ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Siapa yang nggak kenal youtube? Salah satu jejaring sosial di internet yang menyajikan ribuan bahkan jutaan video tiap harinya oleh pengguna internet hampir di seluruh dunia. Tahukah bahwa setiap video yang tayang di youtube akan mendapatkan bayaran dari google melalui porgram Adsense mereka?

Anda Belum Tahu?

Anda belum tahu? Atau mungkin sudah tahu tapi tidak tahu bagaimana caranya! Simak penjelasan saya berikut semoga dapat memberikan sedikit penjelasan.

Cara mendapatkan uang dari internet terutama dari youtube adalah cara paling mudah menurut saya. Cara kerjanya adalah kita hanya membuat beberapa video lalu mengunggahnya ke youtube. Video yang telah kita unggah ke youtube nantinya akan kita monetesi dengan iklan dari google yang saat ini kita kenal dengan Google Adsense.

Apa itu Google Adsense?

Cara Dapat Uang dengan Bermain Adsense di Youtube

Google Adsense adalah salah satu program pengiklanan dari google yang mengajak kita untuk bekerjasama memperoleh uang dari internet.

Cara kerjanya adalah kita membuat video kemudian menjalankan program adsense. Setelah menjalankan program adsense termasuk memonetesi video youtube kita dengan iklan adsense. Maka setiap video kita yang tayang di youtube akan memperoleh bayaran dari google.

Bayaran itu darimana? Dari iklan yang secara otomatis tampil di dalam video kita setiap kali video kita dilihat atau dinonton oleh pengunjung.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi?

Meski demikian mudahnya cara memperoleh uang dengan bermain adsense di youtube. Kita harus mematuhi beberapa peraturan youtube. Oleh karena itu untuk bermain adsense di youtube kita harus mematuhi beberapa syarat berikut:

Tidak boleh mengupload Video yang berhak cipta

Video yang berhak cipta sangat dilarang keras oleh komunitas youtube. Hal ini dikarenakan video-video tersebut adalah milik pengguna lain.

Sehingganya yang berhak menggunakan video tersebut hanyalah pemiliknya saja. Oleh karena itu kita sangat tidak diperbolehkan untuk mengupload video orang lain di channel youtube yang telah kita buat. Apalagi mendownload video youtube orang lain kemudian dipublikasikan ke channel pribadi kita.

Cara ini adalah terlarang, dan apabila diketahui oleh youtube. Maka channel youtube anda akan mendapatkan teguran. Semakin sering melanggar bisa-bisa akun youtube anda akan dihapus secara permanen langsung dari pihak youtube.

Tidak boleh menggunakan Lagu Orang lain yang Berhak Cipta

Syarat nomor dua ini hampir sama dengan yang di atas. Bedanya adalah jika di atas kita menggunakan video orang lain yang kedua ini adalah kita dilarang menggunakan lagu berhak cipta di dalam video kita.

Meski video yang kita gunakan adalah video original hasil karya kita sendiri tetapi audionya menggunakan musik yang memiliki hak cipta maka sama saja.

Video kita akan kembali ditegur oleh pihak youtube sampai kita memperbaikinya. Solusi dari cara ini adalah silakan sobat mencari audio atau musik (mp3) yang tidak berlisensi dan dapat digunakan secara gratis dan bebas atau dapat melakukan dubbing sendiri.

Jangan Menyajikan Konten P*rn*grafi dalam Video Anda

Semua pasti tahu bahwa Konten P*rn*grafi adalah konten yang tidak layak untuk ditonton apalagi dibagikan melalui channel youtube.

Oleh karena itu youtube sendiri melarang kita menyajikan konten-konten seperti itu untuk kenyamanan pengguna internet di seluruh dunia.

Dari itu sajikanlah video-video yang menurut anda memiliki nilai edukatif, menghibur, dan bermanfaat bagi orang yang menonton video anda. Jika anda tidak mau di-banned youtube maka ikuti persyaratan-persyaratan itu.

Tiga persyaratan di atas adalah persyaratan umum yang dianjurkan oleh youtube. Persyaratan lainnya silakan anda baca pada informasi atau persyaratan bermain adsense di youtube. Baca TOS adsense.

Bagaimana Cara Saya membuat Akun Youtube atau Kanal Youtube Sendiri?

Channel Youtube atau akun youtube akan otomatis anda miliki apabila anda telah menggunakan salah satu produk google yaitu memiliki email gmail (email dari google). Dengan memiliki email ini anda tinggal mengunjungi situs youtube kemudian memasukan email dan password gmail anda, maka akun youtube anda akan siap digunakan. Baca Daftar Adsense Melalui Youtube!

Jangan Lupa Google Adsense Menanti Anda!

Setelah mengaktifkan akun youtube anda, langkah selanjutnya adalah silakan aktifkan juga akun adsense anda. Caranya masih sama cukup menggunakan email gmail anda. Hal ini dikarenakan baik youtube maupun adsense sama-sama telah terhubung bersama google.

Bagaimana Kalau Saya Sudah Punya Adsense dan Akun Youtube?

Jika anda telah memiliki adsense dan akun youtube yang sudah menayangkan beberapa video maka silakan hubungkan channel youtube anda dengan google adsense anda.

Caranya adalah dengan mengaktifkan monetisasi youtube. maka secara otomatis akun youtube anda akan terhubung dengan google adsense.

Sehingganya setiap video yang nantinya tayang di youtube akan mulai menampilkan iklan dan anda akan mulai mendapatkan bayaran.

Keuntungan yang didapat dengan Bermain Adsense di Youtube

Sebenarnya untuk menjalankan program adsense tidak hanya dapat dilakukan di youtube saja. Dapat juga diterapkan di Blog atau website yang kita miliki.

Terutama website atau blog yang memiliki rating dan rangking sangat baik di mesin pencari. Tetapi untuk mengaktifkan program adsense pada website atau blog memiliki banyak persyaratan dan harus membutuhkan beberapa hari persetujuan dari pihak google.

Sedangkan jika menggunakan youtube maka kita langsung dapat menikmati keampuhan adsense dalam membayar kita dari iklan-iklan yang ditayangkan di video youtube yang kita miliki. Tidak perlu banyak embel-embel yang penting video yang disajikan original, maka iklan langsung dapat ditayangkan di video kita.

Note - Perlu diketahui kalau saat ini youtube telah memberlakukan peraturan baru tahun 2018 kemarin, dimana setiap kanal youtube harus memenuhi syarat memiliki minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam video kanal youtube ditonton. Barualah kanal youtube dibolehkan untuk dimonetisasi dengan Google Adsense.

Baca juga: Update 20 Februari 2018

Ada beberapa perbedaan yang mendasar mengenai adsense youtube dan blog (website). Di antaranya:

Adsense youtube akan langsung disetujuti google sementara memasang adsense di blog harus menunggu beberapa minggu bahkan tidak jarang mendapat penolakan.

Jika Iklan di Blog akan mendapatkan bayaran apabila ada pengunjung yang mengklik iklan kita, maka di youtube adalah semakin besar viewers maka akan semakin besar kita dibayar. Meski pengunjung tidak mengklik iklan kita masih tetap dibayar dihitung dari jumlah penayanagan.

Adsense di YouTube tidak mudah di-banned ketimbang Adsense yang terpasang di Blog

Sekarang Apalagi Yang anda Tunggu?

Mungkin iya informasi ini dibagikan gratis, tapi bukti bahwa bermain adsense di youtube bisa membuat kita memeperoleh uang dari internet, bukan lagi hal baru.

Perharinya lahir anak-anak muda kreatif yang mulai rajin dan aktif sharing video-video mereka di youtube. Mereka adalah anak-anak muda masa kini (milenial) yang bekerja untuk mendapatkan uang melalui sosial media (youtube).

Pernah dengar nama Bayu Skak, Agung Hapsah, bahkan saat ini ada YouTuber tua bernama Pak Ndul? Mereka adalah bukti nyata bahwa menjadi youtuber adalah sebuah profesi yang mengunutungkan, selain mendapatkan penghasilan dari internet plus bisa menjadi terkenal.

Baca Juga:

    Catatan: Informasi lain yang mungkin belum lengkap dalam postingan ini, insya allah akan dilengkapi pada postingan-postingan saya yang lainnya. So, sering-seringlah ke matahaya.com untuk mendapatkan update artikel terbaru. Terima Kasih!

    0 komentar

    Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.