ketik sesuatu lalu enter

Oleh:
Pekerjaan vlogger saat ini menjadi sesuatu yang cukup booming terutama di kalangan anak muda di era milenial seperti sekarang.

Orang-orang mengatakan zaman telah berubah, cara hidup pun harus bermetamorfosis menyesuaikan diri dengan era digital yang semakin maju.

Jika dahulu pekerjaan rata-rata dijalankan secara offline!

Saat ini dengan media digital yang sudah cukup maju ditandai fasilitas internet yang sudah memadai, memunculkan banyak peluang pekerjaan yang dapat dijalankan secara online.

Hal ini telah menjadi momok yang menarik serta banyak diperbincangkan dan dijalankan oleh kalangan internet marketer. Termasuk: pebisnis online, vlogger, instagramer, youtuber, bahkan seorang blogger sekalipun.

Pengertian dan Jenis-Jenis Vlog Serta Manfaatnya Bagi Vlogger

Salah satu peluang yang banyak dimanfaatkan untuk bekerja dan mendapatkan uang melalui media digital memanfaatkan internet adalah dengan cara membuat vlog atau menjadi seorang vlogger.

Sampai di sini mungkin akan muncul sebuah pertanyaan!

Vlog itu apa sih?


Pada dasarnya vlog sebenarnya tidak jauh berbeda dengan blog atau media sharing layaknya blog matahaya.com ini. Perbedaanya adalah vlog menyajikan konten digital dalam bentuk video. Saat ini sangat populer dibagikan online melalui youtube maupun instagram.

Sementara blog umumnya hanya membagikan konten berupa artikel, meski dalam sebuah postingan artikel blog bisa saja menyertakan beberapa komponen gambar termasuk video online atau vlog itu sendiri.

Hal ini sebagaimana dikutip dari postingan online samsung.com/id dijelaskan:

Vlog
adalah sebuah blog video atau video blog (vlog) yang dibuat untuk dibagikan secara online baik disisipkan dalam postingan artikel blog maupun saat ini lebih banyak diunggah secara langsung melalui saluran media sosial seperti youtube maupun instagram.

Selain itu juga ditambahkan bahwa konten video adalah salah satu jenis konten online yang paling menarik serta mudah dilihat dan langsung dapat dipahami oleh penonton. Karena selain bisa menyajikan informasi, pun dapat langsung memberikan hiburan.

Melihat ulasan di atas, secara sederhana dapat disimpulkan vlog (video blog) adalah sebuah konten kreatif yang dibuat oleh seseorang (vlogger) untuk membagikan aktivitas kesehariannya atau membagikan informasi bermanfaat lainnya yang dikemas secara menarik, menghibur dan edukatif.

Jenis-Jenis Vlog


Jenis-jenis vlog sebenarnya terlampau cukup banyak jika dilihat berdasarkan topik yang dipilih oleh pembuatnya (vlogger).

Namun umumnya jenis vlog tersebut dapat dikelompokan ke dalam tiga poin utama. Sebagaimana dikutip oleh samsung.com/id diantaranya adalah:

1. Talking Head


Talking Head adalah jenis vlog yang umumnya berisi satu atau beberapa orang berbicara di depan kamera menampikan sebagian tubuh seperti kepala (wajah) dan setengah badan. Jenis video ini umumnya berisi konten opini atau pendapat dari konten kreatornya (vlogger).

Jenis vlog ini sangat mudah dibuat karena vlogger hanya memerlukan kamera atau smartphone mumpuni dan tripod. Selanjutnya tinggal duduk di kursi atau berdiri dan mulai merekam vlog yang akan dibuatnya.

2. How-To


Vlog How-To adalah jenis vlog yang umumnya digunakan oleh vlogger reviewer maupun vlogger yang membagikan panduan berupa tutorial atau tips dan trik serta bersifat edukatif.

Jenis vlog yang satu ini dapat dibuat menggunakan kamera bahkan tanpa kamera sekalipun. Salah satu contoh vlog How-To yang tidak membutuhkan kamera misalnya pada vlog tutorial blogging berikut mengenai cara memasang iklan di tengah postingan artikel:


Vlog di atas dapat dibuat tanpa membutuhkan kamera dikarenakan materi vlog yang dibuat cukup sederhana karena berupa panduan digital yang bisa direkam melalui sebuah aplikasi di perangkat komputer.

Sementara vlog How-To yang me-review sesuatu atau membagikan tips dan trik biasanya akan membutuhkan kamera untuk merekam konten yang akan dijadikan vlog.

Jenis vlog ini sedikit lebih sulit, karena seorang vlogger harus memiliki kemampuan tata ruang yang bagus, mengetahui teknik pencahayaan dan teknik pengambilan gambar, termasuk membutuhkan script sebagai panduan dasar dalam mengambil dan mengolah vlog How-To yang akan dibuatnya.

3. Reality


Jenis vlog reality umumnya adalah jenis vlog yang cukup panjang. Jenis vlog seperti ini biasanya membagikan aktivitas keseharian seperti diary online namun dalam bentuk vlog seperti daily vlog dan video jalan-jalan (traveling).

Manfaat dan Tujuan Vlog


Ada banyak manfaat yang bisa didapat dalam membuat vlog pun tujunnya sangat beragam serta dipengaruhi oleh beberapa alasan. Hal tersebut diantaranya:

1. Manfaat Vlog


Manfaat vlog tidak hanya diperolah satu pihak, sebab baik konten kreatornya (vlogger) maupun penonton keduanya mendapatkan manfaat yang dibutuhkan. Manfaat vlog tersebut diantaranya:

1.1 Mendapatkan Informasi serta Pengetahuan Baru


Bagi seorang penonton vlog (video blog) mendapatkan informasi serta pengetahuan baru bisa saja diperolehnya apabila ia banyak menykasikan konten vlog yang bersifat edukasi seperti pada jenis vlog How-To.

Tidak hanya penonton, seorang vlogger pun bisa mendapatkan pengetahuan baru dengan membuat vlog, sebab selain materi vlog yang disiapkannya harus dipelajarinya dari berbagai sumber. Vlogger juga akan mendapatkan sanggahan dari penontonya sehingga terjadilah diskusi online maupun jejak pendapat.

1.2 Terhibur dan Bahagia


Membuat vlog (video blog) dan dibagikan kepada penonton akan memberikan rasa bahagia kepada seorang vlogger. Sebab dirinya akan menjadi bangga telah mampu membuat karyanya dinonton oleh banyak orang di internet.

Selain itu bila video blog yang dibuat ternyata berisi konten humoris maka akan memberikan sensasi hiburan juga kepada penonton vlog nya.

1.3 Mendapatkan Penghasilan atau Uang


Mendapatkan penghasilan dari memanfaatkan vlog bukan lagi hal yang baru, hal ini telah dibuktikan oleh banyak konten kreator pembuat video blog Indonesia.

Seperti Mael Lee Bukan Kaleng-kaleng yang sukses melalui video blog nya di Instagram dan mendapatkan banyak tawaran endorse dari pihak advertiser (sponsor).

1.4 Menjadi Terkenal


Vlog bisa saja membuat seseorang menjadi terkenal hanya jika vlog yang dibuat oleh seorang konten kreator (vlogger) memiliki jumlah penonton yang banyak atau menjadi viral.

Bahkan vlogger yang berhasil viral dengan vlog-vlog yang dibuatnya tidak jarang menjadi perhatian banyak liputan media, termasuk diundang pada acara televisi.

2. Tujuan Vlog


Umumnya tujuan vlog dibuat oleh seorang vlogger adalah untuk berbagi atau sharing ilmu maupun pengalaman dan termasuk dilakukan sebagai hobi. Namun seiring perkembangan teknologi internet saat ini, tujuan vlog menjadi cukup beragam. Beberapa diantaranya adalah:

2.1 Mencari Popularitas


Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan vlog bagi seorang vlogger biasanya dimanfaatkan untuk mendapatkan popularitas atau menjadi terkenal. Sehingganya mereka bisa menjadi selebriti di sosial media seperti selebgram maupun artis youtube, dll.

2.2 Mencari Uang Melalui Internet


Satu hal yang mungkin tidak pernah lepas dari diri manusia adalah uang. Hal ini pun bisa menjadi salah satu tujuan vlog dimanfaatkan oleh vlogger untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah melalui internet.

Caranya baik dengan memonetisasi konten vlog melalui layanan Google Adsense atau melalui metode endorse mengiklankan produk advertiser pada vlog yang dibuat.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dengan Bermain Adsense di Youtube

2.3 Berbagi Pengalaman, Ilmu Pengetahuan dan Sejenisnya


Kegunaan vlog sebenarnya mirip-mirip dengan konten blog atau artikel. Hal ini dikarenakan tujuan vlog dibuat bisa saja dimaksudkan untuk membagikan pengalaman atau ilmu pengetahuan oleh seorang vlogger untuk disampaikan ke penonton.

Sehingganya melalui vlog tersebut diharapkan mampu menyampaikan apa yang ingin dikatakan oleh pembuat video ke penonton.

Sehingga maksud dan tujuan seorang vlogger bisa tersampaikan dengan baik.

Kesimpulan


Dari ulasan di atas kita bisa memahami bahwa pengertian vlog adalah sebuah video blog yang dibagikan secara online melalui postingan web atau dibagikan langsung melalui sosial media seperti youtube maupun Instagram dan pembuatnya sendiri disebut sebagai vlogger.

Selain itu tujaun dan manfaat vlog biasanya sebagai batu loncatan seorang vlogger dalam meraih popularitas, menjadi terkenal, dan untuk mencari atau mendapatkan uang melalui internet.

Pekerjaan vlogger untuk mendapatkan uang dari internet biasanya menyasar media sosial yang cukup terkenal seperti youtube dan Instagram.

Vlogger YouTube (Youtuber)


Vlogger YouTube adalah seorang konten kreator yang membagikan video blog nya memanfaatkan platfrom berbagi video di youtube. Mereka biasanya lebih dikenal sebagai youtuber ketimbang sebagai seorang vlogger.

Hal ini dikarenakan melalui youtube mereka bisa membagikan karya video blognya dan mendapatkan penghasilan melalui monetisasi vlog dengan adsense maupun melalui media dan metode periklanan lainnya.

Vlogger Instagram


Meski Instagram dan YouTube bisa membagikan konten online berupa video. Di Instagram vlog yang bisa dibagikan dibatasi dengan durasi maksimal satu menit saja, sementara youtube bisa lebih dari itu.

Baca Juga: Cara Jadi Youtuber Sukses dengan Modal Minim!

Selain itu jika youtube saat ini bisa dimonetisasi dengan iklan seperti melalui google adsense maka satu-satunya cara menghasilkan uang melalui vlog di Instagram adalah melalui content placement atau endorse.

Metode content placement atau endorse biasanya didapatkan oleh vlogger Instagram yang mempunyai banyak pengikut dan penonton.

Sebab hal tersebut didapatkan berdasarkan ajakan kerja sama dari pihak advertiser maupun sponsor kepada vlogger untuk mempromosikan produk mereka dalam bentuk vlog. Lalu mendapatkan pembayaran sesuai kesepakatan kerja sama yang mereka lakukan.

So, vlog memiliki banyak manfaatnya bagi seorang vlogger: youtuber maupun selegram. Di satu sisi menjalankan hobi dan membagikan informasi yang bermanfaat serta menghibur orang lain, di sisi lain aktivitas tersebut bisa menjadi sebuah pekerjaan bagi vlogger untuk mendapatkan penghasilan atau uang melalui internet.

8 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.

  1. bagaimana cara menjadi youtober berpenghasilan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap Gan! Menjadi Youtuber berpenghasilan! Jika itu niat sobat, maka sobat cukup memiliki sebuah channel youtube yang akan dikembangkan. Tergantung akan mengambil kategori gaming, tutorial, tips, review, dll semua disesuaikan dengan bakat atau keahlian sobat mau sharing video kategori seperti apa. Jadi klo sudah punya channel youtube, dan punya video sharring terutama karya atau video yang di shoot dan dibuat sendiri adalah hal yang harus dilakukan. Simpelnya buat video original, dan sharing ilmu atau bakat melalui video di youtube dengan membuat sebuah chanel sesuai kategori video sobat, kemudian monetisasi dengan adsense. banyak kok pembahasaanya di internet. Coba saja di searching... Terima Kasih untukmu "Anonim Id"

      Delete
  2. bagaimana cara buat vlog yang bisa menjaring banyak penonton gan? dan cara mendapatkan iklan dari youtube ? terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak hal yang menyebabkan vlog dapat menjaring banyak penonton! Hal paling utama adalah populer tidaknya sebuah vlog yang dibuat, selain itu jenis vlog yang banyak dibutuhkan oleh penonton. Sehingganya jika berbicara menjaring banyak penonton maka kita harus terus mempelajari media dan informasi populer yang banyak diminati orang. Seperti isu serta beberapa hal yang menjadi trending topik. Selain itu bisa dengan berusaha mengoptimasi vlog dengan mempelajari teknik seo video youtube. Pokonya jika berbicara hal ini kita harus terus berkesperimen dan menganalisis informasi yang populer dan dibutuhkan banyak orang saat ini. Jenis vlog yang populer diantaranya adalah tutorial, video comedy, video lagu, cover music, untuk dayly vlog kita harus sadar bahwa jenis vlog ini umumnya digunakan kalangan artis atau orang yang memang sudag terkenal. Semoga beberapa jawaban itu bisa menjelaskan...

      Delete
  3. Mau tanya nih gan ...saya pemula di Youtube, sy udh minta bergabung dngn adsense dan jawbnnya sdh diterima tapi monetisasinya belum diaktifkan katanya. sampai 10.000x ditonton br akan ditinjau... karena terkait dngn aturan baru dr google di bln april lalu sementara video yg sy upload br 18 video dan baru 600an x ditonton...bagaimana ni gan usaha sy skrng mksih gan sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan kemarin juga saya sudah sempat membaca informasi itu, tetapi bukan itu maksudnya bahwa video yang diupload harus 10.000x tayang baru kemudian akan ada iklan di video sobat. Yg saya tahu bahwa total tayangan channel kita yang harus sudah mencapai 10.000 kali tayang. artinya itu adalah total tayangan dari seluruh video yang kita upload di channel kita yang dikaitkan dgn adsense. kalau total tayangan channel belum mencapai 10.000 kali tayang. maka iklan belum akan dimunculkan oleh pihak adsense. jadi bersabar untuk sementara dan terus upload videonya. semoga membantu...

      Delete
  4. bang, kalo ane rekam video pake hp, apa perlu ane pake mic supaya suara nya dapat terdengar jelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gan! Kalau saat merekam kondisi sekitar diam atau di dalam ruangan nggak pake mic nggak masalah asalkan memang kondisi mic internal hapenya memang sudah lumayna bagus. Tetapi kalau kondisi sekitar ribut, ada suara angin, dll. Maka dengan bantuan Mic itu sangat disarankan untuk membuat vokal kita lebih jelas dan video tidak terkesan berisik akibat suara dari luar... Selebihnya apabila mic internal hape kurang bagus maka bisa menggunakan MIC untuk membuat suara video lebih jelas dan lebih berkualitas tentu lebih baik... Selanjutnya silakan disesuaikan sesuai keinginan dan kebutuhan. Semoga membantu.

      Delete