IBX5A95CAB07C114

Type something and hit enter

author photo
Post by On
Cara Memberi Password File Microsoft Office Word - Ada suatu ketika dimana saat menulis sesuatu, kita tidak ingin orang lain membacanya. Dahulu sebelum teknologi komputer merambat ke seantero penjuru dunia. Tulisan-tulisan seperti diary sering kita tulis rahasia dalam buku-buku diary yang menggunakan kunci atau slod kecil yang merupakan tanda bahwa tulisan dalam buku itu bersifat privasi dan tidak dibolehkan untuk dibaca sembarang orang kecuali pemilik buku atau kepada orang yang dipercaya.

Sekarang di era yang serba teknologi, komputer atau laptop/notebook bukan lagi menjadi barang mewah melainkan seperti telah menjadi kebutuhan sekunder bahkan kebutuhan primer setiap orang. Sehingganya banyak kegiatan salah satunya menulis tidak lagi terjadi di atas kertas saja melainkan semuanya berjalan di atas papan ketik elektronik yang disebut keyboard komputer.

Menulis merupakan kegiatan yang menurut beberapa orang adalah sebuah kegiatan yang dapat melatih kemampuan berpikir, dan berimajinasi. Namun tidak semua dari kita menyadari bahwa menulis adalah bentuk dari proses belajar mengembangkan ilmu pengetahuan. Kesempatan ini bersama Matahaya Blog saya tidak akan berbicara mengenai apa pengertian atau hakikat menulis. Melainkan berbagi sebuah trik yang sebenarnya sudah lama ada dan telah disediakan oleh Software komputer untuk mengamankan tulisan atau data kita yang bersifat privasi. Seperti diary, atau tulisan lainnya.

Software tersebut merupakan software umum yang terdapat pada komputer dengan Operating System (OS) Windows: Xp, Vista, 7, 8, dan 10 Paling terbaru. Anda tentunya sudah sangat familiar dengan software bernama Microsoft Office salah satunya MS. Word buatan Microssoft Corporation ini.

Baik langsung saja, bagi anda yang ingin mengamankan tulisan anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, anda dapat melakukan trik ini.

Cara Mengamankan Tulisan yang Bersifat Privasi agar tidak sembarang dibaca orang.

1. Buka File (Tulisan anda) dalam format Microsoft Office Word 2007 (saya menggunakan Office 2007, anda dapat menyesuaikan dengan versi yang anda miliki)

2. Kemudian Klik Menu “Office Button” lalu Klik “Save AS”


3. Klik Menu “Tools” lalu Pilih dan Klik “General Options”



4. Ketika muncul jendela General Options, Silakan anda atur Password atau sandi dokumen anda seperlunya. Setelahnya Klik “OK” dan Lanjut simpan Dokumen Anda.


5. Ketika anda akan membuka dokumen tadi anda dianjurkan untuk memasukkan Password kunci yang telah anda berikan seperti gambar berikut.


6. Selesai

SEMOGA BERMANFAAT... "Cara Umum Amankan Tulisan Microsoft Office Word"

Terima Kasih telah berkunjung ke Matahaya Blog. Silakan sampaikan komentar anda dengan bahasa yang santun terkait tulisan di atas!