Type something and hit enter

author photo
Post by On
Setelah beberapa minggu saya tidak menulis di blog, rasanya kangen ingin menulis lagi dan berbagi kepada teman-teman yang sempat berkunjung di sini atau teman-teman yang setia tiap saat mengunjungi matahaya.com. Padahal mungkin sobat tahu konten dalam blog ini belum terlalu banyak serta masih perlu dikembangkan lagi supaya sukses. Amiin (Doakan yah! hehehe).

Pengertian Vlog dan Manfaatnya Bagi Youtuber

Sekarang zaman telah berubah, cara hidup orang-orang pun telah banyak berubah dan bermetamorfosis ke era digital. Dahulu kehidupan diasah dengan mencangkul sawah, berkembang dengan memegang pena dan sekarang dengan teknologi digital hidup semakin dipermudah.

Seorang teman berkata kepada saya "Zaman modern itu nggak bisa hidup tanpa listrik" ungkapan ini sepertinya bukan hanya masuk akal tetapi sudah seperti itu kehidupan sekarang.

Baca Juga:

Zaman berubah, cara hidup berubah bahkan untuk memperoleh uang pun telah berubah

Saya terlalu berbasa basi ya? Maafkan matahaya[dot]com. Dalam postingan kali ini sebenarnya saya ingin menjelaskan sedikit pengertian mengenai VLOG serta Manfaatnya bagi Youtuber (VLOGGER) dan mungkin anda juga akan memperoleh manfaat tersebut setelah membaca postingan ini. Insya Allah (Amiin).

VLOG sebenarnya tidak begitu berbeda dengan BLOG yaitu sebagai sebuah media sharing melalui media internet. Perbedaanya adalah VLOG adalah konten digital yang memanfaatkan media Visual dan Audio yaitu VIDEO yang saat ini banyak dijumpai di YouTube sementara BLOG merupakan konten writer atau sharing melalui media internet dengan/melalui tulisan, seperti blog ini.

Secara sederhana VLOG atau VIDEO LOG adalah sebuah konten kreatif yang dibuat oleh seseorang untuk membagikan diary kehidupannya dalam bentuk Video yang sengaja ditayangkan kepada banyak orang secara gratis. Umumnya VLOG dibuat untuk menyajikan informasi yang menarik, lucu, konyol, unik, edukatif, dll. Serta pembuat VLOG disebut sebagai VLOGGER.

Khususnya untuk para VLOGGER yang memanfaatkan YouTube untuk VLOGGING atau sharing VLOG, mereka umumnya disebut sebagai Youtuber.

Terlepas dari semua yang telah disebutkan di atas membuat VLOG atau menyajikan Diary Online dalam bentuk VIDEO bukan sebuah pekerjaan orang yang malas-malasan. Sebab sama halnya dengan BLOG. VLOG adalah sebuah konten menarik yang dapat dibuat dan dikelola sebagai media untuk memperoleh uang dari internet. WOW?

Mungkin bagi beberapa orang akan berpikir bahwa VLOGGER adalah pekerjaan orang-orang yang kurang kerjaan. Pernyataan tersebut memang benar tetapi ada sedikit kekeliruan yang perlu diperbaiki dari pandangan tersebut.

Membuat VLOG atau menjadi VLOGGER dan melakukan VLOGGING adalah sebuah cara muda dalam bekerja untuk mendapatkan uang dari internet. Pekerjaanya halal dan kita dapat menjadi BOS sekaligus KARYAWAN.

Mengapa?

Sebab pekerjaan seorang VLOGGER hanyalah menemukan ide dan membagikan pengalamannya melalui VIDEO. Semakin banyak video yang dibuat dan semakin tinggi jumlah viewers VIDEO atau VLOG yang dibuat maka kita sebagai VLOGGER akan memperoleh uang dari internet. Sehingganya penghasilan tergantung kerja anda, semakin rajin bekerja dan berinovasi maka semakin tinggi juga pendapatan anda.

Apakah Iya?

Tentu saja iya! Membuat VLOG dan membagikannya serta mendapat jumlah viewers yang besar kita akan memperoleh uang dari internet.

Cara kerjanya adalah: VLOG yang dibuat akan disisipi dengan Iklan. Program ini langsung dapat anda rasakan ketika anda menyajikan VLOG di channel YouTube anda yang telah dipasangi program Adsense (Program Pengiklanan) dari Google.

Program pengiklanan inilah yang kemudian menjadi penghasilan anda. Sehingga jika kamu punya VIDEO di Youtube punya jumlah viewers dan subscriber yang banyak tapi tidak ada iklannya. Percuma saja, anda tidak akan menghasilkan apa-apa. So, Yuk main VLOG dan mainin juga Adsense.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dengan Bermain Adsense di Youtube

So karena zaman telah berubah, pekerjaan orang-orang pun berubah. Era digital mendapatkan uang melalui media internet dan teknologi digital bukan sebuah mimpi lagi.

Masih tidak percaya anda bisa mendapatkan Uang di Internet dengan Membuat VLOG?

Silakan tanya Mereka:

1. Raditya Dika (Komedian, Comica, Penulis, Artis, Youtuber)
2. Bayu Skak (Youtuber)
3. Agung Hapsah (Youtuber)
4. Chandra Liow (Youtuber) Time2One

Silakan kamu hubungi 4 orang itu (sebenarnya masih banyak youtuber indonesia lainnya), Tanyakan apa yang mereka dapatkan dari VLOG yang mereka buat dan mereka bagikan di channel youtube mereka. Apabila tidak bisa menanyakan mereka mungkin silakan anda cari tahu bagaimana cara mereka mendapatkan uang melalui VLOG yang mereka buat di youtube.

DI BAWAH INI SALAH SATU VLOG AGUNG HAPSAH DI CHANNEL YOUTUBENYA



Demikian semoga postingan kali ini bermanfaat buat teman-teman yang saat ini sedang membaca dan menyelesaikan bacaanya terkait postingan ini. Jika ada pertanyaan mengenai postingan ini silakan saja ditanyakan dengan berkomentar di bawah. Jika kalian suka silakan di like, dan silakan di share.

8 komentar

avatar

bagaimana cara menjadi youtober berpenghasilan?

avatar

Yap Gan! Menjadi Youtuber berpenghasilan! Jika itu niat sobat, maka sobat cukup memiliki sebuah channel youtube yang akan dikembangkan. Tergantung akan mengambil kategori gaming, tutorial, tips, review, dll semua disesuaikan dengan bakat atau keahlian sobat mau sharing video kategori seperti apa. Jadi klo sudah punya channel youtube, dan punya video sharring terutama karya atau video yang di shoot dan dibuat sendiri adalah hal yang harus dilakukan. Simpelnya buat video original, dan sharing ilmu atau bakat melalui video di youtube dengan membuat sebuah chanel sesuai kategori video sobat, kemudian monetisasi dengan adsense. banyak kok pembahasaanya di internet. Coba saja di searching... Terima Kasih untukmu "Anonim Id"

avatar

bagaimana cara buat vlog yang bisa menjaring banyak penonton gan? dan cara mendapatkan iklan dari youtube ? terimakasih atas jawabannya.

avatar

Banyak hal yang menyebabkan vlog dapat menjaring banyak penonton! Hal paling utama adalah populer tidaknya sebuah vlog yang dibuat, selain itu jenis vlog yang banyak dibutuhkan oleh penonton. Sehingganya jika berbicara menjaring banyak penonton maka kita harus terus mempelajari media dan informasi populer yang banyak diminati orang. Seperti isu serta beberapa hal yang menjadi trending topik. Selain itu bisa dengan berusaha mengoptimasi vlog dengan mempelajari teknik seo video youtube. Pokonya jika berbicara hal ini kita harus terus berkesperimen dan menganalisis informasi yang populer dan dibutuhkan banyak orang saat ini. Jenis vlog yang populer diantaranya adalah tutorial, video comedy, video lagu, cover music, untuk dayly vlog kita harus sadar bahwa jenis vlog ini umumnya digunakan kalangan artis atau orang yang memang sudag terkenal. Semoga beberapa jawaban itu bisa menjelaskan...

avatar

Mau tanya nih gan ...saya pemula di Youtube, sy udh minta bergabung dngn adsense dan jawbnnya sdh diterima tapi monetisasinya belum diaktifkan katanya. sampai 10.000x ditonton br akan ditinjau... karena terkait dngn aturan baru dr google di bln april lalu sementara video yg sy upload br 18 video dan baru 600an x ditonton...bagaimana ni gan usaha sy skrng mksih gan sblmnya.

avatar

Iya gan kemarin juga saya sudah sempat membaca informasi itu, tetapi bukan itu maksudnya bahwa video yang diupload harus 10.000x tayang baru kemudian akan ada iklan di video sobat. Yg saya tahu bahwa total tayangan channel kita yang harus sudah mencapai 10.000 kali tayang. artinya itu adalah total tayangan dari seluruh video yang kita upload di channel kita yang dikaitkan dgn adsense. kalau total tayangan channel belum mencapai 10.000 kali tayang. maka iklan belum akan dimunculkan oleh pihak adsense. jadi bersabar untuk sementara dan terus upload videonya. semoga membantu...

avatar

bang, kalo ane rekam video pake hp, apa perlu ane pake mic supaya suara nya dapat terdengar jelas?

avatar

Tergantung gan! Kalau saat merekam kondisi sekitar diam atau di dalam ruangan nggak pake mic nggak masalah asalkan memang kondisi mic internal hapenya memang sudah lumayna bagus. Tetapi kalau kondisi sekitar ribut, ada suara angin, dll. Maka dengan bantuan Mic itu sangat disarankan untuk membuat vokal kita lebih jelas dan video tidak terkesan berisik akibat suara dari luar... Selebihnya apabila mic internal hape kurang bagus maka bisa menggunakan MIC untuk membuat suara video lebih jelas dan lebih berkualitas tentu lebih baik... Selanjutnya silakan disesuaikan sesuai keinginan dan kebutuhan. Semoga membantu.

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment