Type something and hit enter

author photo
Post by On
Tips Sebelum Membuat Postingan Pertama di Blog sebaiknya menjadi pertanyaan paling awal bagi sobat blogger pemula yang baru saja membuat blognya dan masih belum tahu bagaimana dan apa yang harus diperhatikan dalam membuat postingan di blog mereka.


Saya juga merupakan blogger pemula yang baru saja belajar ngeblog dan berbagi kepada sesama pengguna internet di dunia khsusnya indonesia.

Membuat postingan di blog memang tidak begitu sulit. Tetapi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menulis konten blog.

Beberapa syarat diantaranya adalah kita harus mengetahui beberapa ketentuan umum dalam membuat postingan di blog agar kita dihormati blogger dan pembaca blog kita.

1. MENENTUKAN TOPIK BLOG

Sebelum melangkah lebih jauh dalam membuat postingan pertama di blog, sebaiknya anda perhatikan "TOPIK" yang akan anda isi atau ulas dalam blog anda dan kalau bisa konsentrasikan dan selalu taat kapada TOPIK pembahasan dalam blog anda. Misalnya topik Blog anda adalah "Tutorial Blog" maka selalu diusahakan setiap tulisan dari postingan-postingan anda tidak melenceng dari topik yang anda bahas.

2. KONTEN HARUS ORIGINAL


Anda ingin dihormati blogger lain, pembaca blog anda khususnya google, maka hindari kebiasaan kopi paste yang tidak bertanggung jawab.

Harus dikatahui bahwa google sangat menyukai konten yang original. Konten yang ditulis berdasarkan ulasan dan bahasa kita sendiri, selain itu menulis konten yang oroginal akan membuat anda dihormati blogger lain dan pembaca blog anda. Kopi Paste adalah terlarang dan sangat dibenci google dan pengguna internet terutama bagi para blogger.

copy paste sama halnya dengan Plagiat atau pencurian konten, sebaiknya anda hindari.

3. HINDARI KONTEN SARA DAN P*RN*GRAFI

Berhati-hati dalam berbicara itu sangat penting sama seperti berhati-hati dalam tulisan. Tulisan yang baik adalah tulisan yang ketika dibaca, tulisan tersebut memberikan informasi yang bermanfaat.

Hindari atau sunting selalu konten atau tulisan anda, perhatikan tidak mengandung unsur SARA terutama jika berisi gambar, jauhi gambar dengan konten p*rn*grafi. Sebab akan mengurangi nilai dan kualitas tulisan anda termasuk kualitas diri kita.

4. JANGAN MENULIS ARTIKEL DENGAN JUDUL PALSU

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan agar anda dihormati pembaca blog anda yakni dengan tidak memberikan judul palsu pada artikel yang anda tulis.

Judul Palsu adalah judul yang pada dasarnya tidak memiliki hubungan sama sekali dengan isi artikel atau konten blog yang ditulis. Memang benar dengan judul-judul yang bombastis serta membuat penasaran akan gampang mengundang pembaca ke blog kita.

Tapi ingat!

Itu hanya kunjungan pertama setelah itu pembaca tidak akan percaya lagi dengan artikel-artikel anda lainnya. Sehingga jangan heran jika tiba-tiba blog anda banjir pengunjung dan tiba-tiba turun drastis pula. (pengunjung lari dari blog anda dan tidak mempepercayai anda lagi).

5. PERHATIKAN KERAPIAN TULISAN TERMASUK EJAAN DAN TANDA BACA

Ada yang mengatakan menulis seperti berlari, edit nanti kebelakangan. Makna dari ungkapan ini adalah silakan kita menulis secara bebas dan mengalir dan setelah selesai menulis jangan terburu-buru untuk dipublikasikan.

Sebab hal yang paling inti dalam tulisan anda adalah kerapian artikel yang anda tulis, termasuk ejaan dan tanda bacanya.

Sehingganya sunting sangat perlu dan sangat penting untuk terlebih dahulu artikel yang sudah anda tulis, dirapikan lagi kemudian silakan dipublikasikan jika tulisan anda sudah enak dipandang mata.

6. HINDARI TULISAN PERHALAMAN ITU MENJENGKELKAN

Sebenarnya sah-sah saja jika kita membuat tulisan perhalaman yakni tulisan yang membahas satu topik tetapi dibagi ke dalam beberapa halaman. Misal: Halaman 1, Halaman 2, Halaman 3, dst. Tulisan tersebut seharusnya memiliki pembahasan yang sangat panjang sehingga kita membaginya ke dalam beberapa halaman.

Sayangnya apabila tulisan anda tidak begitu panjang dan cara ini diterapkan hanya untuk membuat pembaca berlama-lama di blog anda.

Menyelesaikan bacaannya perhalaman yang padahal tulisan anda hanya sehalaman di MS. Word. Yakinlah pembaca anda akan risih dan jengkel membaca tulisan anda bahkan bisa jadi mereka tobat membaca artikel anda yang lainnya.

Akhirnya tulisan yang sudah susah anda tulis sepi pembacanya.

Pengunjung dan pembaca adalah target kita dalam membuat dan mengisi konten blog dengan artikel-artikel, atau ulasan-ulasan dan tips bermanfaat lainnya. Sehingganya janganlah menuntut mereka untuk membaca tulisan kita tetapi membuat mereka ikhlas datang dan mampir membaca artikel yang kita tulis.

Dengan begitu insya allah kita akan dihormati dan blog kita pun ramai pengunjungnya.

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai postingan ini silakan sampaikan komentar, baik kritik dan saran anda melalui kotak komentar di bawah. Sekian... Salam dan Terima Kasih.

2 komentar

avatar

Thanks infonya , tulisannya santai sangat pas, banyak kata kuncinya .. SJP Singkat jelas dan padat..Cendol mas..

avatar

makasih gan... selamat datang

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment