ketik sesuatu lalu enter

author photo
Oleh:
Popularitas dan permintaan menulis bagi blogger di tanah air tidak dapat dibendung lagi. Setiap hari banyak bermunculan blogger-blogger pemula yang tentu saja setiap dari mereka akan dituntut untuk menulis artikel atau tulisan di dalam blog yang mereka miliki.

Tujuan dan pembuatan blog pun beragam, begitupun isi konten yang ditawarkan.

Tetapi pada dasarnya blog banyak dimanfaatkan sebagai media untuk memperoleh uang dari internet. Ini yang banyak diincar oleh blogger.

Diantaranya dengan menawarkan jasa, menjadi publisher iklan, afiliasi, berbagi dan menjual ­e-book, aplikasi, dan masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan.

Bahkan blog saat ini telah menjadi incaran para advertiser atau pemasang iklan termasuk google melalui program mereka yang banyak digilai blogger yakni google adsense.
Cara Kreatif Agar Selalu Menemukan Ide Menulis di Blog
cara agar selalu menemukan ide menulis artikel di blog

Blog-blog yang banyak pengunjungnya akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk dilirik pengiklan untuk memasang dan mempromosikan produk mereka ke dalam blog. Pun berpotensi mendapatkan penghasilan yang cukup besar. 

Hal ini kemudian menjadi incaran dan motivasi diri bagi para blogger untuk berburu ide dalam menulis dan menarik pengunjung dan pembaca datang sebanyak-banyaknya ke blog mereka.

Meski demikian, ternyata banyak diantara para blogger suatu waktu akan menemukan jalan buntu untuk menulis.

Tidak perduli dia seorang blogger pemula maupun blogger professional. Permasalahan seperti ini tidak hanya menjadi kekhawatiran para blogger melainkan menjadi masalah serius yang perlu diwaspadai secara dini.

Hal ini dikarenakan, membangun sebuah blog menjadi sukses, mendapatkan banyak pengunjung, dan memiliki popularitas yang bagus di mesin pencari adalah tantangan berat yang perlu dihadapi seorang blogger.

Pelan-pelan terutama bagi blogger pemula yang mulai suntuk karena kehabisan ide untuk menulis, diperparah dengan motivasi diri yang menurun karena melihat blognya tidak juga berkembang dan mendapatkan banyak kunjungan ke blognya.

Pasti cenderung lemas dan suntuk, akibat kemalasan yang melanda tersebutlah biasanya blogger akan mengalami kecenderungan tidak mampu berpikir dengan baik termasuk kehabisan semangat dan ide untuk bahan tulisannya di blog.

Akhirnya popularitas blog menurun seiring waktu karena tidak selalu diupdate dan memberikan informasi terbaru untuk pengunjung dan pembaca blognya.

Bahkan pada kondisi yang paling parah, seorang blogger yang putus asah biasanya akan mengambil jalan curang dengan melakukan plagiarism atau copy paste artikel blog orang lain ke blog yang dimilikinya.

Padahal bahaya artikel blog dengan konten copy paste justru akan memperburuk citra, dan popularitas blog di mesin pencari dan membuat blog tidak bisa berkembang dan mencapai suksesnya.

Untuk meminimalisir keadaan seperti itu, berikut saya melalui blog ini matahaya.com akan merangkum beberapa cara mendapatkan ide kreatif untuk bisa terus menulis dan menerbitkan konten ke blog.

Panduan ini sangat penting untuk diterapkan dalam diri seorang blogger sehingga ia akan selalu memiliki ide menulis artikel di blog yang sedang dikembangkannya.

Berikut beberapa cara yang perlu blogger lakukan untuk selalu mendapatkan ide kreatif menulis artikel di blog:

1. Rajin Membaca

Poin pertama ini sering diabaikan banyak blogger, teruma mereka yang masih blogger pemula. Padahal membaca adalah cara terbaik untuk menambah wawasan seorang blogger untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya dalam berargumentasi maupun menulis.

Bahkan dengan membaca, blogger akan menemukan banyak informasi baru yang belum diketahuinya, semakin update ilmu yang dimiliki blogger dari aktivitas membaca maka akan memperkaya isi artikel blog yang dibuatnya nanti.

Termasuk memberikan gambaran dan banyak ide-ide baru untuk dituangkan dalam pembuatan artikel-artikel di blog miliknya.

Semakin tinggi kualitas dan kuantitas artikel yang dibuat seorang blogger untuk blognya tentu akan sangat berdampak baik bagi perkembangan, kualitas, dan popularitas dari sebuah blog.

Maka mulailah untuk rajin membaca dan menambah banyak referensi untuk artikel-artikel blog yang akan anda buat nantinya di blog.

2. Seringlah Mampir dan Berdiskusi di Forum-forum Komunitas Online

Mampir dan berdiskusi di forum-forum komunitas online adalah sebuah cara yang dapat dimanfaatkan seorang blogger untuk memperoleh berbagai permasalahan umum yang banyak ditanyakan dan dibahas di forum-forum tersebut.

Misalnya jika anda sering tergabung di dalam grub-grub online blogger, biasanya di sana akan banyak blogger pemula yang mempunyai pertanyaan aneh-aneh juga beberapa diantaranya bisa cukup penting bagi anda.

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya kita bisa mengolahnya menjadi sebuah ide untuk menulis sebuah artikel demi menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

Alhasil, artikel yang ditulis tersebut langsung bisa disuguhkan kepada penanya yang ingin mengetahui apa yang ditanyakannya.

Mengapa hal tersebut bisa menjadi sebuah ide dan bahan menulis artikel anda, dikarenakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Biasanya akan cenderung panjang.

Daripada dijawab melalui komentar, maka lebih baik dibuatkan artikel khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut yang bisa dijadikan konten artikel blog anda.

3. Rajin Berkomentar di Blog-blog Terkenal Serta Mempelajari Artikel–artikel Mereka

Rajin berkunjung dan berkomentar di blog-blog terkenal terutama blog-blog yang relevan dengan isi dari konten blog anda akan sangat baik dari sisi SEO. Sehingga berpotensi membangun hubungan yang saling menguntungkan untuk kedua blog.

Selain itu berkunjung ke blog-blog terkenal juga sangat baik untuk memberikan wawasan baru kepada anda. Sebab di sana akan banyak artikel-artikel online berkualitas yang bisa anda pelajari secara gratis.

Blog-blog terkenal adalah blog-blog yang biasanya memiliki ribuan bahkan jutaan pengunjung di blog mereka.

Berkomentarlah di blog-blog tersebut serta pelajari teknik-teknik penulisan mereka, serta teknik-teknik yang mereka terapkan dalam membuat sebuah artikel di blog anda.

Dengan demikian hal ini diharapkan supaya anda bisa terinspirasi dan termotivasi. Bahkan bisa saja anda akan menemukan beberapa ide kreatif yang kemudian dapat dikembangkan dalam menulis artikel di blog yang anda miliki. (Hindari Copas)

Baca Juga: 4 Manfaat Artikel Blog Konten Original

4. Memodifikasi Judul Artikel Blog Orang Lain Ke dalam Topik Berbeda

Memodifikasi judul artikel blog orang lain menjadi Ide judul artikel blog kita adalah sebuah cara yang saya temui pada salah satu ulasan “blogodolar.com” sebuah blog milik Kang Yudiono.

Caranya yakni dengan memodifikasi judul artikel dari blog orang lain menjadi judul artikel baru disesuaikan dengan tema pembahasan di dalam blog kita.

Contoh: Artikel Orang Lain (Diperoleh dari Majalah, Koran, dll)

  • 7 Jenis Virus Komputer Berbahaya di Tahun 2015

Judul tersebut biasanya ditulis pada topik-topik bahasan Gadget atau Teknologi dan masih dapat dimodifikasi menjadi sebuah judul artikel baru.

Tentu saja disesuaikan dengan topik pembahasan pada blog yang anda miliki.

Misalnya jika blog anda adalah sebuah blog yang membagikan informasi seputar blogging. Maka Judul di atas dapat dimodifikasi menjadi seperti berikut:

  • 7 Jenis Blog Populer Sepanjang Tahun 2019
  • 7 Jenis Niche Blog Populer di Tahun 2019
  • 7 Tipe Yang Wajib Dimiliki Blogger Sukses, dll

Dengan demikian cara memodifikasi judul artikel blog orang lain adalah cara paling mudah yang dapat anda terapkan untuk mendapatkan judul baru dan ide kreatif menulis artikel blog.

5. Optimis, Disertai Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal

Seorang blogger harus optimis dan percaya diri, bahwa blog yang dikembangkannya akan mencapai sukses seperti yang dicita-citakan.

Sebab visi misi yang optimis biasanya akan membangun semangat dan mampu melengserkan banyak alasan dan malas untuk diam serta tidak mau menulis artikel untuk blognya.

Optimis dan rajin berdoa, selalu berusaha, terus berikhtiar dan tawakal adalah pelengkap dari setiap usaha yang perlu dilakukan seorang blogger baik dalam proses pencarian ide menulis artikel di blog, menulis, dan mengembangkan blog.

Poin terakhir ini bisa menjadi sebuah penyemangat, sehingga tidak ada alasan bagi seorang blogger hanya berdiam diri dan tidak mencari ide-ide kreatif serta ide penting lainnya untuk memperkaya artikel di blog yang dimilikinya.

Mungkin masih ada jutaan cara yang dapat dilakukan supaya blogger dapat dengan mudah menemukan ide kreatif dalam menulis artikel.

Tetapi pada dasarnya, beberapa pokok persoalan mendasar di atas apabila dijalankan dengan baik. Insya Allah anda tidak akan mentok suatu saat dalam menemukan pencarian ide kreatif menulis artikel di blog.

Demikian postingan saya pada kesempatan kali ini, semoga ulasan sederhana di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Sukses selalu…

4 komentar

Bantu kami dengan berkomentar secara relevan serta memberikan kritik yang membangun. Komentar yang berisi link hidup tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

  1. makasih sudah mau berbagi pengetahuan,
    salam Ngeblogg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan! terima kasih atas kunjungan dan komentarnya... Salam juga!

      Delete
  2. tipsnya sangat bermanfaat. terima kasih

    ReplyDelete