IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Web/Blog yang dimiliki oleh setiap narablog pada umumnya memiliki perbedaan dengan blog-blog lainnya. Sebab, setiap blog memiliki karakter tersendiri sesuai dengan karakter yang dibangun oleh pemilik blog (narablog). Oleh karena itu sebagai seorang narablog kita perlu mengenal blog yang kita kelola. Beberapa orang yang telah sukses dalam dunia blogging adalah orang-orang yang sangat kenal dan paham dengan blog mereka. Sehingganya mereka dapat mengelola blog dengan baik sesuai dengan tema atau karakter yang telah mereka bangun.


Mengenal blog sama halnya dengan mengenal diri sendiri serta mengenal pembaca blog. Ke dua elemen ini adalah elemen yang paling penting untuk menciptakan hubungan dan koneksi yang saling menguntungkan antara blog – narablog – pembaca.

Bagi anda yang memanfaatkan blog sebagai media untuk mencari/mendapatkan uang dari internet. Maka mengenal blog adalah salah satu metode yang perlu anda terapkan supaya dapat membangun blog dengan baik, menciptakan hubungan dan koneksi yang baik dengan pembaca, serta memperoleh pandangan dan nilai positif dari mereka. Sehingga anda sebagai narablog menjadi dihargai, dipercaya, dan dinilai bertanggung jawab.

Baca Juga: 4 Manfaat Artikel Blog dengan Konten Original

Oleh karena itu silakan anda jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk menguji “Seberapa Kenalkah Anda dengan Blog Anda?”

1. Siapakah nama anda sebagai seorang Narablog?

Jika anda masih menggunakan nama samaran dalam dunia blogging anda! maka anda sepertinya masih agak malu-malu untuk menjadi seorang narablog, sehingganya di mata pembaca anda tidak akan dipercaya. Sebab anda tidak memiliki identitas yang jelas sebagai seorang narablog. Dalam arti yang kasar kita tidak dapat dipercaya. Oleh karena itu alangkah baiknya menjadi seorang narablog pergunakanlah nama asli anda atau nama yang pada umumnya dikenal oleh keluarga, kawan atau teman-teman anda.

Ini dilakukan untuk memberikan kepercayaan diri menjadi seorang narablog, supaya lebih jauh dapat memperkenalkan diri kepada pembaca, dan berkomunikasi dengan mereka. Sehingga kita pun mendapatkan ilmu dari pembaca serta pengunjung yang telah berkomentar dan berkomunikasi melalui blog yang kita kelola.

2. Apakah Hanya Anda yang Menulis di Blog yang Anda Kelola?

Jika iya, maka sebaiknya sajikanlah artikel-artikel bermanfaat serta original! Yakni artikel yang anda tulis sendiri berdasarkan ilmu yang anda pahami dan menggunakan gaya kepenulisan atau karakter yang kita miliki. Hal ini dilakukan agar artikel yang disajikan memiliki perbedaan dengan artikel-artikel di blog lain. Meski pembahasannya masih pada topik yang sama.

Jika Tidak atau Blog anda menerima tulisan tamu, maka sebaiknya selalu melakukan verifikasi terhadap artikel yang masuk sebelum dipublikasikan ke dalam blog. Terutama dengan melakuka uji artikel apakah merupakan artikel copy paste atau bukan? Sehingga anda dapat menjaga nama baik anda dan blog yang anda kelola.

3. Apa yang anda Ketahui Mengenai Kebutuhan Pembaca dalam Blog Anda?

Mengetahui kebutuhan pembaca dalam blog yang kita kelola memang terbilang sulit. Tetapi pada umumnya kita dapat mengetahuinya dengan mengidentifikasi artikel-artikel yang banyak dikunjungi pembaca. Oleh karena itu selalu melakuka check up terhadap artikel yang banyak dibaca, dikomentari, disuka, dan dibagikan oleh pembaca. Sebab kemungkinan besar artikel-artikel jenis tersebut yang banyak dilirik adalah artikel-artikel yang sangat diminati oleh pembaca blog anda. Sehingga kita bisa mulai memfokuskan pembahasan atau penulisan terkait topik yang banyak dilirik oleh pembaca blog kita. Selain cara tersebut anda juga bisa menggunakan cara Tanya jawab antara pembaca blog anda dengan anda sendiri.

4. Mengenai Konten yang Anda Sajikan di Blog: Apakah Konten Original atau Copy Paste?

Jika konten blog anda banyak menyajikan artikel hasil Copy Paste, maka sebaiknya anda harus berpikir dua kali untuk memperoleh manfaat dari blog. Terutama untuk mendapatkan uang dari internet. Sebab, anda akan dibenci oleh pembaca dan narablog lainnya. Sehingga lambat laun blog yang anda kelola akan menjadi blog usang yang tidak dihargai oleh orang lain (pembaca dan narablog lainnya). Dan kerja keras anda tidak akan membuahkan hasil apa-apa.

5. Apakah Anda Selalu Jujur dan Menepati Janji?

Jika anda memiliki janji dengan salah satu pembaca blog anda, sebaiknya tunaikan janji tersebut. Tertutama jika kita berjanji akan menjawab pertanyaannya dalam bentuk artikel atau yang lainnya. Selain itu jujur dalam menulis dipandang sangat penting untuk menciptakan kepercayaan antara kita sebagai seorang narablog dan pengunjung sebagai pembaca blog.

Baca juga: Bahaya Copy Paste Artikel bagi Narablog/Blogger dan Blognya

Kelima pertanyaan di atas jika disimak dengan baik atau katakanlah disimak secara sederhana saja. Kita akan dapat menyimpulkan bagaimana blog kita akan berkembang, bagaimana blog kita akan menjadi sebuah blog yang dihargai. Bahkan kita bisa mulai menilai bahwa blog yang kita kelola sepertinya tidak akan mendapatkan hasil apa-apa. Hal ini sesuai dengan apa yang kita lakukan mengenai blog yang kita kelola. Jika dibuat baik tentu akan mendatangkan kebaikan tetapi jika dibuat semena-mena (buruk) maka tentunya akan mendatangkan keburukan juga.

Oleh karena itu menjadi seorang narablog kita perlu mengenal blog yang kita kelola, sehingga kita bisa mencintai dan menghargai blog kita dan diri kita sendiri.

Demikian tulisan saya mengenai “Seberapa Kenalkah Anda dengan Blog Anda?” semoga informasi di dalamnya dapat bermanfaat untuk anda. Apabila memiliki pertanyaan terkait tulisan ini silakan anda dapat memberikan komentar melalui kotak komentar di bawah. Selain itu jika anda memiliki kritik dan saran kepada saya. Kiranya dapat memberikan sumbangsi ilmu yang dapat memberikan manfaat kepada saya untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada pada diri saya terutama dalam membangun blog ini kedepannya. Sekian dan Terima Kasih…

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment