IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Desain sebuah template website ataupun blog sangat berperan penting dalam menggambarkan karakter, tujuan, dan topik dari sebuah website.

Apalagi jika template tersebut menyediakan antarmuka yang menarik bagi pengunjung, responsive, ringan, serta memiliki optimasi SEO yang baik. Tentu menjadi sebuah nilai tambah bagi website termasuk pemilik website dan pengunjungnya.

Template website yang banyak diincar oleh para blogger khususnya yang mengelola website blog adalah template-template web yang biasanya memiliki antarmuka yang bersih, rapi, dan didominasi dengan warna putih.


Selain template yang responsive, ringan, serta memiliki optimasi SEO yang baik. Sebuah web maupun blog sangat bergantung pada konten yang disajikan di dalamnya.

Konten atau artikel yang berkualitas akan menjadi magnet yang dapat menarik pengunjung mampir ke blog atau web kita. Begitu pula dengan navigasi blog yang jelas dan ramah untuk pengunjung.

Oleh karena itu memilih dan mendesain Template sesuai dengan karakter blog serta kebutuhan pengunjung menjadi sebuah pertimbangan yang perlu dipikirkan oleh setiap pengelola web dan blog.

Oleh karena itu mungkin diantara kita ada yang sedang bertanya-tanya, jenis template blog seperti apa yang harus saya gunakan di web atau blog?

Hal ini adalah pertanyaan umum yang sering dilontarkan oleh blogger pemula termasuk saya.

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk memiliki template blog yang sesuai dengan selera dan karakter blog.

Pertama adalah dengan mendesain template web atau blog secara mandiri, Kedua mencari template-template blog gratisan di internet, Ketiga membeli template blog premium atau membayar jasa seseorang untuk mendesain template blog /web kita.

Diantara ketiga cara di atas!

Khususnya pengguna Blog, banyak yang memilih cara kedua sebagai solusi nomor wahid.

Hal ini dikarenakan kita belum dan bahkan tidak memiliki kemahiran dalam mendesain template web/blog secara mandiri, serta tidak memiliki dana yang cukup (maklum anak kosan, hehehe).

Sementara bagi mereka yang memiliki rezeki yang lebih tentu akan memilih template-template blog premium atau membayar jasa seseorang untuk mendesain template web/blog mereka.

Baca Juga:

Dari permasalahan-permasalahan tersebut muncul pertanyaan di benak kita. Apasih sebenarnya perbedaan yang dimiliki template blog premium dan yang gratisan?

Berikut saya akan megulasnya secara sederhana dengan pengetahuan saya yang masih pas-pasan.

Jadi, mungkin saja akan berbeda pandangan dengan sobat blogger lainnya. Jika demikian silakan memberikan koreksi melalui komentar di blog sederhana ini.

PERBEDAAN TEMPLATE PREMIUM DAN TEMPLATE GRATIS

1. DILIHAT DARI SISI KOMERSIL

Template blog gratis adalah template blog yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma dan semua orang dapat memiliknya. Sementara Template Blog Premium untuk mendapatkannya kita perlu membelinya terlebih dahulu kepada pembuatnya.

Untuk mencari template-template premium dan gratis silakan saja anda mencarinya di internet, atau mengunjungi web/blog yang menyediakan Template-template Blog Premium dan Gratis seperti “SUGENG.ID, BUNGFRANGKI.COM.” Dll.

2. DILIHAT DARI KELENGKAPAN STRUKTUR KODE HTML/CSS-NYA.

Pada dasarnya template blog premium memliki perbedaan struktur kode mengenai Optimasi SEO di Mesin Pencari (Search Engine).

Biasanya Template Premium-lah yang memiliki kelengkapan struktur kode HTML/CSS handal ketimbang Template Blog yang gratisan.

3. CREDIT LINK PADA FOOTER TEMPLATE

Credit Link pada Footer Template biasanya dapat kita temukan di bawah template dan berisi informasi pembuat template tersebut.

Pada Template Versi Gratis Credit Link tersebut tidak boleh dihapus atau diganti sebab template tersebut merupakan hasil karya dan merupakan Hak Cipta dari pembuatnya.

Sementara untuk versi Premium Credit Link tersebut dapat dihapus atau diganti sesuai keinginan kita.

4. DILIHAT DARI PENGGUNANNYA

Template Blog Premium biasanya hadir dalam Edisi Langka, Sehingga memiliki sedikit penggunannya ketimbang template blog gratisan.

Demikian postingan kali ini mengenai Perbedaan Template Blog Premium dan Gratis.

Menurut anda template manakah yang cocok digunakan bagi web/blog? Silakan sampaikan pendapat anda melalui kotak komentar di bawah ini. Sekian semoga bermanfaat. SALAM dan Terima Kasih.

2 komentar

avatar

Kalau dari sisi trafik menggunakan trafik premium seperti apa gan, terimakasih

avatar

Kalau berbicara menggunakan trafik premium berarti membutuhkan dana untuk mendatangkan trafik. Seperti mempromosikan web melalui iklan, atau menggunakan tools premium umumnya pada blog yang menggunakan wp.og. Untuk blogger[dot]com optimasi trafik salah satunya adalah menggunakan template blog premium. Sementara untuk trafik normal berarti harus membangun optimasi SEO untuk blog dan artikel blog...

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment