Type something and hit enter

author photo
Post by On
Popularitas dan permintaan menulis bagi seorang blogger tidak dapat dibendung lagi. Setiap hari banyak bermunculan blogger-blogger pemula yang tentu saja mereka secara natural akan dituntut untuk menulis artikel atau tulisan di blog yang mereka miliki.

Tujuan dan pembuatan blog pun beragam, begitupun isi konten yang ditawarkan.

Tetapi pada dasarnya blog banyak dimanfaatkan sebagai media untuk memperoleh uang dari internet. Diantaranya dengan menawarkan jasa, publisher iklan, afiliasi, berbagi video, dan masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan.
agar selalu menemukan ide menulis artikel di blog
Blog menjadi incaran para pemasang iklan termasuk google sendiri. Blog-blog yang banyak pengunjungnya akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk dilirik pengiklan memasang dan mempromosikan produk mereka.

Hal ini kemudian menjadi incaran dan motivasi diri bagi para blogger untuk berburu ide dalam menulis dan menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog mereka.

Meski demikian banyak di antara para blogger sekarang atau kedepannya suatu ketika pasti akan menemukan jalan buntu tidak perduli dia seorang blogger pemula maupun blogger lama yang sudah cukup dibilang profesional. Hal ini dikarenakan tiap orang akan memiliki masa jenuh dan stress. Akibatnya kreativitas menulis, bahan, dan ide untuk menulis seakan hilang dan mentok. Bingung dan tidak tahu harus kemana?

Permasalahan seperti ini tidak hanya harus menjadi kekhawatiran para blogger melainkan menjadi masalah serius yang wajib diwaspadai sejak dini!

Berikut ini bersama matahaya.com sayak akan mengulas hanya 4 Cara dari jutaan cara yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan ide kreatif dalam menulis atau menghasilkan konten artikel untuk blog.

1. Rajin Membaca, Mampir, dan Berdiskusi di Forum-forum Komunitas Online

Rajin membaca, mampir, dan berdikusi di forum-forum komunitas online adalah sebuah cara yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh berbagai permasalahan umum yang banyak ditanyakan dan dibahas di forum-forum online.

Sehingga permasalahan, serta topik-topik hangat yang dibicarakan dan dicerna dapat kita kemas menjadi sebuah ide untuk membuat artikel blog. Jadi kita harus menyimak dan menganalisa topik dan permasalahan dengan baik kalau perlu siapkan pena dan kertas termasuk smartphone untuk mencatat poin-poin penting yang kita temukan. Bila dianggap penting!

2. Berkomentarlah di Blog-blog Terkenal serta Pelajarilah Artikel-artikel Mereka

Blog-blog terkenal adalah blog-blog yang biasanya memiliki ribuan bahkan jutaan pengunjung perhari atau perbulannya.

Berkomentarlah di blog-blog tersebut. Pelajari teknik-teknik penulisan, serta teknik-teknik yang mereka terapkan dalam membuat dan menyusun artikel dari judul hingga isi.

Dengan demikian hal tersebut diharapkan mampu memberikan kita inspirasi, ide dan memotivasi kita untuk lebih tanggap dan lebih produktif.

Bahkan bisa saja membuat kita menemukan berbagai ide kreatif yang dapat kita kembangkan dalam menulis artikel di blog. Catatan penting yang perlu diperhatikan pada poin ini kita harus menghindari aktivitas blogging dengan teknik copas.

3. Cobalah untuk Memodifikasi Judul Artikel Orang Lain

Memodifikasi judul artikel orang lain menjadi Ide judul artikel blog kita adalah sebuah cara yang saya baca dalam ulasan “blogodolar.com”

Caranya yakni kita melakukan modifikasi judul artikel menjadi judul artikel baru sesuai dengan tema pembahasan dalam blog milik kita.

Contoh:
Artikel Orang Lain (diperoleh dari Majalah, Koran, dll) berjudul: "5 Jenis Virus Berbahaya Sepanjang Tahun 2015"

Judul tersebut biasanya ditulis pada topik-topik bahasan Gadget atau Teknologi dan masih dapat kita modifikasi.

Namun kita harus menyesuaikannya dengan topik pembahasan pada blog milik kita.

Misalnya blog kita adalah blog yang membagikan informasi blogging. Maka Judul di atas dapat dimodifikasi menjadi.

5 Jenis Blog Populer Sepanjang Tahun 2016
5 Jenis Niche Blog Populer Sepanjang Tahun 2016
5 Tipe yang dimiliki Blogger Sukses, dll

Bila blog kita mengenai traveling maka judulnya bisa kita ubah menjadi.

5 Tempat Wisata Populer di Indonesia Sepanjang Tahun 2017
5 Tempat Wisata Bagus dan Murah Buat Keluarga
7 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Traveling

Intinya dengan demikian memodifikasi judul artikel orang lain kita akan menemukan gambaran dan topik baru yang akan kita bahas dalam tulisan-tulisan kita selanjutnya.

Jadi ini adalah solusi paling mudah dalam menciptakan dan membuat judul Artikel Blog termasuk ide untuk menulis di blog!

4. Optimis dan selalu Ber-Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal sukses mendapat DUIT dari blog

Optimis dengan diimbangi Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal (DUIT) adalah langkah awal dan tujuan dari setiap yang telah kita kerjakan. (Jangan lupa ucap Amiin)...

Di luar sana pasti masih ada jutaan cara yang dapat dilakukan supaya menemukan ide kreatif dalam menulis, tetapi sebagai dasar empat pokok persoalan di atas bila dijalankan dengan baik. Insya Allah kita tidak akan mentok suatu saat dalam menemukan ide untuk menulis artikel di blog.

Sekian semoga beberapa celoteh saya pada postingan kali ini bisa sedikit memberikan stimulun untuk teman-teman yang sedang mengalami masalah dan kesulitan dalam menentukan judul artikel termasuk yang saat ini masih bingung menemukan inspirasi dan ide menulis artikel di blog miliknya.

Sekarang tinggal bagaimana respon yang diterima setelah membaca ini! Sukses selalu... tetap semangat bloggingnya...

6 komentar

avatar

makasih sudah mau berbagi pengetahuan,
salam Ngeblogg

avatar

Sama-sama gan! terima kasih atas kunjungan dan komentarnya... Salam juga!

avatar

Saya sangat setuju dengan tips belajar dari blog orang lain yg sukses dan kita ambil pelajaran dengan memodifikasi ataupun menerapkan pada blog kita meskipun berbeda topik..tipsnya sangat bermanfaat

avatar

terima kasih Herniawan(dot)com, atas kunjungannya, semoga bisa mendatangkan manfaat... kita sama-sama belajar...

avatar

tipsnya sangat bermanfaat. terima kasih

avatar

Sama-sama Gan! Sukses selalu

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment