan terhadap niche teknologi anda bisa membuat kanal youtube khusus yang membahas informasi seperti review produk-produk gadget dan perkembangan teknologi terbaru.

Sehingga anda bisa menyalurkan hobi anda membahas hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan mendapatkan penonton yang menyukai informasi update seputar teknologi.

Tidak banyak youtuber yang membangun kanal youtube berdasarkan niche yang fokus.

Sehingga konten mereka di youtube memiliki topik yang beragam sehingga membuat pengunjung tidak fokus menonton video mereka. Pun imbasnya membuat kanal youtube mereka lamban mendapatkan banyak subscribe (pengikut).

Baca Juga: 

Mengenai penting tidaknya niche youtube untuk membangun kanal youtube yang sukses, berikut dijabarkan kelebihan dan kekurangan niche youtube untuk menjadi bahan pertimbangan anda dalam membangun kanal youtube nantinya.

2. Kelebihan dan Kekurangan Niche Youtube

2.1 Kelebihan Niche YouTube

Kelebihan kanal yang membangun konten dengan berfokus pada niche tertentu memiliki banyak manfaat. Diantaranya:

Mendapatkan Pengunjung Setia

Kanal YouTube yang sukses biasanya mendapatkan penonton dan pelanggan setia. Penonton tipe ini biasanya akan mengikuti kanal youtube yang disukainya dikarenakan kanal youtube tersebut banyak memberikan informasi atau tontonan yang ingin diketahui maupun dinikmatinya.

Misalnya seorang yang gemar mencari video-video yang membahas seputar teknologi, maka ia akan lebih fokus mencari kanal youtube yang banyak membahas informasi seputar teknologi lalu mengikuti kanal tersebut dan menjadi pengunjung setia di sana.

SEO Friendly

Kanal YouTube yang mempunyai niche yang fokus akan memiliki prioritas yang baik di YouTube. Hal ini dikarenakan Niche YouTube yang fokus akan memudahkan mesin pencari youtube melakukan indexing dan crawling menjadi lebih fleksibel.

Mudah Dikenal (Diingat)

Kanal YouTube yang fokus dengan Niche khusus untuk topik video nya. Biasanya akan mudah diingat pengunjung. Sehingga jika suatu waktu mereka ingin mencari informasi yang mereka butuhkan maka mereka cukup mengetik nama kanal YouTube yang mereka inginkan.

Kanal Youtube menjadi mudah dikenali dikarenakan niche yang dibangun bisa menjadi personal branding kanal youtube anda karena memiliki topik yang fokus.

Menjadi Saluran Referensi

Kanal YouTube yang fokus terhadap materi atau topik tertentu akan lebih dipercaya oleh penonton untuk dijadikan sebagai saluran referensi yang mereka butuhkan. Misalnya seperti kanal youtube yang membahas review gadget dan teknologi.

Maka penonton biasanya akan mencari informasi yang diinginkan melalui kanal youtube yang memiliki fokus terhadap review gadget dan teknologi sehingga mendapatkan informasi yang bermanfaat serta dibutuhkannya.

2.2 Kekurangan Niche YouTube

Niche youtube selain memiliki kelebihan atau manfaat seperti yang sudah diulas diatas! Adapun beberapa kekurangan dari niche youtube . Diantaranya adalah:

Memiliki Topik Yang Sempit

Dengan membangun kanal youtube berdasarkan niche tertentu maka berarti kita harus siap untuk selalu membangun konten yang selalu fokus pada topik utama kanal youtube kita.

Sehingganya kita akan tidak lebih leluasa dalam membagikan sembarang video di kanal youtube yang fokus terhadap niche tertentu.

Target Penonton Berdasarkan Hobi

Jika kita membangun kanal youtube dengan niche gaming? biasanya penonton yang didapatkan adalah mereka yang memiliki ketertarikan dengan gaming. Begitupun jika kanal youtube yang dibangun terkait photography maka penonton anda adalah mereka yang menyukai photography atau ingin belajar photography.

Artinya penonton yang didapatkan adalah dari mereka yang memiliki hobi atau ketertarikan sesuai dengan niche yang dipilih.

Penting untuk Mengupload Video Sesering Mungkin

Membuat kanal youtube berdasarkan niche tertentu mengharuskan kita untuk selalu rajin mengupload video secara berkala sehingga tidak kehilangan penonton.

Hal ini dikarenakan banyak dari penonton setia kanal youtube kita akan selalu menunggu video terbaru dari kanal youtube yang kita bangun berdasarkan niche tertentu.

***

Bagi anda yang ingin membangun kanal youtube berdasarkan niche youtube yang cukup populer pada tahun 2020 ini.

Berikut pilihan niche populer di tahun 2020 yang bisa anda coba dalam membangun kanal youtube anda:

1. Niche YouTube Berita

Berita selalu menjadi perbincangan hangat setiap hari karena setiap hari pasti ada saja berita yang bikin heboh dan geger. Oleh karena itu Niche Youtube yang menyajikan berita sangat diminati oleh banyak orang. Umumnya niche seperti ini dijalankan oleh program Televisi.

Meski demikian kamu bisa saja membuat video reportase kamu sendiri. Terlebih jika kamu adalah anak komunikasi atau jurnalis.

Namun ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengangkat dan membuat niche youtube berita (news).

Diantaranya: Saingannya berat! Banyak media besar yang juga membuat konten seperti ini dan jika kamu belum terkenal dan terpercaya maka akan sulit mendapatkan pelanggan untuk mengikuti video yang kamu buat.

Meski demikian ada cara untuk meminimalisir hal tersebut. Yakni kamu tidak perlu membuat konten reportase seperti yang dilakukan media pertelevisian. Kamu bisa menciptakan konten yang unik dan segar dan tidak pernah di bahas dalam berita.

Intinya kita hanya membuat konten video youtube menyerupai berita namun memiliki isi yang berbeda dengan berita.

Seperti video-video unik yang dibuat oleh kanal youtube calon sarjana:
2. Niche YouTube Tutorial

Membuat Tutorial atau Video How-To adalah salah satu niche yang cukup bagus untuk membangun channel youtube anda. Hal ini dikarenakan video tutorial adalah video panduan bagi seseorang dalam membuat sesuatu.

Cara ini diibaratkan anda adalah instruktur dan guru yang memberikan contoh dan penonton anda adalah orang yang akan menyimak apa yang anda contohkan.

Contoh video How-To (Tutorial) diantaranya: Tutorial Editing video, Tutorial Edit Foto, Tutorial Hijab, Tutorial Sains, Tutorial Membuat Musik, Tutorial Main Gitar, dan masih banyak lagi jenis video How To ini.

Jadi, jika anda memiliki beberapa keahlian di bidang apa saja, dan ingin membagikan ilmu anda tersebut. Maka, membuat video How-To adalah salah satu cara yang bisa anda manfaatkan.

Contoh video How-To dapat dilihat pada video berikut:
3. Niche YouTube Gaming (Cocok untuk Gamer)

Anda pernah mendengar nama Pewdiepie atau JessNoLimit? Yah mereka adalah youtuber gaming dengan pendapatan dari youtube cukup besar.

Kamu bisa mendapatkan uang dari youtube seperti yang dilakukan Pewdiwpie dan JessNoLimit.

Caranya adalah anda hanya perlu bermain Game tertentu! Umumnya adalah Game-game populer, kemudian permainan tersebut direkam menggunakan perekam desktop dan kamera.

Setelah itu, hasil permainan yang sudah direkam selanjutnya diedit supaya makin ciamik dan selanjutnya dapat diupload ke youtube.

Sangat mudah...

Selain itu, manfaat dari youtuber gaming adalah kita dapat menjadi seorang reviewer game.

Jika sudah seperti ini.

Maka kemungkinan besar akan banyak perusahan gaming yang menyewa jasa anda untuk mereview game-game serta produk mereka termasuk mencoba game-game mereka yang bahkan belum pernah dimainkan orang lain.

Dengan begini selain mendapatkan penghasilan online dari youtube kamu akan mendapatkan tambahan dana dari jasa review kamu terhadap game-game populer yang ditawarkan banyak perusahan gaming.

Contoh video youtube dengan niche gaming dapat dilihat seperti pada video berikut:
4. Niche Youtube Review Produk Teknologi

Jika kamu sangat menyukai dan hobi melakukan review terhadap sebuah produk aplikasi, smartphone, gadget, kamera, dll. Maka potensi ini bisa kamu kembangkan untuk membangun channel youtube review.

Orang-orang saat ini sebelum  membeli sebuah produk seperti smartphone, gadget, dan kamera, Biasanya akan lebih banyak meluangkan waktu mereka untuk mencari review terhadap keunggulan dan kekurangan produk yang akan mereka beli nantinya.

Berikut contoh video review produk teknologi dari kanal youtube bang ripiu.
5. Niche YouTube Vlog Komedi

Selain beberapa hal di atas! Niche YouTube komedi ternyata masih menjadi video yang paling banyak dicari dan paling banyak disukai penonton youtube.

Hal ini dikarenakan video komedi adalah video yang dapat memberikan kebahagiaan bagi penontonnya serta mampu mengurangi dan menghilangkan stres.

Jadi, jika anda memiliki keahlian berkomedi mungkin anda bisa manfaatkan keahlian itu untuk membagikan video-video lucu kepada banyak orang dan membantu mereka untuk tetap tertawa bahagia mengisi riuk pikuk kehidupan mereka.

Berikut Contoh Niche YouTube Vlog Komedi dari Kanal YouTube Mael Lee Bukan Kaleng-kaleng.
6. Niche YouTube Vlog Musik

Kamu suka bermain musik? atau memang kamu adalah seorang musisi? kamu punya banyak lagu? Tapi saat ini kamu masih berpikir terkenal hanya apabila diterima oleh perusahan produksi musik?

Sekarang buang pikiran itu jauh-jauh. Sebab, hanya dengan memanfaatkan media youtube kamu telah dapat menampilkan lagu-lagu kamu sendiri kepada banyak penonton dan apabila lagu-lagu tersebut menarik, bagus dan berkualitas. Maka jangan kaget jika suatu saat kamu malah mendulang ketenaran dan mendulang prestasi.

Jadi, jangan takut untuk menjajal keahlian kamu. Bagikan video musikmu ke youtube dan biarkan penonton yang menilai karyamu.
7. Niche YouTube Vlog Ceramah

Membuat kanal youtube dengan niche ceramah dapat anda lakukan jika fokus anda adalah sebagai orang-orang yang ingin mencari berkah dengan berbagi video-video ceramah agama.

Video-video ceramah agama saat ini memiliki tingkat popularitas yang tinggi serta memiliki banyak penonton.

Namun satu hal yang pasti meski nantinya kita bisa mendapatkan uang melalui berbagi video youtube dengan pilihan niche ceramah. Sebaiknya kita tidak perlu melulu hanya mencari uang nya saja. Sehingga melupakan niat ibadah dari berbagi kepada sesama.

Berikut salah satu contoh video youtube niche ceramah oleh ustadz Abdul Somad yang dipublikasikan kanal youtube FSRMM TV:
Jadi mengenai pemilihan niche YouTube yang fokus terhadap konten tertentu akan lebih baik jika semua itu dilakukan berdasarkan apa yang anda sukai.

Demikian tulisan saya mengenai pengertian niche youtube, manfaat serta jenis niche youtube yang populer saat ini di tahun 2020.

Semoga bermanfaat!

Ingin mengganti video-video di atas dengan video dari kanal youtube anda? Silakan mengontak kami melalui form contact atau melalui whatsapp untuk menawarkan mahar. Hehehe...

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.