IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Blog adalah sebuah website personal dan biasanya dikelola secara mandiri. Dahulu blog banyak dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai buku diary online.

Namun seiring dengan perkembangannya blog kini tidak lagi menjadi sebagai media catatan online semata, melainkan telah mampu menempatkan diri layaknya sebagai sebuah website yang dapat menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses oleh seluruh pengguna internet.

Blog telah menjadi fenomena yang sangat populer bagi pengguna internet khususnya para blogger. Persaingan terlihat dimana-dimana.

Hal ini dikarenakan persaingan bloggers dan journalits sempat mengemuka di kancah persilatan internet hanya karena dapat dengan mudah tulisan-tulisan dalam sebuah blog menyajikan informasi yang beragam sehingga menciptakan banyak persaingan untuk menduduki tingkat pertama di mata mesin pencari.

Meski demikian banyaknya persaingan sesama pengguna internet khususnya para pengelola blog dan website. Tidak membuat bloggers diam dan berhenti untuk tidak menulis dan berbagi informasi kepada banyak orang.

Justru semakin hari jumlah bloggers semain bertambah dan membengkak menjadi calon-calon blogger dan journalist yang siap bersaing dengan bersenjatakan informasi.

Hal ini tidak begitu mengherankan sebab blog ataupun website saat ini telah banyak dimanfaatkan sebagai media mencari uang, berpromoasi, tidak hanya berbagi informasi.

Ini disebabkan para pengguna internet banyak mengincar dan memanfaatkan blog sebagai media internet marketing atau bisnis onlline.

Terlepas dari semua hal yang telah disebutkan di atas. Terkait manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah blog. Blog juga dapat dikembangkan dan dikelola untuk tujuan pendidikan atau non-komersil. Salah satunya adalah Pemanfaatan Blog Guru Bagi Tenaga Pengajar.


Blog Guru adalah sebuah blog yang tujuan dan pengelolaanya semata-mata sebagai media informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. Selain itu Blog Guru memiliki peran yang sangat penting bagi Guru. Oleh karena itu tulisan ini dibuat untuk menggambarkan beberapa Manfaat yang akan dimiliki oleh seorang Guru apabila memiliki Blog Guru.

Manfaat Blog Guru Bagi Tenaga Pengajar

1. BERBAGI KEPADA SESAMA BLOG GURU INDONESIA (SALING MEMBANTU)


Dengan memiliki Blog Guru, kita dapat berbagi dan mendapatkan informasi seputar pendidikan khususnya di indonesia. Berita-berita pendidikan, serta informasi--informasi lainnya yang terkait dengan proses dan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu dengan memiliki Blog Guru bergabunglah dengan Komunitas Guru Era Baru di www.guraru.org untuk berbagi dan menemukan berbagai informasi seputar pendidikan serta hal terkait lainnya yang berhubungan dengan profesi seorang guru.

2. MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE
Blog adalah sebuah website personal yang dapat diakses oleh umum. Sehingga sebagai seorang guru blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online seperti menulis artikel pembelajaran, soal online, media peraga, video tutorial, serta informasi lainnya yang dapat menghubungkan guru dengan siswa melalui Blog Guru.

3. MENJALIN KOMUNIKASI DAN MENAMBAH JARINGAN PERTEMANAN SESAMA GURU

Memiliki sebuah blog Guru tentu akan memberikan kita kesempatan untuk menjalin komunikasi antarguru di seluruh indonesia. Selain itu dapat menambah jaringan pertemanan sesama guru terutama dalam berbagi informasi seputar pendidikan di tanah air.

4. MENJADI PENULIS DAN SEORANG PENELITI

Dengan memiliki Blog Guru, kita dapat menjadikan blog sebagai media yang dapat mengasah terus keterampilan menulis serta menuntut produktivitas guru dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya.

Selain itu aktivitas menulis tersebut secara tidak langsung akan merangsang pengetahuan guru untuk terus mengembangkan ilmunya, mencari berbagai macam literatur pendidikan, permasalahan pendidikan, yang lambat laun tampa disadari guru telah menjadi seorang penulis dan seorang peneliti yang telah mencurahkan produktivitasnya untuk kepentingan pendidikan di tanah air tercinta ini.

5. BONUS PLUS (MENDAPATKAN UANG DARI BLOG)

Dengan memiliki blog serta memiliki pengunjung yang lumayan. Blog tidak hanya akan menjadi sumber informasi bagi orang lain. Sebab blog dapat dimanfaatkan dua arah yakni akan menjadi sama-sama menguntungkan.

Keuntungan pertama kepada pembaca blog yang menemukan informasi di blog kita, sementara keuntungan kedua adalah keuntungan bagi pengelola blog untuk memperoleh uang dari internet melalui blogging. (BLOG GURU)

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogger

Pada dasarnya blog adalah media untuk berbagi informasi, tetapi apabila kita telah memiliki banyak pengunjung perharinya dalam blog kita. Maka tidak ada salahnya Blog anda atau BLOG GURU sekalipun di monetisasi untuk memperoleh uang dari internet dengan menjadi Publisher Iklan atau Adsense.

Demikian postingan saya pada kesempatan ini, semoga artikel mengenai Manfaat Blog Guru Bagi tenaga Pengajar dapat bermanfaat untuk anda. Sekian..., Salam dan Terima Kasih.