IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Cara dan Aturan Membuat Artikel Blog - Artikel adalah sebuah karangan pendek yang terdiri mulai 300 hingga 100 kata. Umumnya membahas tema dan topik-topik tertentu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh penulisnya dalam menyampaikan ide dan gagasan berdasarkan realitas yang ada.

Cara menulis artikel maupun membuat artikel blog sama sekali tidak memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Sebab pada umumnya menulis artikel, menulis blog, menulis novel, menulis cerpen, menulis berita, dan menulis artikel di koran. Semuanya memiliki metode yang sama. Hanya saja beberapa penulis mungkin memiliki cara tersendiri yang dapat diterapkan sebagai tips menulis/membuat artikel.

Dalam postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara dan aturan yang harus diperhatikan dalam menulis artikel blog. Cara ini tidak hanya dapat dilakukan sebagai metode menulis artikel blog saja. Tetapi dapat diterapkan sebagai metode penulisan artikel secara umum.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat artikel blog diantaranya:

1. Mengetahui Ciri-Ciri Sebuah Artikel

Artikel merupakan tulisan pendek yang menyajikan sebuah informasi berupa fakta atau konsep tertentu seseorang yang diulas untuk menyapaikan realitas yang ada. Oleh karenanya sangat penting dalam membuat artikel blog kita memperhatikan ciri-ciri dalam sebuah artikel seperti:

  • Memiliki isi yang bersumber pada fakta tidak hanya berdasarkan realitas (telah disebutkan di atas) 
  • Berisi tulisan ringkas tetapi memiliki bahasan yang jelas, padat, dan tuntas. 
  • Bersifat faktual mengungkapkan data yang benar-benar diketahui oleh penulisnya 
  • Isi artikel dapat berupa pemaparan yang beragam. Argumentasi, Kisah Perjalanan, Biografi Tokoh, riset, Berita, dll 
  • Informasi yang ditulis dalam artikel umumnya harus menyangkut kebutuhan pembacanya. 

Mengapa saya perlu mengenal ciri-ciri dalam sebuah artikel?
Menulis artikel tidak ada bedanya dengan mengejar gebetan. Kita harus mengenal apa yang mereka suka. Kemudia kita melakukan hal-hal yang gebetan kita suka. Dengan demikian gebetan yang anda incar akan perlahan dekat dan mungkin menjadi kekasih anda.

Baca Juga: Cara Kreatif Menemukan Ide Menulis Blog

Oleh karena itu menulis artikel tidak hanya dengan memperhatikan ciri-ciri umum sebuah artikel. Melainkan harus konsisten dan selalu berusaha untuk menyampaikan gagasan secara bebas. Berikut ada beberapa langkah yang secara umum digunakan orang sebagai tahapan dalam menulis/membuat artikel, diantaranya:

1. Menentukan Tema

Tema sebuah artikel haruslah spesifik dan menarik untuk dibaca. Jadi menulis artikel harus meperhatikan kebutuhan pembaca.

2. Tujuan Penulisan

Membuat arikel apalagi mengenai artikel blog, kita harus menentukan tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Hal ini harus selalu disesuaikan dengan topik atau tema yang ada di dalam blog. Sehingganya topik yang dibahas harus menyangkut kebutuhan pembaca.

3. Merumuskan Ide atau Gagasan

Merumuskan ide atau gagasan dalam sebuah artikel dapat disusun berdasarkan sebuah pertanyaan layaknya artikel wawancara. Hal ini akan lebih menarik bagi pembaca dalam mengikuti artikel dari tulisan yang dibuat. Khusus pada artikel deskripsi dan narasi rumusan ide dan gagasan tidak ditampilkan secara tersurat melainkan tersirat dalam pembahasannya.

4. Membuat Kesimpulan

Kesimpulan dalam artikel adalah hasil dari seluruh pembahasan dalam artikel yang ditulis kemudian disusun sebagai sebuah kesimpulan yang menjadi dasar dan permasalahan-permasalahan inti yang perlu diingat dan digaris bawahi.

Di atas adalah beberapa pembahasan umum yang perlu diperhatikan dalam menuli artikel, Lantas bagaimanakah cara dan aturan membuat artikel blog?

Pada dasarnya penulisan atau membuat artikel blog tidak memiliki perbedaan dengan metoda dan cara yang telah disuguhkan di atas. Hanya saja ada beberapa aturan yang tidak boleh dan sangat dianjurkan kepada tiap blogger dalam penulisan artikel selalu dan usahakan tidak mencantumkan hal-hal berikut ini:

1. Konten Berisi Sara dan P*rn*grafi

Konten berisi SARA dan P*rn*grafi sangat tidaj dianjurkan dalam penulisan artikel blog. Sebab jenis artikel seperti ini tidak memiliki manfaat bagi pembacanya. Terutama jika dilihat berdsarkan nilai edukasinya.

2. Merupakan Hasil Copas dan Bukan dari Hasil Tulis dan Kreatifitas Sendiri

Menulis bukanlah sebuah perkara yang sulit dan memang bukan mudah butuh keuletan dan kesabaran untuk menjadi seorang penulis yang handal. Oleh sebab itu menjadi seorang yang membuat artikel blog dari hasil copas adalah salah satu ciri yang menentukan bahwa kita tidak layak menjadi seorang penulis blog. Hal ini akan merusak citra dan nama kita. selain itu memperoleh dosa dari kegiatan-kegiatan yang tidak halal. Sebab copas artikel adalah bentuk dari kejahatan pencurian konten.

Oleh karena itu mari manfaatkan kemampuan dan keahlian sendiri, menjadi pribadi yang positif dan bertanggung jawab dalam membuat artikel blog. Menulislah dengan bahasa dan gaya sendiri, tidak melakukan pencurian konten dan hal-hal negatif lainnya. Insya Allah. Kita akan meperoleh banyak ilmu yang akan didatangkan oleh Maha Pemberi kepada kita.

Demikian Semoga Postingan Cara dan Aturan Membuat Artikel Blog yang dibagikan kali ini berkenan dan bermanfaat untuk sobat pembaca. Sekian dan Terima Kasih.

referensi: www.caramenulisbuku.com, dan www.seputarpengetahuan.com.

tag: tips menulis artikel, tips menulis, tips menulis blog, tips menulis novel, tips menulis cerpen, tips menulis berita, tips menulis artikel di koran, lowongan penulis, lowongan penulis lepas, lowongan kerja penulis, lowongan penulis artikel, lowongan kerja penulis lepas, lowongan kerja penulis artikel, lowongan penulis artikel 2016, lowongan penulis artikel lepas.

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau mempromosikan Jasa, dll. Sebab akan kami anggap sebagai SPAM dan otomatis dihapus admin. Mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan kita semua...

Click to comment