IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Menulis di blog pada dasarnya sama saja dengan pengertian menulis pada umumnya. Yaitu: mencurahkan ide, gagasan, dan pandangan dengan menggunakan bahasa tulis secara santun dan baik untuk disampaikan kepada pembaca.

Hanya saja bagi seorang blogger, menulis di blog adalah metode penyampaian informasi yang mengandalkan internet sebagai metode penyebaran informasi yang paling efektif ketimbang menulis pada secarik kertas atau menulis hanya untuk disimpan di komputer.

Baca Juga: 4 Manfaat Artikel Blog dengan Konten Original

Bagi blogger pemula pasti sering bertanya-tanya bagaimana caranya agar tulisan yang disajikan dalam blog memiliki daya tarik serta enak dibaca oleh pengunjung blog. Pertanyaan-pertanyaan ini sering membuat blogger pemula down! sebab meski sudah lama menulis blog masih saja sepi pengunjung. Kejadian seperti ini perlu diantisipasi sebab akan mendatangkan hal buruk bagi seorang blogger dan blog yang dikelolanya.


Menulis memang bukan perkerjaan yang mudah apalagi harus memiliki daya tarik serta enak dibaca oleh pengunjung blog. Sebab kita harus mengetahui karakter pembaca, kesukaan, minat, dan hobi yang pembaca inginkan. Darimana mengetahui hal itu? Jawabannya sulit dan saya sendiripun ragu jika harus mengatakan saya tahu.

Baca Juga: Bahaya Copy Paste Artikel Bagi Blogger dan Blognya

Namun meski demikian kita masih memiliki beberapa tips yang dapat diterapkan agar tulisan blog dapat memiliki daya tarik dan enak untuk dibaca.

1. Tulislah Artikel dengan Topik yang Anda Pahami

Kita boleh saja menulis banyak artikel dengan banyak judul dan dari berbagai topik dengan syarat tulisan yang kita tulis dapat dipertanggungjawabkan dan benar-benar kita pahami topik dan pembahasannya. Jika anda belum begitu paham mengenai topik yang akan ditulis.

Sebaiknya perbanyak referensi dan memperkaya pemahaman mengenai topik tersebut kemudian setelah benar-benar dipahami barulah anda menulis artikel untuk blog anda.

2. Gunakan Bahasa yang Menarik (Bahasa Gaul - Bahasa Indonesia)

Bahasa tulis banyak memiliki perbedaan dengan bahasa lisan. Sehingganya untuk menarik pembaca supaya membaca tulisan kita hingga selesai maka kita harus mampu memilih dan menggunakan bahasa yang menarik sebagai syarat mutlak untuk diterapkan dalam menulis artikel blog.

Beberapa orang menyarankan agar menggunakan bahasa gaul dan beberapa yang lainnya menyarankan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar setidaknya sekitar 80 persen. 

Hanya saja menurut saya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga: Cara Kreatif Menemukan Ide Menulis di Blog

Penggunaan bahasa gaul mungkin akan menarik dan enak dibaca apabila pembaca adalah mereka yang menyukai bahasa-bahasa seperti itu misalnya pada blog yang target pembacanya adalah muda-mudi. Sementara untuk kalangan dewasa mereka akan cenderung memilih membaca tulisan dengan bahasa Indonesia yang baku atau menggunakan bahasa-bahasa populer. 

Hal ini kemudian membuat dilema bagi blogger dan akhirnya bingung menulis menggunakan bahasa seperti apa yang baik dan enak dibaca nantinya oleh pembaca. 

Untuk mengantisipasi pikiran seperti ini bagi blogger adalah dengan menggunakan bahasa seperlunya serta disesuaikan dengan topik yang dibahas dalam artikel yang ditulis. Namun sebisa mungkin untuk selalu mengutamakan bahasa baku adalah poin yang paling penting.

3. Menulislah Seperti sedang Berbicara kepada Pembaca (Bersahabat dengan Pembaca)

Menulis pada dasarnya memiliki medium yang sama dengan berbicara yaitu bahasa, yang membedaknnya hanyalah cara yang digunakan lisan dan non-lisan (tertulis). Oleh karena itu menulis seperti sedang berbicara kepada pembaca sangatlah penting agar pembaca merasa terlibat dalam tulisan tersebut untuk terus membaca tulisan kita dan mencoba memahami apa yang sedang kita sampaikan kepadanya.

4. Hindari Pembahasan Yang Terlau Melebar dan Bertele-tele Bila Tak diperlukan

Boleh saja dalam penulisan ada kata pembuka dan kata penutup. Hanya saja kita harus selalu meperhatikan topik yang dibahas. Sebisa mungkin hindari pembahasan yang bertele-tele, tidak penting, dan sama sekali tidak memiliki hubungan dengan topik yang dibahas dalam tulisan kita.

Terutama adalah jika pembahasannya berputar-putar dan tidak terstruktur. Hal tersebut dapat membuat bingung pembaca, dan akhirnya membuat mereka tidak betah dan cepat-cepat meninggalkan bacaannya.

5. Temukan Karakter Anda sebagai Penulis Blog

Jika menulis mulai mengasyikkan bagi anda maka mulailah mengenal diri anda dan menulislah sesuai dengan karakter anda sendiri. Menulis dengan menggunaka karakter sendiri adalah hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan keakraban pembaca dengan diri anda melalui tulisan-tulisan yang anda tulis di blog. Selain itu menulis dengan karakter sendiri akan memberikan “pembeda” antara anda dan blogger lainnya.

6. Jangan Tergesa-gesa untuk Memosting Artikel ke Blog

Setelah tulisan anda rampung, sebaiknya diperiksa dan disunting terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya kita dapat menghindari kesalahan penulisan, serta kesalahan-kesalahan lain seperti: kalimat yang tidak nyambung, memiliki makna yang ambigu, pembahasan yang terlalu melebar, dll.

Menulis adalah suatu aktivitas yang dapat dibilang tidak mudah, butuh ketekunan dan kesabaran untuk menjadi seorang penulis. 

Misalnya sebagai penulis blog. 

Oleh karena itu untuk menjadi penulis blog maka rajinlah menulis, perkaya informasi, berlatih, dan percaya diri dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan. Meski tulisan kita saat ini hanya biasa-biasa saja mungkin suatu saat dengan aktivitas dan rutinitas kita dalam menulis kita akan menjadi seorang penulis yang profesioanl. Amin...

Intinya teruslah berproses dalam menulis, hingga akhirnya kita akan mengerti bagaimana membangun komunikasi dengan pembaca, bagaimana memunculkan karakter sebagai penulis blog, dan bagaimana mengemukakan topik dan membahasnya secara runtut dan terstruktur.

Jadi... semuanya hanya perlu terus berproses hingga kita mengerti bagaimana nantinya bertindak dan berkarya bermediakan tulisan... Salam Blogging!

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment