IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Diantara sobat yang membaca tulisan ini pasti pernah menemukan masalah "Zone is not active yet". Masalah ini saya temukan ketika hendak mencoba DOMAIN gratisan layanan www.freenom.com/. Terutama untuk mengatur CNAME Blog kita yang akan disandingkan dengan DOMAIN yang telah kita daftarkan di Freenom.com/.

Permasalahan yang saya dapatkan adalah ketika harus memasangkan CNAME Blog ke "DNS Management Domain" Freenom.com/ saya tidak menemukan from untuk memasukan CNAME blog saya. Saya hanya menemukan "Zone is not active yet".

Padahal saya sudah mendaftarkan dua domain di Freenom.com/ hitung-hitung daripada tidak dipakai atau rugi 0% karena sudah mendaftar. Akhirnya saya pun memutusakan untuk mencari solusinya!

Baca Juga: Cara Membeli Domain Murah .Com/ di Niagahoster

Karena telah memiliki dua domain di Freenom.com Apalagi yang harus saya pikirkan?

Tentu saja saya ingin langsung mencoba untuk menghubungkan domain yang sudah saya daftarkan dengan blog saya. Saya pun mulai mencari cara untuk menghubungkan atau mengaitkan domain dari freenom.com/ tersebut ke blog saya. Bahasa kerennya adalah melakukan Custom Domain Blogger dengan Freenom.com/

Akhirnya saya menemukan sebuah tutorial yang diulas oleh bilikupdate.com kemudian setelah membaca tutorial di web tersebut saya mendaptkan sedikit pencerahan dan akhirnya memberikan keberanian diri untuk melakukan custom domain blogger dengan freenom.com/ namun di tengah jalan saya jatuh dan tidak bisa melanjutkan sebab menemukan masalah "Zone is not active yet".

Akhirnya lagi-lagi saya pun mencari solusinya lewat si google! Alhamdulilah lewat abang saya si google saya bertemu dengan septian.web.id dan disinilah akhirnya saya menemukan akar permasalahan "Zone is not active yet". Kemudian memberikan saya sebuah keberhasilan dalam melakukan custom domain gratisan di blog pribadi saya saat itu di "www.winkamaru.tk"

Berikut saya jabarkan selengkap mungkin mengenai cara melewati masalah "Zone is not active yet" saat custom domain blogger di freenom.com/. Dijamin sukses karena saya telah mencobanya dan work 100% Gratis!

#Pertama


Pastikan anda telah login ke freenom.com dan masuk ke menu "DOMAIN => My Domain" sehingga muncul tampilan seperti di bawah.



#Kedua

Langkah selanjutnya silakan sobat pilih "Manage Domain" yang ada simbol geriginya di sebelah kanan! Sehingga sobat akan dibawa menuju ke laman pengaturan DOMAIN. Kurang lebih tampak seperti gambar di bawah:


#Keempat


Silahkan ubah Pengaturan Nameservers dari "Use custom nameservers (enter below)" ke mode "Use default nameservers" Kemudian pilih "Change Nameservers"


#Kelima


Setelah berhasil mengarahkan atau mengubah nameservers ke pengaturan Default sekarang silakan pilih atur DNS sobat lagi. Kemudian pilih "Manage Freenom DNS". Dijamin sobat tidak akan menemukan masalah "Zone is not active yet". Kurang lebih lebih dapat lihat seperti gambar di bawah:



#Keenam


Silakan sobat masukan CNAME Blog sobat dan IP Google, untuk mulai menghubungkan domain gratis dari freenom.com dengan blog sobat! Kurang lebih menjadi seperti pada gambar di bawah ini.



Ini adalah contoh pengaturan yang saya terapkan pada domain www.winkamaru.tk

#Ketujuh

Pada langkah ini, selamat domain sobat telah berhasil dihubungkan dengan Blogger! Silakan masukkan domain sobat ke setelan blogger dan SIMPAN. Berikut domain "www.winkamaru.tk" saya yang telah saya hubungkan dengan blogger.

Silakan tonton video di bawah ini mengenai pembuatan domain gratis di freenom, sekaligus mengatasi masalah Zone Is Not Active Yet yang ditemukan.


Demikian! Semoga ulasan singkat di atas dapat bermanfaat untuk sobat yang menemui masalah "Zona Is Not Active Yet" saat menghubungkan domain freenom ke blogger. Sekian dan Terima Kasih.

10 komentar

avatar

Sama-sama Gan! Terima Kasih juga sudah berkunjung dan berkomentar... Salam

avatar

tulisan "management tool" nya ngga ada sob. Gimana neh?

avatar

Saat masuk ke freenom mas silakan masuk ke menu - "Domains" - kemudian pilih - "My Domains" - disitu ada domain mas yang sudah didaftarkan dengan status aktif apabila memang sudah aktif. Selanjutnya silakan mas ke arah sebelah kanannya... Pilih "Manage Domain" lihat ada icon gerigi disana. Silakan di klik - Setelah di Klik mas akan menemukan menu "Management Tools" disana. Selanjutnya silakan langsung custom saja domain mas ke blog-nya... Sekiranya silakan baca semua tutor di atas... saya kira sudah jelas mas... terima kasih telah berkunjung dan bertanya. semoga membantu...

avatar

selamat yah... hehe

avatar

Makasih banyak gan

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment