ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Dewasa ini telah banyak platfrom penyedia blog yang telah dimanfaatkan banyak orang untuk membuat blog lalu difungsikan sebagai sebuah media online untuk berbagi informasi secara online di internet.

Dengan majunya perkembangan teknologi internet ini, setidaknya memberikan ruang baru dari aspek bisnis, akses informasi dan komunikasi menjadi sangat baik.

Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai hal terutama aktivitas manusia.


Kegiatan-kegiatan online seperti: mencari dan membeli e-book di internet, membaca artikel online, bersosial media, chatting, belanja online dan lain sebagainya telah marak dilakukan oleh orang-orang di zaman milenial seperti saat ini.

Tentu kegiatan tersebut dibarengi oleh adanya berbagai sistem yang cukup kompleks terutama antara orang yang menyediakan informasi atau jasa serta konsumen atau pengguna internet yang membutuhkan informasi.

Blogger adalah salah satu pengguna internet yang mempunyai satu peranan penting, sebagai salah satu pengguna internet yang memanfaatkan blog untuk membagikan informasi berupa artikel online kepada pembaca.

Secara umum blogger memang berperan sebagai penulis artikel dengan memanfaatkan blog untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembacanya. Namun blog yang dibangun oleh seorang blogger memiliki banyak manfaat baik kepada blogger itu sendiri.

Artinya blog yang dimiliki blogger juga mempunyai manfaat bagi seorang blogger. Tidak hanya bagi pembaca blognya saja.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya merangkum beberapa manfaat yang bisa didapatkan seorang blogger dengan blog yang dimilikinya.

1. Melatih Keterampilan menulis

Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang wajib dimiliki siapapun. Tanpa kemampuan menulis kita akan sangat sulit berkomunikasi non-lisan. Salah satu contoh nya seperti bersosial media, berkirim email, termasuk menulis konten atau artikel untuk blog.

Saleh Abbas (2006: 125) mengemukakan pendapatnya bahwa menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis.

Sejalan dengan pendapat tersebut Ahmad Roffi'uddin dan Darmiyati Zuhdi (1999: 159) mengatakan keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan menuangkan pikiran, gagasan, pendapat tentang sesuatu, tanggapan terhadap suatu keinginan, atau pengungkapan perasaan dengan bahasa tulis.

Meski demikian, hemat saya menulis bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Sebab untuk menjadi terampil dalam menulis maka harus banyak berlatih dan berkontak langsung dengan kegiatan menulis itu sendiri.

Salah satunya adalah dengan memiliki blog dan berlatih menulis artikel di blog yang dimiliki dan dibagikan secara online untuk dibaca dan dikritik banyak orang.

Bila anda adalah seorang pelajar, maka kegunaan blog bagi anda tentu akan memberikan manfaat yang sangat baik dalam melatih keterampilan menulis dan keterampilan menyampaikan pendapat melalui bahasa tulis.

2. Melatih Otak dalam Bernalar dan Berkreasi

Memiliki sebuah blog dan menulis konten artikel di blog secara kontinu akan melatih otak kita dalam bernalar dan berkreasi.

Sebab dalam pengelolaannya blog akan menuntut kita menulis artikel-artikel bermanfaat bagi pembaca dan berkualitas.

Sehingganya secara tidak langsung akan merangsang cara berpikir kita menjadi lebih kritis serta terus menggali potensi diri dalam hal kemampuan serta keterampilan dalam menulis.

Hal tersebutlah kemudia melatih otak kita dalam bernalar dan berkreasi dalam menulis. Agar tulisan yang dibuat bisa menjadi menarik dan disukai pembaca.

Selain itu, kegiatan tersebut dapat memberikan banyak wawasan kepada kita. Ini dikarenakan menulis adalah salah satu kegiatan yang biasanya dibarengi pula dengan kegiatan membaca. Sehingga mampu menambah wawasan dan ilmu seorang blogger.

3. Mendapatkan Ilmu IT seperti CSS, HTML, dan Javascript

Satu hal lain manfaat blog bagi blogger adalah memberikan pemahaman baru kepada blogger mengenai ilmu coding dasar seperti HTML, CSS, dan Javascript untuk memodifikasi atau membuat template sebuah blog.

Hal ini bagi blogger yang mempelajarinya dengan serius, maka ia akan mempunyai keahlian tambahan dalam mendesain sebuah tampilan halaman website sederhana seperti blog.

4. Mendapatkan Banyak Teman

Dengan sebuah blog yang dimiliki blogger, biasanya akan berdampak pada sesuatu yang bermanfaat seperti mendapatkan banyak teman online.

Ini dikarenakan, Jika blogger telah mendapatkan banyak pengunjung ke blognya. Biasanya pengunjung-pengunjung tersebut beberapa diantaranya adalah blogger yang kemudian menjalin komunikasi dan pertemanan dan belajar bersama dalam ngeblog.

5. Bisa Mendapatkan Penghasilan Online dari Internet

Yap… dengan memiliki blog dan memanfaatkannya secara baik. Maka blog akan menjadi salah satu sumber penghasilan seorang blogger melalui aktivitas online-nya di internet.

Beberapa sumber penghasilan yang didapatkan bisa melalui monetisasi blog, kerja sama content placement, dan menjual jasa atau produk melalui blog.

Baca: Darimana Blogger Mendapatkan Uang dari Internet?

Bagaimana?

Apakah anda juga ingin menjadi seorang blogger? Dan memperoleh manfaat di atas untuk diri anda juga?

Jika memiliki niat anda bisa saja mencapai apa yang anda inginkan, berikut silakan ikuti artikel “langkah-langkah membuat blog dengan mudah di blogger” bila anda ingin membuat sebuah blog dan menjadi blogger.

Sebenarnya masih banyak fungsi blog yang bisa memberikan manfaat kepada seorang blogger. Namun manfaat blog secara umum bagi blogger seperti yang sudah diulas di atas sudah cukup memberikan motivasi diri bagi blogger.

Terutama bagi seorang blogger pemula seperti saya.

Mungkin sekian postingan saya mengenai “5 manfaat blog bagi blogger”. Mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan.

Selain itu jika ada yang ingin menambahkan manfaat lain yang didapatkan oleh blogger dari blog yang dimilikinya. Silakan bagikan pendapat anda tersebut melalui kotak komentar di blog ini.

0 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Sebisa mungkin tidak berkomentar dengan tujuan berpromosi disertai link hidup, karena otomatis akan dianggap sebagai tindakan spam.