Type something and hit enter

author photo
Post by On
Sebelum mengenal dan mulai menulis di blog saya adalah seorang peminat dan penggila internet. Penggila dunia maya terutama media sosial buatan Mark Zuckerberg sekaligus CEO Facebook Inc.

Mungkin diantara anda ada yang mengenal dan sudah mulai menggunakan facebook sejak SD atau mungkin SMP.


Tapi saya tidak, Internet dan Facebook pertama kali bisa saya nikmati pada tahun 2010 disaat masih di bangku sekolah SMA.

Miris kan? Bagaiamana awamnya saya tentang Internet waktu itu.

Meski demikian saya dapat membuktikan bahwa saya tidak terlalu bego-bego amat menggunakan internet.

Sebab meski belum mengenal facebook waktu itu. Saya bisa membuat akun facebook saya secara mandiri bermodalkan sebuah hape nokia 6300, nomor hape dan data internet *363# Telkomsel.

Ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi anak kampung seperti saya.

Bagaimana tidak?

Saya merasa internet telah menjadi media yang sangat bermanfaat untuk mencari apa yang ingin saya pelajari. Kejadian tersebut menjadi awal untuk saya mempelajari banyak hal dari internet.

Melirik kejadian di waktu itu, membuktikan bahwa saya bukanlah seorang ahli dan jago di dunia persilatan online. Hehehe.

Tulisan ini sengaja saya muat dan posting di blog sederhana ini berharap dapat menjadi sumber bacaan bagi teman-teman yang masih menganggap dirinya awam dan gaptek.

Padahal menurut saya gaptek dan awam terjadi ketika kita tidak mau menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan di sekitar kita.

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari internet, semua tergantung dengan minat dan keinginan kita. Ini saya katakan sebab saya telah merasakannya manfaatnya.

Jika anda adalah seorang yang hobi membaca maka internet dapat menjadi buku online yang dapat anda manfaatkan untuk menggali ilmu pengetahuan yang sedang dan akan anda pelajari.

Dewasa ini internet telah banyak mendatangkan banyak manfaat bagi penggunanya. Mendapatkan uang di internet, usaha toko online, jual beli/transaksi online, memiliki banyak teman dengan membangun jaringan dan komunikasi, mendapatkan berbagai informasi, dan masih banyak lagi.

Hanya saja kita perlu dan harus berhati-hati dalam menggunakan internet. Menggunakan internet secara bijak adalah hal yang perlu kita lakukan ketika dan sedang mengakses internet.

Berikut beberapa Tips yang perlu diperhatikan saat mengakses internet

1. Mencari Informasi Terpercaya

Memperoleh informasi dari internet saat ini sudah sangat mudah. Kita hanya perlu mengetik keyword di salah satu mesin pencari dan tara! sesuatu yang ajaib pun terjadi. Informasi-informasi yang kita cari akan tersusun sangat rapi.

Kita hanya perlu memilih mana yang harus kita baca. Dalam pemilihan tersebut kita harus jeli membaca informasi yang kita dapatkan. Selalu diusahakan untuk mengambil informasi-informasi dari website-website terpecaya.

2. Mencari Informasi Yang Tepat Sasaran


Selain Informasi yang terpercaya mencari informasi yang tepat juga sangat perlu menjadi perhatian serius bagi kita.

Jika anda mencari sebuah informasi mengenai “TEKNOLOGI” maka carilah informasi-informasi tersebut dalam website-website yang memang secara khusus membahas hal-hal yang mengenai teknologi.

3. Hindari Mencari hal-hal yang Tidak Bermanfaat

Anda ingin memperoleh manfaat dari internet? Maka gunakanlah internet dengan bijak. Jangan mencari hal-hal yang sama sekali tidak mendatangkan hal yang baik bagi kita.

Sebab dengan mencari informasi-informasi yang tidak bermanfaat. Bukan membuat kita mendapatkan manfaat dari internet melainkan kita hanya akan memperoleh efek negatif dari internet dan akan mendatangkan kehidupan yang buruk bagi kita.

4. Seimbangkan Dunia Nyata dan Dunia Maya

Keseringan berinternet ria akan membuat kita lupa dengan aktivitas yang seharusnya kita jalankan di dunia nyata. Jika hal seperti ini terjadi maka kita bukan memanfaatkan internet lagi. Tapi kita telah lalai dalam memanfaatkan internet dengan bijak.

Jadi, selalu seimbangkan kegiatan anda saat online dan kegiatan harian anda di dunia nyata. Kecuali memang pekerjaan anda sebagai seorang internet marketing. (Tapi jangan sampai lupa makan) Hehehe.

5. Jangan Mudah Percaya dengan Berita dan Informasi Yang Kita Baca

Media Sosial kini tidak hanya menjadi layanan online yang menghubungkan kita dengan teman-teman kita yang jauh. Melainkan telah menjadi sebuah tempat berpromosi dan membagikan link-link dari tautan-tautan website tertentu.

Sebab bisa saja informasi maupun berita yang dibagikan tersebut adalah HOAX atau tidak memiliki sumber dan bukti-bukti yang jelas.

6. Jauhi Link-Link SPAM dan Virus

Pernah mendapatkan tautan P*rn*grafi di beranda/grub facebook yang dibagikan teman? Hindari link dan tautan tersebut kalau tidak ingin akun facebook kita mengalami hal yang sama dengan teman kita. Link-link tersebut adalah link-link SPAM yang biasanya berisi Virus.

Sekali kita terkena virus dari link-link SPAM tersebut maka akun kita suatu saat tanpa kita sadari akan membagikan tautan-tautan P*rn*grafi seperti yang kita dapatkan dari teman kita.

Hal ini akan menyebabkan nama baik kita pada teman-teman menjadi tidak baik.

Internet memiliki banyak manfaat apabila digunakan dengan baik dan bijak. Tetapi akan mendatangkan banyak efek buruk bagi kita apabila tidak digunakan secara bijak. Jadi berinternet juga perlu berhati-hati dalam mencerna dan menelaah berbagai informasi.

Semakin lihai dalam memilih informasi yang tepat. Maka akan semakin bermanfaat ilmu yang kita peroleh dari internet.

Demikian semoga tulisan anak kampung mengenai tips berinternet dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Meski terdapat banyak kekurangan mengenai pembahasan dan penulisannya. Sekian dan Terima Kasih.

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus

Click to comment