Type something and hit enter

author photo
Post by On
Saat ini internet sudah bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat modern terutama di zaman milenial seperti sekarang. Hampir setiap hari kita sudah menggunakan internet untuk berbagai keperluan, mulai dari mengakses sosial media, mencari informasi dan pengetahuan baru, hingga melakukan transaksi jual-beli online.

Namun di balik berbagai kemudahan yang diberikannya, tanpa kita sadari internet juga dapat membawa dampak buruk dan kerugian jika tidak digunakan secara bijak. Terutama dari ancaman cyber crime atau tindak kejahatan yang terjadi melalui internet.


Untuk menghindari dampak buruknya, sebagai pengguna internet, kamu harus mengetahui tips-tips aman saat berselancar di internet berikut.

1. Buat password yang unik


Saat membuat akun media sosial ataupun akun online kamu lainnya. Pastikan kamu menggunakan password atau kata sandi unik serta tidak mudah untuk ditebak. Hindari menggunakan password dengan nama asli maupun inisial, jangan menggunakan tanggal lahir dan informasi lain yang mudah diketahui oleh orang lain seperi nama pacar, binatang kesayangan, dll.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengganti password setiap akun yang kamu miliki dengan password baru secara berkala. Misalkan setiap 3 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar para cracker menjadi lebih sulit untuk melacak dan meretas password akun online yang kita miliki.

2. Gunakan Anti virus Pada PC Maupun Ponsel


Internet bisa menjadi salah satu penyebab laptop, komputer atau smartphone kamu terserang virus yang pada akhirnya dapat mengganggu kinerja atau bahkan merusak perangkat tersebut.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan anti virus terpercaya seperti. Semisal Avira dan sebagainya. Serta selalulah untuk melakukan update anti virus yang kamu gunakan agar bisa berjalan dengan baik dan memberikan proteksi yang bersifat real-time. Sehingga anti virus bisa menjadi perlindungan dari cracker yang berusaha untuk memasuki jaringan dan mencuri data pribadi pada akun kita.

3. Berpikirlah sebelum mem-post / membagikan sesuatu


Tidak sedikit orang yang tersandung kasus hukum hanya karena postingan-nya di media sosial yang bersifat tidak menyenangkan. Oleh karena itu, berpikirlah sebelum kamu membuat status di media sosial. Jangan hanya karena emosi sesaat, kita malah mem-post hal-hal yang kasar dan menyinggung orang lain. Selain itu, usahakan untuk tidak men-share foto pribadi kamu yang bersifat privasi kepada publik di media sosial.

Jika ingin meng-upload foto, buatlah filter siapa saja yang bisa melihat foto tersebut. Pastikan pula untuk tidak mencantumkan data-data pribadi di akun media sosial seperti alamat email, nomor telepon atau nomor hape, serta alamat rumah dan sebagainya.

Sebab informasi tersebut dapat digunakan oleh cracker untuk meretas akun online kita. Sehingganya menjadi sangat penting untuk merahasiakan informasi kita yang bersifat sangat privasi yang hanya perlu diketahui oleh teman dan kerabat saja.

4. Jangan lupa untuk selalu Sign Out


Setelah tidak lagi menggunakan internet, terutama setelah login ke salah satu akun online kita. Jangan lupa untuk selalu sign out. Terutama saat kamu menggunakan komputer umum seperti di warnet.

Hal ini bertujuan untuk mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan akun kita, seperti tindak penipuan yang mengatasnamakan kita.

Selain itu, gunakan koneksi internet yang aman dan hindari menggunakan fasilitas publik seperti wifi maupun warnet untuk mengakses internet. Jika menggunakan koneksi wifi, pastikan pula koneksi yang kamu gunakan aman, berasal dari pihak resmi dan terpercaya.

Pencurian identitas online kita saat ini sangat rentan dengan berbagai kemudahan akses internet yang sudah menjangkau banyak kalangan.

Sehingga tidak mengherankan informasi pribadi seseorang dapat dengan mudah diketahui melalui media sosial yang mereka miliki.

5. Waspada Penipuan Lewat Internet dengan Modus Phishing


Kejahatan cyber yang saat ini sedang marak terjadi ialah phishing. Phishing sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan oleh hacker untuk mencuri data rahasia user dengan membuat situs palsu yang menyerupai suatu situs resmi dan mengajak user untuk masuk ke situs palsu tersebut.

Saat kamu masuk ke situs palsu tersebut, kamu akan diminta memasukkan email dan password, seakan-akan seperti kamu login di situs resmi. Kemudian secara tidak langssung, email dan password yang kita input akan direkam oleh phisihing.  Akibatnya data online kita menjadi mudah dicuri.

Biasanya phisher (sebutan untuk orang yang melakukan phising) mengecoh pengguna dengan menggunakan nama situs dan tampilan yang hampir 100% sama dengan situs asli. Misalnya www.twitter.com diganti menjadi www.twitertes.com dan sebagainya.

Karena itu, sebelum login ke suatu situs, pastikan bahwa situs tersebut merupakan situs resmi yang biasa kamu gunakan.

Kejahatan phising ini juga bisa dilakukan melalui email. Jika ada email yang menginformasikan bahwa kamu harus login dan mengganti password dengan mengklik link yang disertakan dalam email tersebut, jangan percaya begitu saja. Periksa lebih lanjut apakah link tersebut adalah link resmi dari akun online yang kita gunakan atau tidak.

Jika ingin login dan mengganti password, lebih baik kamu langsung masuk ke situs resminya dengan ketik alamat web bersangkutan di browser kamu.

6. Jangan Sembarangan Men-download Aplikasi di Internet


Saat kamu membuka suatu situs, mungkin kamu sering menemukan iklan-iklan yang jika diklik akan membawa kamu masuk ke situs untuk mendownload aplikasi tertentu. Namun jangan langsung percaya dengan aplikasi tersebut dan men-download-nya begitu saja. Sebelum meng-install-nya, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi tersebut benar-benar kamu butuhkan dan bukan aplikasi junk dan berisi virus.

Karena saat ini begitu banyak aplikasi junk yang digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebagai media pencuri data dari perangkat dan akun yang kamu gunakan.

Jika ingin men-download aplikasi, pastikan kamu mendapatkannya dari situs resmi dan pastikan pula aplikasi tersebut memiliki reputasi yang baik.

Jadilah pengguna internet yang bijak dan cerdas, serta selalu berhati-hati.

Jangan sampai internet yang seharusnya memberikan banyak kemudahan, justru membawa kerugian bagi kamu sebagai penggunanya.

Referensi: tokopedia.com, infosecawareness.com, tweaktown.com

Berkomentarlah dengan Bijak! Mohon tidak menyertakan link aktif atau berpromosi Jasa, dll. Sebab akan dianggap SPAM dan Komentar akan kami HAPUS. So, mari Bekerja sama untuk menjaga kenyamanan...

Click to comment