Type something and hit enter

author photo
Post by On
Blog adalah kependekan dari Web Log, Istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada tahun 1997. Istilah Weblog menurut Jorn Barger adalah kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara berkala, berisi link-link website lain yang mereka anggap unik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Sementara Eko Candra dalam blognya menyebutkan Blog adalah sebuah diary atau catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Termasuk bisa berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali.

Melihat penjelasan di atas mengenai pengertian blog, secara sederhana blog dapat didefinisikan sebagai situs web yang sifatnya pribadi dan lebih menitik beratkan kepada penggambaran pribadi orang yang membuat blog tersebut.

Berdasarkan pendapat di atas Blog atau Web Log dapat kita artikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti membagikan artikel atau karya tulis, menautkan link-link bermanfaat di internet, dokumen, video, musik, dll.


Namun seiring perkembangannya, dewasa ini blog mulai diarahkan secara kreatif dengan tidak hanya dijadikan sebagai diary atau catatan online pribadi di internet.

Blog kini telah banyak diarahkan layaknya seperti sebuah website pada umumnya yang berisi informasi mengenai sebauh komunitas, informasi usaha, jasa atau layanan instansi tertentu, sumber referensi: tutorial, artikel ilmu pendidikan, sains, teknologi, dll.

Sehingganya blog kini tidak lagi dapat diartikan sebagai sebuah media online yang hanya dimanfaatkan sebagai diary online atau dikelola sendiri.

Melainkan telah mengalami banyak perubahan dan telah menjadi sebuah media berpromosi, serta berbagi ilmu dan segala sesuatu yang bermanfaat kepada banyak orang secara online, dan dapat dikelola sendiri maupun dijalankan bersama tim atau komunitas.

Fungsi Blog

Melihat ulasan di atas kita telah menyimpulkan bahwa blog berfungsi sebagai media online layaknya seperti sebuah website dan dapat difungsikan sebagai media berpromosi, menjalankan usaha online, dan berbagi ilmu yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi kepada pembaca.

Manfaat Blog

Memiliki sebuah blog, berarti kita memiliki tanggung jawab terhadap setiap konten yang nantinya disajikan di dalam sebuah blog. Konten yang bermanfaat dan tidak bermanfaat akan memiliki cerita yang berbeda terkait manfaat yang nantinya bisa didapatkan dari blog.

Oleh karena itu Manfaat Blog hanya bisa didapatkan apabila blog dikelola secara bijak dalam menyajikan konten-konten yang memiliki nilai edukasi atau bermanfaat bagi pengunjung atau pembaca blog.

Jika Blog dikelola secara positif, maka beberapa manfaat ini akan didapatkan dan dirasakan oleh si pemilik blog. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Mengasah Kemampuan Menulis



Sadar tidak sadar memiliki sebuah blog akan menularkan sebuah virus manfaat yang baik bagi penggunanya. Salah satu manfaat tersebut adalah blog akan melatih penggunanya untuk memiliki keahlian atau kemampuan menulis yang secara kontinu diolah dari waktu ke waktu dan menjadi semakin baik.

Manfaat ini tidak serta merta didapatkan oleh seorang blogger dari blog yang dimiliknya apabila dia tidak memiliki tanggung jawab dan nilai moral yang tinggi untuk menghargai dirinya.

Manfaat ini hanya akan diperoleh oleh seorang blogger dari blog yang dimilikinya bilamana dia tahu bahwa dengan memiliki blog dia harus siap menulis konten untuk blognya secara mandiri.

Termasuk rajin menambah referensi bacaan dan menulis konten blog secara mandiri.

2. Mengasah dan Menambah Wawasan Berpikir


Memang benar bisa dibilang ini terjadi tanpa kita sadari. Meski demikian bukan berarti kita tidak mengetahui hal ini. Setiap blogger pasti menyadari bahwa hampir setiap hari dia belajar dan membaca berbagai referensi untuk keperluannya menulis sebuah artikel yang menarik berdasarkan ilmu dan dari referensi yang jelas atau berisi kajian dan informasi yang faktual.

Kebiasaan menulis tersebutlah yang akhirnya melahirkan gagasan-gagasan baru, menumbuhkan kreativitas berpikir, terutama kemampuan kognitif dalam berkomunikasi atau dalam berbahasa tulis. Hal inilah yang kemudian menjadikan pemilik blog menjadi lebih luas wawasan berpikir dan cara pandangnya terhadap sesuatu persoalan.

3. Media Curhat untuk Menuliskan Keluh Kesah dan Mendapatkan Teman


Terkadang saat seseorang suntuk dan galau misalnya. Mereka memerlukan teman untuk dapat memberikan mereka masukkan atau saran dari persoalan yang mereka miliki. Meski demikian terkadang pula ada orang yang ketika ingin menyampaikan keluh kesahnya dia tidak memiliki seorang teman yang dapat dia ajak bicara.

Akhirnya ia kemudian menuliskan apa yang dia rasakan ke dalam buku diary pribadinya. Tetapi ada juga mereka yang malah berani menuliskan curhatan mereka ke dalam sebuah tulisan di blog dan mendapat tanggapan dari pembaca blog mereka.

Lambat laun akhirnya mereka merasa memiliki teman online yang bisa mereka ajak bicara dan berbagi pendapat tentang persoalan yang mereka hadapi.

Kalau kamu merasa demikian, sebaiknya buatlah blog dan menulis kisah dan ceritamu sendiri di sana. Sebab, menulis bisa mengasyikan karena kamu akan banyak belajar dan berkenalan dengan banyak orang (blogger lain).

Baca Juga:

4. Media untuk Melakukan Promosi Secara Online dan Toko Online Gratis


Beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari blog adalah dengan menjadikan blog kita sebagai media untuk berpromosi atau beriklan.

Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan bagi teman-teman yang ingin mempromosikan produk jualan termasuk menjadikan blog sebagai website toko online yang menjual beberapa produk tertentu.

Ini dapat dilakukan bila kita bisa mengisi profil, dan beberapa informasi lain dengan jelas. Sehingga memudahkan pembaca memahami isi promosi atau toko online kita lalu menelusuri lebih lanjut media promosi atau toko online dari blog yang kita miliki.

5. Sebagai Mesin Penghasil Uang (Make Money Online)


Ini agak cukup menegangkan bukan? Tapi, begitulah manfaat blog. Kalau kita mau menyempatkan diri untuk membaca dan mencari informasi lebih lanjut. Kita akan mendapatkan banyak informasi atau kisah sukses seseorang sebagai blogger.

Mereka menjadi jutawan hanya karena memiliki sebuah blog. Ini dikarenkan mereka mengerti bagaimana blog bermanfaat bagi mereka sebagai mesin penghasil uang!

Atas dasar itulah mereka mengelola dan mengembangkan blog mereka agar bermanfaat dan banyak dicari oleh pembaca. Sehingganya mereka dapat memanfaatkan blog yang mereka miliki sebagai asset atau mesin uang online melalui media periklanan seperti google adsensen, dll.

Dari situlah kemudian blog mereka menjadi mesin penghasil uang yang bahkan bisa memberikan mereka pendapatan jutaan hingga puluhan jutaan dari blog.

Namun tidak semua mampu atau dapat menciptakan blognya menjadi bermanfaat sebagai mesin penghasil uang dari internet. Sebab penggunanya harus bekerja keras tanpa menyerah sampai suatu waktu dia mendapatkan hasil yang dia inginkan.

Baca Juga:

Mungkin masih banyak lagi manfaat dari blog yang belum atau tidak disebutkan dalam postingan kali ini. Oleh karena itu jika dari sobat yang memiliki informasi lain atau ingin menambahkan dan mengoreksi atau mengomentari postingan ini sangat kami hargai. Sebab kritik dan saran yang diberikan akan menjadi ilmu dan sumber informasi yang dapat bermanfaat untuk pengembangan blog ini ke depannya.

Selamat membaca semoga informasi mengenai "Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaat Blog" dalam postingan di atas memiliki faedah dan bermanfaat untuk anda. Sekian dan Terima Kasih.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment