Type something and hit enter

author photo
Post by On
Tuntutan menulis di blog bagi setiap blogger seperti menjadi bumerang yang menyerang diri sendiri. Banyak dari blogger akan memilih melakukan copas artikel blog orang lain demi memperkaya artikel di blog.

Hal ini dilakukan karena iri, malas, tidak memiliki ide, putus asa serta belum memiliki pemahaman yang positif mengenai blogger. Sehingga cara sesat pun dipilih untuk memeperkaya blog dengan artikel copas (plagiat/curian). Tanpa memikirkan bahasa melakukan copas (copy paste) artikel bagi blog dan dirinya sendiri.

Baca Juga: 4 Manfaat Artikel Blog, dengan Konten Original

Bahaya Copy Paste Artikel Bagi Blogger dan Blog pada awalnya tidak akan terlalu berbahaya jika hanya dilakukan sekali dua kali lalu tobat. Tetapi jika kebiasaan copy paste artikel menjadi sebuah kebutuhan dasar dalam pengelolaan blog maka akan banyak mendatangkan dampak buruk dan sangat berbahaya bagi seorang blogger dan blognya sendiri.


Berikut bersama matahaya blog saya akan mengulas dan menguraikan beberapa bahaya yang dapat dialami oleh blogger dan blognya apabila masih melakukan kebiasaan copas/copy paste artikel blog orang lain.

1. Blog ditendang Keluar dari Rangking Pencarian di Mesin Pencari. Misal: Google

Melakukan copy paste atau copas artikel orang lain memang asyik dan sangat menggembirakan, karena kita dapat memiliki sebuah artikel blog dengan konten-konten yang berkualitas dari blog orang lain.

Sehingga kita pun yakin bahwa blog akan banyak pengunjungnya. TUNGGU DULU! di atas itu kata siapa? pernyataan tersebut adalah pernyataan sesat yang sangat berbahaya apabila ditelan mentah-mentah tanpa dianalisis lebih jauh. Sebab umumnya blog atau artikel hasil copas tidak akan memiliki mutu dan nilai yang berkualitas.

Blog dengan artikel copas atau artikel hasil curian anda akan ditendang jauh-jauh dari mesin pencari.

2. Peringkat Blog Menurun Karena Laporan DMCA

Mungkin saja melakukan copy paste artikel pada awalnya akan membuat blog menjadi blog super hebat. Memiliki banyak pengunjung dan merupakan blog dengan peringkat teratas. Namun jangan terbuai dengan hal ini jika pada awalnya blog hanya dibangun dengan artikel-artikel hasil copas blog orang lain. Sebab di dunia ini yang menjadi blogger tidak hanya kita seorang. Para blogger yang merasa dirugikan karena artikel blog mereka dicuri oleh kita akan murka dan sangat marah.

Akhirnya Blog banjir Laporan DMCA dan lambat laut nasib Blog pun menjadi seperti nomor 1 di atas. Blog akan ditendang jauh-jauh dengan peringkat blog turun drastis.

3. Mendapat Bully-an dan Nama Baik Tercemar

Beruntung bagi blogger pengec*t dan pec*ndang yang tidak menggunakan nama asli dan hanya menggunakan nama samaran. Bully-an mungkin tidak akan terlalu mengganggu dan begitu memalukan.

Tetapi bagi anda yang melakukan copy paste artikel dengan identitas yang dikenali oleh banyak blogger. Maka anda memiliki alasan untuk khawatir kalau suatu saat kebiasaan sesat anda melakukan copy paste artikel akan mendatangkan bully-an dan ejekkan dari blogger-blogger lain. Tentu saja selain membuat diri anda malu, nama baik anda pun tercemar di mata blogger dan pembaca blog anda.

4. Menjadi Blogger yang Kehilangan Ide serta Kreatifitas

Bahaya yang diperoleh akibat melakukan copy paste artikel keempat kali ini. Mungkin tidak akan terlalu berpengaruh bagi blogger yang tidak bisa menghargai ide dan kreatifitas seseorang dan kreatifitas diri sendiri.

Menjadi blogger copas akan membuat diri anda kehilangan kepekaan terhadap lingkungan yang menyebabkan diri sulit menemukan ide dan kreatifitas dalam mengerjakan sesuatu. Terutama dalam hal menulis dan sharing artikel kepada banyak orang melalui blog.

Akhirnya tanpa disadari kita menjadi blogger yang tidak memiliki rasa tanggung jawab kepada orang lain dan diri sendiri.

5. Memakan Barang Haram dan Mendapat dosa

Bagi blogger religius yang memiliki kepekaan terhadap dosa dalam hidupnya tidak akan memandang remeh dan akan menjauhi barang haram dan dosa. Poin kelima dari bahaya melakukan copy paste artikel dari blog orang lain berikut, dikarenakan melakukan copy paste artikel adalah tindakan tidak bertanggung jawab yang sama saja seperti melakukan pencurian.

Selain itu khusus bagi blogger yang memperoleh uang dari blog-nya dengan artikel-artikel blog hasil copas. Uang atau apapun yang didapat menjadi haram nilainya jika dilihat dari sudut pandang religius. Sehingga akan merugikan blogger dalam mendapatkan penghasilan yang diridhoi dan memiliki berkah.

6. Blog Rawan Penghapusan oleh Google

Khusus pengguna blogger.com/ kebiasaan melakukan copy paste untuk memperkaya artikel blog memiliki bahaya yang paling tinggi. Blog akan banjir laporan dari seluruh pengguna blogger yang artikelnya dicopas. Sehingga tanpa pemberitahuan pihak google yang mengetahui blog dengan artikel copas akan dihapus secara permanen tanpa pemberitahuan sama sekali.

Jika Anda memiliki adsense dengan saldo yang telah terkumpul. Uang tersebut akan dikembalikan kepada pengiklan adsense yang telah dirugikan dan tidak mendapat apa-apa!

Apapun bentuknya menjadi blogger yang hanya bisa melakukan copy paste artikel blog orang lain sangatlah tidak baik. Banyak kerugian dan bahaya yang dapat diperoleh seorang blogger hanya dikarenakan kebiasaan copas artikel.

Selain beberapa poin di atas mungkin masih banyak hal-hal lainnya yang dapat merugikan blogger dan blognya dari kebiasaan dan cara sesat copas artikel. Bagi sobat yang memiliki pemahaman dan perbandingan lain mengenai bahaya copas atau copy paste artikel, mungkin dapat menyampaikan gagasannya melalui kotak komentar di bawah.

Demikian selamat membaca dan menyimak. Semoga informasi di atas mengenai "Bahaya Copy Paste Artikel Bagi Blogger dan Blognya" dapat bermanfaat bagi sobat. Sekian dan Terima Kasih.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment